Tips untuk Jalan - Jalan Ke laut atau Pantai

Advertisement

  1. Pastikan kondisi tubuh sehat dan kuat serta selama di pantai Kendalikan diri, dan ketahuilah kemampuan diri sendiri, jangan merasa hebat bisa berang atau bisa menaklukan ombak, nantinya bisa jadi berbahaya untuk keselamatan diri kita sendiri dan prilaku yang lainya. 
  2. Membawa Pakaian seperlunya, meliputi: baju lapangan, kaus dari bahan yang bisa menyerap keringat, celana (bukan jins), celana pendek, pakaian dalam secukupnya, pakaian renang, Kain pantai berfungsi sebagai alas duduk atau rebahan dan kain pantai juga bisa dililit ke tubuh menjadi gaun atau rok. 
  3. Membawa Alas kaki yang tidak menyerap air seperti sepatu dari karet, sepatu boot, atau minimal sendal jepit. Membawa sendal yang ringan dan kuat terbuat dari plastik atau karet yang tidak menyerap air Karena keamanan dan kenyamanan kaki saat bermain di pasir sangat penting guna menghindari benda tajam atau binatang yang hidup dipasir yang bisa membahayakan kaki kita. Tinggalkan sepatu kets, apalagi hak tinggi, ketika liburan di pantai karena dua jenis alas kaki itu tidak akan berfungsi sempurna. Di pantai, alas kaki yang menjadi andalan adalah sandal, baik yang berbentuk sandal biasa maupun jepit. Berjalan di pantai dengan sandal membuat langkah kaki ringan. Pasir pantai tidak akan menyelip antara sela-sela kaki dengan alasnya, tak seperti sepatu yang membuat pasir mengendap di dalamnya. 
  4. Topi atau penutup kepala : sangat penting sekali benda ini guna menghindari sengatan terik matahari. 
  5. Peralatan Fotografi : kamera SLR atau pocket, handycam. jangan pernah melupakan benda yang dokumetasi ini, kemana pun tujuan liburan Anda. Dengan kamera, momen liburan dapat diabadikan. Hasilnya pun bisa Anda tunjukan ke kerabat dan teman. Pasalnya, no pic, hoax. 
  6. Peralatan Komunikasi : telepon selular, handy talky. 
  7. Kantung Plastik: Selalu siapkan kantung plastik/ trash bag di dalam ransel anda, karena akan berguna sekali nanti misalnya untuk tempat sampah yang harus anda bawa, baju basah dan lain sebagainya. dapat juga berfungsi untuk lapisan anti air bagi ransel. Atau dapat juga dimanfaatkan sebagai jas hujan saat darurat. 
  8. Kantong isi / tas : colokan listrik T, card Reader & charger hp dan lainnya. 
  9. Jas Hujan atau payung : Perlengkapan satu ini mutlak dibawa walaupun tidak musim hujan, karena perlengkapan ini mempunyai banyak fungsi di gunung. Selain dipakai saat hujan tiba, jas hujan dapat juga digunakan sebagai tenda darurat (bivoak), alas tidur darurat, atap darurat, selimut darurat, juga bisa dipakai sebagai unsur penting tandu darurat. Jadi jangan sepelekan perlengkapan yang satu ini. 
  10. Jangan meninggalkan sampah, Jangan meninggalkan api : Jagalah keseimbangakn ekosistem yang ada, jangan merusak dan memberi tanda-tanda permanen di di sekitar pantai baik di pohon atau di batu -batu. 
  11. Obat –obatan: Bawalah peralatan medis, seperti obat merah, perban, dan obat-obat khusus bagi penderita penyakit tertentu, P3K minimal. 
  12. Peralatan mandi ukuran mini lengkap (sikat gigi, pasta, sabun, sikat muka, shampoo, dll) dan Peralatan Sholat. 
  13. Perlengkapan menyelam atau snorkling: keindahan dibawah laut kita bisa menikmatinya dengan begitu mengagumkan. Bila Anda ingin mengintip habitat di bawah laut, baiknya sediakan perlengkapan menyelam. Jika tidak bisa menyelam, Anda masih bisa melihat keindahan bawah laut dengan snorkling. Bila Anda tidak memiliki perlengkapannya dengan menggunakan jasa penyewaan alat selam atau snorkeling. 
  14. Krim tabir surya atau sun block : Jangan pernah pergi ke pantai sebelum Anda mengoleskan krim tabir surya atau sun block ke kulit, terutama di wajah. Karena sengatan matahari bisa membakar kulit yang tidak tertutup sun block. Alhasil, setelah liburan kulit akan mengelupas seperti sisik ular. 
  15. Pelembap rambut atau conditioner : Kala berlibur ke pantai, ada baiknya Anda membawa sampo yang dilengkapi dengan pelembap rambut atau conditioner. Pasalnya, suhu udara yang kering disertai angin membuat rambut mudah kering, patah-patah, bahkan rontok. Conditioner yang Anda bawa bisa menjadi senjata untuk mempertahankan kelembapan rambut sehingga tidak mudah rusak. 
  16. Kacamata hitam atau sun glasses : Kacamata hitam cukup berguna untuk menangkal sinar matahari yang menyilaukan pandangan, terutama di siang hari. Saat Anda berjemur atau bermain voli pantai, keberadaan matahari akan cukup menggangu pandangan. Maka tidak ada salahnya menenggerkan kacamata hitam di depan mata Anda untuk mendapatkan liburan yang nyaman. 
  17. Air putih / mineral : Sediakan sebotol air mineral dalam barang bawaan Anda. Cuaca yang cukup panas di pantai bakal menyerap cairan tubuh. Akibatnya Anda akan mudah haus. Sekitar pantai, pastinya ada banyak penjual air kemasan. Tapi sebaiknya hindari air berasa manis karena hanya akan menambah rasa haus. Selain itu, air mineral jauh lebih baik dari air kemasan mana pun karena mampu mengganti cairan tubuh dengan maksimal. 
  18. Buku dan bola :jika anda bosen bermain air atau lagi tidak ingin bermain air laut, solsi lainnya adalah buku atau bola. dengan buku, majalah, novel, Anda bisa berjemur sambil melempar pikiran ke negeri imajinasi yang ada di bacaan tersebut. Atau bermain bola voli bersama teman dan keluarga di tepi pantai. 
  19. Tidak membawa perhiasan dan barang berharga: demi keamanan dan menghindari kehilangan alangkah baiknya anda tidak membawa perhiasan dan barang2 berharga lainya. 
  20. Senter: jika anda berniat bermalam di pantai tidak salahnya membawa alat pencahayaan ini, karena akan sangat membantu sekali pada saat malam hari, ketidak butuh kondisi cepat di dalam gelap pasti akan sangat membantu.


ARTIKEL YANG BERKAITAN