loading...

Friday, January 6, 2012

Bahan Pengawet yang Terkandung dalam Mie Instan

Di dunia ini mie instan tidak asing lagi, makanan yang praktis dan cepat saji merupakan alasan mengapa mie instal lebih banyak digemari. sebagian pakar menyatakan mie cepat saji ini cukup aman dikonsumsi asalkan tidak berlebihan. Tapi banyak pula ahli menyarakan masyarakat tidak melahap mie instan. Kendati mengandung mineral dan vitamin, mie juga mengandung pengawet. Kandungan gizi juga kurang optimal.


Fungsi Bahan Pengawet Pada Mie Instan
Nepagin : Berfungsi mencegah timbulnya ragi atau jamur atau mikroba pembusuk.
Asam benzoat dan natrium benzoat : mengawetkan makanan.

Pengawet makanan hanya untuk memperpanjang umur simpan pangan, tapi tidak menyembunyikan kualitas buruk atau kerusakan pangan. Batas aman nipagin dikomsumsi 10 persen dari bobot tubuh manusia. Misalnya berat badan 60 kg, batas aman konsumsi nipagin 600 miligram per hari. Jika mengkonsumsi nipagin berlebihan akan menyebabkan gagal ginjal.

Dimana saja ada Nipagin : kecap, saus, obat-obatan, kosmetik, minuman ringan.
1. Kandungan dalam Mie
  • Tepung terigu (protein 11-14 persen, natrium karbonat, atau natrium tripolifosfat agar mie menjadi elastis, vitamin A, B1, B12, B6, C, niasin, asam folat, pantotenat, zat besi, kalsium, gula)
  • Zat pewarna buatan (tetrazin)
2. Minyak dan bahan penyedap rasa
  • Bahan penyedap rasa bisa berasal dari penyedap alami seperti bumbu, herbal, penyedap esensial, dan ekstrak tanaman atau hewan. Tapi sekarang sudah bisa dibuat penyedap buatan, misalnya aroma bawang putih bisa dihasilkan oleh dialil trisulfida.
3. Bumbu
  • Monosodium glutamat (MSG) alias vetsin: berbahaya jika di konsumsi berlebihan dan terus menerus. Ciri-ciri makanan yang mengandung MSG tinggi yaitu menimbulkan rasa haus yang tidak cepat hilang bila menyantapnya. Hati-hati bagi penderita tekanan darah tinggi. Ambang batas aman mengkonsumsi MSG yaitu 11 gram per hari.
4. Bahan pelengkap
  • Berupa potongan sosis, ayam, bawang goreng, cabai kering, dan sebagainya. Titik kristisnya tentu sumber hewani yang digunakan.
5. Kecap
  • Bahan dasar kedelai
  • Monosodium glutamat (MSG) alias vetsin
  • Bahan pengawet ( metyl para-hydroxybenzoate atau nipagin) dan asam benzoat atau natrium benzoat. Napagin dan asam benzoat mudah larut dalam tubuh. Sisa asam benzoat dan unsur toksisitasnya mudah di buang dalam tubuh melalui kencing. Tapi pada penderita asma dan orang yang menderita urticaria (kaligata alias biduran) sangat peka terhadap asam benzoat. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan iritasi lambung.
6. Saus
  • Bahan dasar : cabai merah, tomat.
  • Bahan pengawet ( metyl para-hydroxybenzoate atau nipagin) dan asam benzoat atau natrium benzoat.
Sumber : tempo ed 18-24 oktober 2010

miyabi rasa ayam kampus..xixixiix
thumbnail
Judul: Bahan Pengawet yang Terkandung dalam Mie Instan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Kesehatan, Spiritual, Zat Kimia :

8 komentar:

  1. Waduuhh agan kemana saja.?? atau ane yang kemana saja ya..?? ane pindah lapak gan yang dulu di tinggalkan, sekarang lagi ngebangun blog baru gan sesuatu banget baru 1 bulanan, ni,,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan, br bls. Lama juga ya ndak sera obrol, oke selamat ngeblog lagi ya, salam sukses selalu.

      Delete
  2. nice blog gan. :D

    like thiss.. hheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanks mas kurni, terima kasih atas kunjungan ke blog ane.

      Delete
  3. makasih gan infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  4. Mie instan kalau di masak tapi air rebusannya di buang mungkin bisa jadi makanan yang tidak berbahaya. :)

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz