Kiat Kita Menjaga Mata dan Mencegah Mata Minus

Advertisement
Mata adalah salah satu organ tubuh dikategorikan panca indra yang sangat berharga serta aset yang tak ternilai harganya. Ada pepatah mata adalah jendelanya dunia. Ya betul sekali bagaikan bagaimana kita tanpa mata? Kita tidak akan bisa menikmati indahnya dunia, melihat apa yang ada disekitar kita, melihat berbagai sosok di dunia ini. Maka dari itu mata harus selalu jaga secara maksimal. Soal menjaga sebenarnya bukan mata saja, akan tetapi seluruh anggota tubuh kita harus sellau dijaga demi kelangsungan hidup kita, karena organ tubuh adalah satu kesatuan yang saling mendukung. 

Ada beberapa cara untuk menjaga akan mata tetap sehat:
  1. Bangunlah sebelum matahari terbit. 
  2. Setiap pagi setelah bangun tidur, isi mulutmu dengan air, pejamkan mata dan perciki/siram mata anda sekitar 10 -15 menit. Mata tidak boleh dibasuh dengan air panas. 
  3. Mata dan wajah tidak boleh dibasuh jika badan sedang berkeringat, terutama setelah melakukan latihan fisik yang berat atau setelah terjemur matahari dan panas. 
  4. Hindari menatap terus menerus terutama pada objek dengan jarak yang jauh. Suatu hal yang baik jika anda mengejapkan mata atau memberi istirahat pada mata anda. 
  5. Jangan melihat suatu objek dibawah cahaya matahari yang terang untuk waktu yang lama. 
  6. Jangan membaca, menulis atau bekerja yang menggunakan mata dengan sinar yang tidak tepat, atau jika cahaya tidak cukup. Istirahat sejenak dan istirahatkan mata jika rasa berat atau kelelahan terasa pada mata. 
  7. Hidari tidak tidur pada malam hari dan jangan tidur setelah matahari terbit dapat membayakan mata. Jika tidak tidur tidak dapat dihindari, minumlah secangkir air setiap setengah jam. 
  8. Lindungi mata anda dari debu, asap, terik cahaya matahari dan angin yang kencang. Hindari berada lama dalam keadaan yang seperti itu. Jika anda tidak dapat menghindar dari keadaan tersebut, kejap-kejapkan mata anda dan pijat dengan lembut mata anda yang terpejam dengan telapak tangan. 
  9. Teratur dan bersih mengeluarkan hajat besar harus dijaga, Karena sembelit dapat melemahkan penglihatan anda, Lebih lagi, terlalu banyak keinginan/gelisah, sedih, marah, ketegangan jiwa dan kuatir dapat membahayakan mata. 
  10. Satu latihan yang mudah adalah menggerakan bola mata ke segala arah yaitu, kanan dan kiri, atas dan bawah, dan putarlah searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam. Latihan mata yang teratur membantu menjaga penglihatan yang sempurna. 
  11. Gosok kedua telapak tangan selama 30 detik dan letakkan dengan lembut telapak tangan yang hangat pada mata yang terpejam. 
  12. Makanlah kubis dan wortel, dengan begitu saja atau dibuat jus, sangat bermanfaat untuk mata. 
  13. Satu sendok teh bubuk Triphala masukkan dalam segelas air dan diamkan semalam. Pada pagi harinya, saring airnya dan basuhlah mata dengan air tersebut. 
  14. Teteskan setetes madu di setiap mata satu kali seminggu juga bermanfaat pada mata karena dapat membersihkan mata. (harus madu asli, sekarang banyak madu bajakan alias dari manisan gula, gula berbahaya pada mata bisa membuat kebutaan). 
Semoga dengan tips di atas mata kita akan terjaga kesehatan dan keindahannya. Ini juga bermanfaat bagi mereka yang memiliki penglihatan lemah.

Perawatan Untuk Mata Minus Dan Mencegah Mata Minus

Cara termudah untuk perawatan mata minus agar tidak bertambah minus adalah sebagai berikut : 
  • Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lutein, Vitamin A dan Beta Karoten. Lutein banyak terkandung pada sayuran berwarna hijau. Lutein sangat diperlukan retina sebagai filter terhadap sinar biru yang toksik terhadap makula retina mata. Selain itu ada baiknya Anda juga mengkonsumsi makanan bervitamin A dan beta karoten seperti wortel dan ubi. Banyak-banyaklah konsumsi sayuran, selain Anda mendapatkan manfaatnya bagi mata baik juga untuk tubuh dan kulit. 
  • Selalu mencek kondisi mata Anda. Kendati Anda tak merasakan adanya masalah pada mata, tak ada salahnya sesekali memeriksakannya ke dokter. Akan lebih mudah jika bisa diketahui lebih dini. 
  • Kendalikan kondisi kesehatan yang bisa berdampak pada penglihatan seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Segera tangani penyakit Anda. Lakukan juga perawatan mata. 
  • Hindari radiasi sinar UV. Lindungi dengan kacamata mata minus sebaiknya selalu terlindungi dari radiasi sinar UV. Pilih kacamata yang tepat dengan kualitas baik. Kacamata ini akan semakin penting artinya saat Anda menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer atau TV. Ataupun saat Anda tangah mengkonsumisi obat yang meningkatkan kepekaan mata kita terhadap radiasi sinar UV. Gunakan kacamata atau payung untuk menghindari sinar matahari secara langsung. 
  • Sering-sering mengistirahatkan mata Anda Kendati hal ini tak akan mengurangi minus pada mata Anda, setelah berjam-jam duduk di depan komputer cobalah melihat pemandangan lain. Jangan terlalu memfokuskan mata pada komputer terlalu lama. Istirahatkan mata anda setiap 20 menit. 
  • Selalu penerangan yang cukup jangan memaksakan diri membaca dalam gelap atau cahaya yang remang-remang. Sebaiknya juga jangan menonton TV di malam hari dengan lampu mati. Gunakan penerangan yang cukup untuk membantu mata Anda menguasai objek yang ingin dilihat. 
  • Pada saat menulis dengan tangan kanan, pastikan cahaya disisi kiri sehingga bayangan tidak menutupi tempat yang akan ditulis. 
  • Minum banyak air. Ini memeng tips perawatan mata yang efektif. 
  • jika terjadi pembesaran lingkaran bawah mata, gunakan mentimun atau kentang untuk mengobatinya. 
  • Rendam kapas dalam susu hangat. kompres pada mata, hal ini memberikan efek untuk menenangkan mata. 
  • Latih untuk mengendurkan otot-otot mata dengan menutup mata pada interval yang tetap. Pada saat menutup mata coba pikirkan hal yang menyenangkan. 
  • Mata Merah atau gatal dapat mengunakan air hangat dicampur garam. 
  • Jika mata cenderung menggembung, cobalah tidur siang sebentar, itu akan membantu. 
  • Jauhi dari lampu yang mengeluarkan panas. 
Mengatasi Mata Merah Atau Kuning
Dengan cara memakai obat mata yang beredar banyak di pasaran. 
Dengan cara alami; seperti menggunakan daun katarak,dengan cara:rendam daun katarak tersebut kedalam air putih tunggu beberapa menit lalu teteskan air yang direndam dengan daun katarak tadi ke mata.  


ARTIKEL YANG BERKAITAN