loading...

Monday, August 8, 2011

Waspada Telapak Tangan dan Kaki Sering Berkeringat, Tanda-Tanda Sakit Jantung atau Pembesaran Kelenjar Tiroid

Keringat berlebih merupakan salah satu tanda pada penderita yang mengalami serangan jantung (heart attack) tetapi tanda ini tidak khas. Tanda-tanda lain akibat telapak tangan yang berkeringat berlebih yaitu menunjukan tanda seseorang mengalami gangguan pada selaput jantung, paru-paru, sesak napas, dan stress. Oleh sebab itu bagi yang mengalami telapak tangan dan kaki berkeringat berlebih wajib waspada dan mengenali tanda-tanda penyakit yang menyerang kita. jika ada tanda tersebut sangat baik cek laboratorium dan berkunsultasi pada dokter spesialis.

Berdasarkan pendapat menurut para ahli, keringat berlebih pada telapak tangan dan kaki adalah disebabkan aktivitas kelenjar keringat di daerah tersebut yang dipengaruhi oleh sistim saraf simpatis. Hal ini bukan saja disebabkan oleh gejala menderita penyakit tertentu tetapi juga bisa karena gejala penyakit hipertiroid / hipertiroidism (kelenjar gondok membesar).

Hipertiroid yaitu suatu keadaan akibat peningkatan kadar hormon tiroid bebas dalam darah. Maka harus diwaspadai dari gejala keringat yang keluar berlebih pada telapak tangan dan telapak kaki adalah penyakit hipertiroid.


Gejala penyakit hipertiroid selain gejala keringat berlebih pada telapak tangan dan telapak kaki juga ada tanda-tanda lain. tanda tanda itu yaitu : tremor halus/gemetaran, suara parau (serah-serak basah kayak biduan), sering lapar, eksopthalmus (bola mata besar dan menonjol), rasa gerah/panas di dalam badan, dan badan bertambah kurus.

Selain hipertiroid (kelenjar gondok membesar), beberapa hal yang dapat menimbulkan keringat termasuk pada daerah telapak tangan yaitu hiperhidrosis, demam infeksi, cemas/stress, takut, emosi, penyakit TBC, penggunaan obat-obat (kanker, AIDS, miastenia gravis, narkotik), udara panas,menopause, kanker, kegemukan, gangguan pada jantung atau lambung, kerusakan syaraf akibat penyakit diabetes atau trauma saraf spinal, gangguan penyerapan air oleh ginjal, dan putus obat.

Semoga kilasan tentang tangan dan kaki yang berkeringat ini dapat membantu dalam mencari informasi, terima kasih, jaga selalu kesehatanmu.
thumbnail
Judul: Waspada Telapak Tangan dan Kaki Sering Berkeringat, Tanda-Tanda Sakit Jantung atau Pembesaran Kelenjar Tiroid
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Biologi Manusia, Kesehatan, Penyakit :

34 komentar:

  1. blog kita punya banyak kesamaan y kk...
    cuma beda bahasa z...

    ReplyDelete
  2. Bagaimana ya cara mengobatinya ??
    Soalnya tangan&kaki sya selalu b'keringat, terus nafas sesak...



    arief.merciful@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin lebih baik agan cek ke dokter ahli dulu, supaya tau apa yang sebenarnya di derita agan..

      Delete
  3. nah, itu dia bang..
    tangan sama kaki ane basah terus..
    ane dari kelas 1 SD, sampe sekarang smt 4, jarang banget nulis di buku tulis..
    soalnya bukunya pasti jadi basah...

    ReplyDelete
  4. @Gak kuliah tapi pinter : ohh begitu, tapi bagaimana ciri2 pisikmu yang lain, jika kamu tetap sehat, badan ideal, tidak ada keluhan sakit apapun dibagian tubuh. kemungkinan kamu hypertiroid (kelebihan hormon tyroid) hormon yang berperan dalam pertumbuhan. ciri yang lain orang kelebihan tiroid, dia lebih hyperaktif, susah diam dan lebih cerdas. sebaiknya kamu konsultasi langsung dngn dokter spesialis.

    ReplyDelete
  5. iya, itu dia brader...
    ciriciri yang kamu sebutkan di komentar diatas, bener banget..
    tapi aku gak pernah sakit apapun kok..
    cuma aku terlihat lebih kurus..

    ReplyDelete
  6. wahh, kalo saya kasusnya beda lagi nih, saat gugb, degdegan, kaget, telapak tangan saya bisa berkeringat sendiri sob, itu kenapa yah...?

    ReplyDelete
  7. @ayam sakit: menurut ane itu wajar bro, hampir semua orang klw lagi tegang / gugup: cenderung berkeringat dan deg degan..

    ReplyDelete
  8. Kalau saya hampie semua ciri cirinya ada di hiperteroid, dan hampir setiap detik telapak tangan dan kaki berkeringat , tapi sy tdk tau apa sebab yg sebenarnya . Ini bagaiman..

    ReplyDelete
  9. Kalau saya hmpr semua cirinya ada di hiperteroid, dan hampir setiap detik telapak tangan dan kaki berkeringat saat diampun keringatnya terus keluar . Tp sy tdk tau sebab yg sebenarnya . Ini bagaiman gan?

    ReplyDelete
  10. Lha klo kayak gitu cara menanggulanginya gimana??

    ReplyDelete
  11. Kalau saya, hampir semua cirinya ada dihipertiroid, hampir setiap detik telapak tangan dan kaki saya berkeringat ,saat diampun keringat trs keluar. saya belum tau pasti sebabnya . Ini bagaimana..

