loading...

Sunday, October 2, 2011

Kandung Empedu, Komposisi Empedu dan Fungsi Empedu

Pengertian Kandung Empedu
Kandung empedu merupakan kantong berbentuk seperti bauah alpukat yang terletak tepat dibawah lobus kanan hati. Kandung empedu memiliki bagian-bagian fundus, korpus, infundibulum, dan kolum. Fundus bentuknya bulat, ujungnya buntu dari kandung empedu. Korpus merupakan bagian terbesar dari kandung empedu. Kolum adalah bagian yang sempit dari kandung empedu. Empedu yang disekresi secara terus menerus oleh hati masuk ke saluran empedu yang kecil dalam hati. Saluran empedu yang kecil bersatu membentuk dua saluran yang lebih besar yang keluar dari permukaan hati sebagai duktus hepatikus komunis. Duktus hepatikus bergabung dengan duktus sistikus membentuk duktus koledoktus. Salah satu fungsi hati adalah untuk mengeluarkan empedu, normalnya empedu dihasilkan antara 600-1200 ml/hari. Kandung empedu mampu menyimpan sekitar 45 ml empedu. Diluar waktu makan, empedu disimpan untuk sementara di dalam kandung empedu, dan mengalami pemekatan sekitar 50 %.

Komposisi Kandung Empedu meliputi sebagai berikut;
Kandung empedu adalah larutan berwarna kuning kehijauan terdiri dari;
1. Air 97 %, pigmen empedu (bilirubin) memberi warna pada urin dan feses, jaunce warna kekuningan pada jaringan.
2. Garam-garam empedu.

Fungsi Empedu
Fungsi utama dari kandung empedu adalah memekatkan empedu dengan absorpsi air dan natrium. Kandung empedu mampu memekatkan zat terlarut yang kedap, yang terkandung dalam empedu hepatik 5-10 kali dan mengurangi volumenya 80-90% (Guyton &Hall, 1997)

Fungsi penting garam empedu yaitu:
1. Berperan dalam emulsi lemak, asam empedu membantu mengemulsi partikel-partikel lemak yang besar menjadi partikel yang lebih kecil dan area permukaan yang lebih luas untuk kerja enzim.
2. dengan bantuan enzim lipase yang disekresikan dalam getah pangkres, Asam empedu membantu transport dan absorpsi produk akhir lemak yang dicerna menembus membrane sel.
3. Berperan dalam mengeluarkan beberapa produk buangan dari darah antara lain bilirubin, suatu produk akhir dari penghancuran hemoglobin, dan kelebihan kolesterol yang di bentuk oleh sel- sel hati. Sedangkan fungsi utama dari kandung empedu adalah; menyimpan cairan empedu yang secara terus menerus disekresi oleh hati, mengkonsentrasikan cairannya dengan cara mereabsorpsi cairan dan elektrolit.

Pengosongan kandung empedu dipengaruhi oleh hormon kolesistokinin, hal ini terjadi ketika makanan berlemak masuk ke duodenum sekitar 30 menit setelah makan. Dasar yang menyebabkan pengosongan adalah kontraksi ritmik dinding kandung empedu, tetapi efektifitas pengosongan juga membutuhkan relaksasi yang bersamaan dari sfingter oddi yang menjaga pintu keluar duktus biliaris komunis kedalam duodenum. Selain kolesistokinin, kandung empedu juga dirangsang kuat oleh serat-serat saraf yang menyekresi asetilkolin dari sistem saraf vagus dan enterik. Kandung empedu mengosongkan simpanan empedu pekatnya ke dalam duodenum terutama sebagai respon terhadap perangsangan kolesistokinin. Saat lemak tidak terdapat dalam makanan, pengosongan kandung empedu berlangsung buruk, tetapi bila terdapat jumlah lemak yang adekuat dalam makanan, normalnya kandung empedu kosong secara menyeluruh dalam waktu sekitar 1 jam. Garam empedu, lesitin, dan kolesterol merupakan komponen terbesar (90%) cairan empedu. Sisanya adalah bilirubin, asam lemak, dan garam anorganik. Garam empedu adalah steroid yang dibuat oleh hepatosit dan berasal dari kolesterol. Pengaturan produksinya dipengaruhi mekanisme umpan balik yang dapat ditingkatkan sampai 20 kali produksi normal kalau diperlukan.


.
thumbnail
Judul: Kandung Empedu, Komposisi Empedu dan Fungsi Empedu
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Biologi Manusia, saint :

9 komentar:

  1. ah, bahasa lo ngga bisa dimengerti ama orang awam, kita kan disini cari informasi, bukan belajar kedokteran... apa jangan2 ini translate mentah dari google translate yang nga diedit lagi??
    NGGA MEMBANTU SAMASEKALI!!
    PAYAH!!

    ReplyDelete
  2. maaf jika artikelnya tidak membantu anda, memang semua artikel di blog ini kebanyak yang berhubungan dangan kedokteran dan materi-materinya adalah bagian dari materi perkuliahan di kedokteran. jika anda ingin info lebih detail bisa ditanyakan melalui pesan, bukan dengan kata umpatan dan penyesalan. terima kasih

    ReplyDelete
  3. bagaimana dengan merangsang sekresi tripsinogen?apa juga bisa dikaitkan dengan fungsi penting garam empedu?

    By.Andri Yosi Y

    ReplyDelete
  4. Maaf mau nanya.
    empedu itu dihasilkan dari apa ya???

    ReplyDelete
  5. Maaf mau nanya.
    empedu itu dihasilkan dari apa ya???

    ReplyDelete
  6. Cairan empedunya dari proses kompleks dihati bilirubin namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bilirubin itu pemberi pigmennya , kalo cairan empedu dihasilkan oleh hepatosit di hepar

      Delete
  7. apakah sama garam empedu dengan asam empedu?

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz