Manfaat Buah Apel : Zat Kimia RUTIN untuk mencegah Penggumpalan Darah

Advertisement
Menikmati buah apel sambil menonton televisi dan sambil duduk santai membaca artikel, terasa ada sensasi rileks tersendiri, sehingga terbesit dalam benak, begitu nikmat menggigit apel yang rasanya manis sedikit asem, serta rasa krekes saat gigi membelah buah tersebut. Ada apa yang terkandung di dalam buah ini? langsung saja diri bergegas membuka laptop, lalu membuka situs google search, kata kunci manfaat apel dengan artikel yang terbaru, hingga sampailah di artikel situs she. yahoo. ternyata ada hasil penelitian terbaru dari Harvard Medical School.

Hasil penelitian tim tersebut yang dipimpin Prof Robert Flaumenhaft menyatakan bahwa terdapat bahan kimia yang disebut RUTIN terdapat pada buah apel yang berfungsi untuk mencegah / anti pembekuan darah.  Pembekuan darah atau disebut juga penggumpalan darah sering terjadi pada kita contohnya pada saat luka, tetapi hal tersebut sangat diperlukan untuk mempertahankan agar darah tidak banyak keluar dari dalam tubuh serta akan memicu untuk memperbaiki bagian tubuh yang luka tersebut. Namun penggumpaln darah yang sering dianggap bermasalah yaitu pada cikal bakal penyakit jantung, dan penderita stroke.  Kondisi umum yang terkait dengan penggumpalan adalah sakit kepala. Pada tahun 1977, Dr. Desmuch dan Mayer menerima penghargaan The Harold G. Wolff Award dari The American Association for the Study of Headache atas usahanya untuk mengidentifikasi agregasi platelet (penggumpalan) sebagai mekanisme penyebab sakit kepala migren.  Ada korelasi antara stress dan daya tahan, sejak stress menyebabkan penggumpalan.

Merokok, gula, alkohol, kopi serta defisiensi niacin dan magnesium, dapat secara negatif mempengaruhi masalah penggumpalan.

Setelah ditemukannya zat kimia yang Bernama RUTIN yang terdapat dari buah apel diharapkan untuk ilmu kesehatan akan berguna bagi kemasalatan umat manusia. zat RUTIN bekerja memblokir enzim yang berbahaya yang terlibat dalam pembentukan pembekuan darah. Enzim ini - rotein disulfida isomerase (PDI)- dilepaskan dengan sangat cepat ketika gumpalan darah terbentuk dalam arteri dan vena.

Mengkonsumsi buah apel akan sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah. selain terkandung vitamin ternyata ada manfaat-manfaat yang lain. RUTIN selain banyak terdapat apada apel juga pada buah jeruk, bawang, teh hitam dan hijau.

sumber Referensi:
tesdarah.wordpress.com/2008/11/17/bahaya-dari-penggumpalan-darah/
id.she.yahoo.com/apel-bantu-cegah-pembekuan-darah-143100845.html

ARTIKEL YANG BERKAITAN