    ReplyDelete
  12. Kalau saya, hampir semua cirinya ada dihipertiroid, hampir setiap detik telapak tangan dan kaki saya berkeringat ,saat diampun keringat trs keluar. saya belum tau pasti sebabnya . Ini bagaimana..

    ReplyDelete
  13. Saya sEring mengalami telapak tangan berkeringat.meski pun sedang tidak berbuat apa-apa.
    Suara saya serak basah.
    mudah capek.sering laper.badan bertambah kurus.dan susah tidur.

    ReplyDelete
  14. semUa ciri itu ada di kesehatan ku.
    dan satu lgi yg kurang.
    saya sering susah tidur.

    ReplyDelete
  15. sama tuh keluhannya..
    jadi yg tau solusi penyembuhannya ga..
    kalo harus berobat atw oprasi berapa estimasi biaya nya..!?

    ReplyDelete
  16. Kalo saya pas dingin kaki n tgn saya berkeringat.. itu gmn?!

    ReplyDelete
  17. Kalo saya kaki n tgb berkeringat ktika dingin apa lg ktika d lab kaki saya basah.. itu g enx bgt.. gmn cara ngatasinya?

    ReplyDelete
  18. Kalo saya pas dingin kaki n tgn saya berkeringat.. itu gmn?!

    ReplyDelete
  19. Maisanurhasna, Rumah Sehat, goi Samudera, dhika's : jika kamu tetap sehat, badan ideal, tidak ada keluhan sakit apapun dibagian tubuh. kemungkinan kamu hypertiroid (kelebihan hormon tyroid) hormon yang berperan dalam pertumbuhan. ciri yang lain orang kelebihan tiroid, dia lebih hyperaktif, susah diam dan lebih cerdas.

    @ aRlin dOfhin Simangunsong, saya hanya menulis artikel dan saya hanya bisa beri saran saja, karena mungkin ada penyakit lain, tp bukan hypertiroid. sebaiknya kamu konsultasi langsung dngn dokter spesialis.

    ReplyDelete
  20. Bagaimana min tangan saya suka basah padahal gak melakukan aktifitas yang begitu capek.dan efeknya kaki langsung pada dingin
    help rplyd..thank u!

    ReplyDelete
  21. @novita : jika kamu tetap sehat, badan ideal, tidak ada keluhan sakit apapun dibagian tubuh. kemungkinan kamu hypertiroid (kelebihan hormon tyroid) hormon yang berperan dalam pertumbuhan. ciri yang lain orang kelebihan tiroid, dia lebih hyperaktif, susah diam dan lebih cerdas.
    jika ada keluhan yang berarti sebaiknya kamu konsultasi langsung dngn dokter spesialis. saya hanya menulis artikel dan saya hanya bisa beri saran saja, karena mungkin ada penyakit lain, tp bukan hypertiroid.

    ReplyDelete
  22. Klo saya, slain tangan dan kaki basah, vagina saya basah itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  23. saya bingung melihat kaki dan tangan anak sy yang baru berusia 13 thn selalu berkeringat. apakah ini berpengaruh dengan pertumbuhan tubuh anak sy?, karena tubuh anak sy lebih kecil dari adiknya 10 tahun.
    Sakit apakah anak saya dan apa solusinya?
    TERIMA KASIH.

    ReplyDelete
  24. tangan saya sering keringetan meskipun ga berbuat apapun,itu bisa basah banget dan itu ganggu aktifitas banget,ini gimana gan? sarannya dong. makasih

    ReplyDelete
  25. sama sekali tidak ada hubunganya antara sakit jantung dan kaki dan tangan yg sering basah...

    ReplyDelete
  26. @maisyanurhasna:untuk tahu hipertiroid atau tdk sbaiknya cek kadar TSH dl,nanti ketauan.kl trnyata hypertiroid hrs pengobatan rutin dlm wktu yg ditentukan.

    ReplyDelete
  27. Untuk tahu hypertiroid atau tdk sebaiknya cek kadar TSH atau T4,nanti ketahuan.sebab kl trnyata hyper/hipo hrs segera ada pengobatan rutin dlm wktu yg lama

    ReplyDelete
  28. thanks ya, isi artikelnya keren.
    bisa bantu untuk menyelesaikan tugas saya..
    oya Gan klo ada kesempatan silakan mampir ke lapak sy yang jualan kaos kaki anak grosir..
    Trims :)

    ReplyDelete
  29. Misi gan,saya mengalami telapak kaki tangan sering basah,walau ga braktifitas,tp badan saya shat ga kurus,itu udah lama smnjak saya sklah sd umr 8 thn hingga skr msh gtu,,knp ya..tolong dong solusi nya msti gmn?mksh

    ReplyDelete
  30. Telapak tangan dn kaki saya sering berkeringat,trus dingin juga, gemetaran, shbis it saya mrasakan lemas...
    Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  31. Telapak tangan saya sering berkeringat bhkan pda hari dingin dan malam hari, saya sering mandi malam untuk membuat badan saya tetap segar, saya juga sering terbangun tengah malam karna merasa kepanasan,apakah saya punya ppenyaki? terimakasih...

    ReplyDelete
  32. Telapak tangan saya sering berkeringat bhkan pda hari dingin dan malam hari, saya sering mandi malam untuk membuat badan saya tetap segar, saya juga sering terbangun tengah malam karna merasa kepanasan,apakah saya punya ppenyaki? terimakasih...

    ReplyDelete
  33. Cek tsh itu di dokter penyakit dalam?

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz