loading...

Saturday, November 24, 2012

Struktur Sel dan Struktur Organisasi Pada Mahluk Hidup

Tingkatan / Level Struktur Organisasi Pada Mahluk Hidup

1. Organisme atau individu adalah suatu unit kehidupan. Meliputi Manusia, hewan dan tumbuhan . Organisme tersusun atas berbagai sistem organ yang membentuk satu kesatuan di antaranya sistem integumen, pencernaan, sirkulasi, respirasi, ekskresi, muskuloskeletal, endokrin, reproduksi dan lainnya.

2. Sistem organ adalah gabungan sejumlah organ dengan fungsi tertentu. Sistem organ tersusun oleh beberapa organ, misalnya sistem reproduksi wanita tersusun atas organ ovarium, tuba uterina fallopii, uterus, vagina, vulva dan lainnya. Sistem reproduksi pria tersusun atas penis, testis, prostat, vesikula seminalis dan lainnya.

3. Organ adalah gabungan sejumlah jaringan yg memiliki fungsi khusus. Organ tersusun atas jaringan-jaringan, misalnya uterus memiliki jaringan otot bernama miometrium, jaringan endotel bernama endometrium, jaringan saraf, jaringan ikat berupa ligamen-ligamen yang menopang uterus. Penis tersusun atas jaringan kulit, mukosa, jaringan otot, jaringan saraf dan lain-lain.

4. Jaringan adalah sekumpulan sel-sel dengan struktur dan fungsi yang sama. Misalnya jaringan kulit merupakan sekumpulan sel-sel berstruktur pipih dan memiliki fungsi pokok yang sama yaitu sebagai penutup tubuh. Jaringan saraf tersusun atas sekumpulan sel-sel panjang bernama neuron dan berfungsi sebagai penyalur impuls saraf.

5. Sel adalah unit terkecil dari kehidupan. Tubuh manusia dewasa memiliki kira-kira 100 triliun sel. Namun di alam ini ada organisme yang hanya memiliki beberapa sel saja, bahkan ada pula yang hanya memiliki satu sel saja, misalnya bakteri.

6. Organel adalah komponen –komponen penyusun sel dan bersifat hidup, salah satu dari beberapa struktur dengan fungsi khusus yang terapung-apung dalam sitoplasma sel eukariot. 

7. Molekul/ senyawa adalah gabungan dua atom atau lebih baik dari unsur yang sama maupun dari unsur yang berbeda, jika atomnya berasal dari unsur yang sama disebut molekul unsur, sedang jika atomnya berasal dari unsur yang berbeda disebut molekul senyawa. contoh molekul unsur molekul oksigen O2. 

8. Atom adalah bagian dari unsur terdiri dari partikel-partikel terkecil yang tak dapat dibagi-bagi lagi, tidak dapat dirusak, dimusnahkan, dan diciptakan. Semua atom dari unsur yang sama mempunyai ukuran dan massa yang sama, atom -atom dari unsur yang berbeda memiliki ukran dan massa yang berbeda pula, dengan demikian banyaknya macam atom sama dengan banyaknya macam unsur

9. Ion adalah zat yang tersusun oleh partikel - partikel bermuatan, ukuran dari partikel ini seukuran dengan atom maupun molekul.

STRUKTUR SEL (CYTOLOGY) 

Sel adalah unit terkecil dari mahluk hidup, didalam sel terdapat bagian-bagian yang khusus sehingga sel bisa dapat hidup dan berkembang. Bagian utama dari sel adalah inti sel (nukleus), sitoplasma dan membran sel. Dengan ditemukannya mikroskop ilmu biologi terus berkembang sehingga struktur sel bisa dilihat hingga tinggat molekuler. Ilmu memperlajari struktur sel adalah sitologi (cytologi). Organisme hidup ada yang bersel satu disebut protozoa dan ada yang multiseluler yang disebut metazoa. Dari berbagai jenis sel yang ada di dalam tubuh manusia ada yang berumur pendek dan akhirnya digantikan oleh sel yang baru, namun ada juga yang bertahan sampai dengan akhir kehidupan misalnya sel-sel saraf.

Bagian utama dari sel adalah 3 komponen utama : 
1. INTI/NUKLEUS 
2. MEMBRAN SEL / Plasmolema 
3. SYTOPLASMA, meliputi; 
a. Organella/Organoid/Metaplasma 
b. Paraplasma/Inclution

1. Nukleus atau inti sel 

Inti sel (nukleus) rata berukuran diameter 10—ám, terletak di tengah sel berbentuk bulat atau oval. Inti sel terdiri dari massa protoplasma yang lebih pekat dan dipisahkan dari sitoplasma oleh membran inti yang selektif terhadap bahan-bahan yang masuk ke dalam nukleus karena inti sel memiliki membran inti. Inti merupakan bagian terpenting sebagai motor kehidupan dan pengendali kegiatan sel, pengkoordinasi kerja sel. Umumnya hanya satu inti, tetapi ada juga yang memiliki dua (binukleat – Paramaecium) atau lebih (multinukleat – Vauceria). Memiliki substansi DNA & RNA, DNA bersifat genetik & mengatur pembentukan protein dlm sel. DNA inti dapat berubah jd kromatin sewaktu interfase. Waktu membelah menjadi kromosom . Di dalam nukleus juga terdapat inti yang disebut nukleolus atau anak inti. Fungsi dari nukleolus adalah membentuk ribosom, yang selanjutnya dibawa keluar dari nukleus menuju retikulum endoplasma granulosum.

2. Membran sel atau membran plasma

Membran sel Tersusun dari lapisan lipid rangkap dua yang disusun oleh fosfolipid dan protein (trilaminer, asimetris). Membran plasma merupakan suatu membran yang berfungsi untuk mempertahankan komposisi yang tepat dari protoplasma karena merupakan membran semipermeabel yang selektif sehingga mampu menyaring bahan-bahan yang masuk. Pada permukaan membran sel terdapat tonjolan-tonjolan disebut mikrofili. Dengan adanya mikrofili, permukaan sel menjadi semakin luas

3. Sitoplasma
Sitoplasma merupakan materi pengisi inti dan selaput plasma, Sitoplasma dalam inti disebut nukleoplasma. Komponen utamanya adalah sitosol (cairan sel), sitoplasma mengandung substansi yang bervariasi yaitu berupa bahan koloid yang kompleks tempat struktur yang lain terendam dan berfungsi dalam kegiatan anabolik dan sintetik. Di dalam sitoplasma terdapat struktur-struktur penting yang disebut Metaplasma atau organela-organela yang memiliki sifat/ciri merupakan partikel hidup, Terorganisasi, Umum/tetap ada dalam sel, Memiliki fungsi spesifik untuk metabolisme (anabolisme & katabolisme)

,
thumbnail
Judul: Struktur Sel dan Struktur Organisasi Pada Mahluk Hidup
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Biologi Molekuler, saint :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz