loading...

Monday, November 12, 2012

Varikokel / Varicocele adalah Varises Pada Organ Vital Pria


Varikokel atau bahasa ilmiahnya Varicocele adalah  sebuah kondisi dimana pembesaran pembuluh vena (pembuluh balik) atau membentuk pembuluh varises di dalam skrotum pada alat kelamin pria. Vena adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah dari bagian tubuh kembali ke jantung. Vena berisi katup yang menjaga darah mengalir dalam arah yang benar. Namun, bila katup ini bermasalah, aliran darah berbalik arah ke belakang dan berkumpul di vena, yang mengakibatkan vena membengkak.  Abnormal ini disebabkan karena kurangnya katup pada pembuluh balik tersebut. Pada penampakan muncul seperti salah satu zakar membesar, ataupun teraba seperti cacing-cacing yang besar di zakar. Skrotum adalah sebuah kantung kulit longgar yang memegang testikel.  Varikokel biasanya terbentuk pada sisi sebelah kiri skrotum dan gejala awal biasanya tidak menimbulkan kesakitan. Akan tetapi terkadang ada kemungkinan varikokel bisa menyebabkan rasa sakit dan perasaan penuh yang mengganggu. Varikokel serupa dengan vena varises yang dapat terjadi di kaki. 

Ciri Ciri dan Gejala Verikokel
Varikokel tidak menimbulkan gejala dan tidak terdeteksi selama bertahun-tahun. Beberapa pria baru menemukan bahwa dirinya mengalami varikokel saat melakukan pengecekan/analisa.  Ada beberapa gejala yang dapat dirasakan setelah melakukan olahraga, atau setelah duduk atau berdiri dalam waktu lama; gejalanya meliputi:
  Rasa nyeri di testis
  Perasaan berat atau menyeret dalam kantung testis
 Pelebaran pembuluh darah di kantung testis yang dapat diraba (terasa urat menonjol)
• Testis lebih kecil di sisi tempat pembuluh darah melebar adalah (karena perbedaan dalam aliran darah).


Akibat Varikokel
Varikokel jarang menimbulkan rasa tidak nyaman atau merasa kesakitan. Namun ada beberapa  keluhan yang biasa muncul antara lain adanya rasa sakit yang ringan atau rasa berat pada sisi dimana varikokel terdapat, hal tersebut biasanya muncul pada saat setelah berolahraga berat atau setelah berdiri cukup lama. 
Keluhan lain yang dapat muncul adalah belum memiliki anak setelah beberapa tahun menikah, atau terkadang adanya benjolan di zakar yang disertai nyeri ringan atau rasa berat.
Pria yang infertil, gambaran angkanya lebih besar yaitu kira-kira 40%. Pada beberapa literatur disebutkan bahwa 21 hingga 41 % pria mandul didapatkan bahwa mereka juga menderita varikokel. Insiden varikokel terdapat pada 15% pria. Varikokel umumnya menyebabkan rendahnya produksi sperma dan penurunan kualitas sperma, meskipun tidak semua varikokel berdampak pada produksi sperma.

Mengapa varikokel penyebabkan mandul
Jika pemeriksaan fisik tidak meyakinkan, dokter Anda meminta untuk melakukan USG skrotum. Tes ini menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk membuat gambar yang tepat dari struktur di dalam tubuh Anda, dapat digunakan untuk memastikan tidak ada hal lain untuk gejala Anda. Salah satu kondisi tersebut adalah tumor yang menekan vena spermatika.

Jika pemeriksaan fisik tidak meyakinkan, dokter Anda meminta untuk melakukan USG skrotum. Tes ini menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk membuat gambar yang tepat dari struktur di dalam tubuh Anda, dapat digunakan untuk memastikan tidak ada hal lain untuk gejala Anda. Salah satu kondisi tersebut adalah tumor yang menekan vena spermatika.


Kesuburan pada pria ditentukan oleh sebuah proses yang disebut spermatogenesis. Varikokel menganggu proses spermatogenesis tersebut. Banyak teori yang diajukan pada literatur bagaimana varikokel dapat mengganggu proses tersebut antara lain: 

  • Terjadi hambatan arus darah balik sehingga menyebabkan buah zakar yang berperan pada proses spermatogenesis kekurang oksigen lalu mematikan sel-sel yang berperan pada spermatogenesis sehingga tidak terbentuk sperma.
  • Tercampurnya sisa metabolisme ginjal dan kelenjar anak ginjal ke dalam buah zakar sehingga merusak proses spermatogenesis.
  • Peningkatan suhu buah zakar, sehingga menganggu proses spermatogenesis. Sejauh ini teori yang diakui dunia adalah peningkatan suhu buah zakar, pada penelitian ditemukan bahwa suhu pada kedua zakar meningkat meskipun varikokel hanya terdapat di satu sisi.
  • Darah yang menumpuk pada testis mengakibatkan suhu di area tersebut lebih panas dan kondisi tersebut kurang baik terhadap pembentukan sperma, baik secara kualitas maupun kuantitas, serta menurunkan 3 parameter sperma (jumlah, motilitas/keaktifan, dan morfologi/bentuk sempurna), yang bisa mengakibatkan berkurangnya jumlah sperma (oligospermia), bahkan bisa jadi tidak ada produksi sperma (azoospermia).  
Penyebab Varikokel
Saluran pembuluh darah pada testis membawa darah masuk dan keluar dari testis. Tidak diketahui apa yang menyebabkan varikokel secara pasti, akan tetapi  banyak ahli percaya bahwa varikokel terbentuk ketika katup-katup di dalam pembuluh darah pada simpulnya mencegah darah mengalir dengan baik. Sehingga akan menyebabkan urat menjadi melebar (dilatasi).
Sebagian besar varikokel terbentuk seiring dengan perjalanan waktu. Meskipun begitu, pembengkakan tersebut biasanya hilang ketika dia berbaring karena aliran darah menuju pembuluh yang melebar berkurang. Untungnya, sebagian besar varikokel mudah untuk didiagnosis dan jika muncul gejala-gejala, dapat diperbaiki dengan operasi. Jika gejala-gejalanya parah, seorang dokter bisa mengobati varikokel dengan cara operasi pengikatan pembuluh yang terkena.
Varikokel sering terjadi selama pubertas. Varikokel biasanya terjadi di sisi kiri, kemungkinan besar karena posisi vena testis kiri. Namun, varikokel dalam satu testis dapat mempengaruhi produksi sperma pada kedua buah pelir/testis.

Penanganan Penderita Varikokel
Jika Anda memiliki varikokel, sperma Anda tidak hilang begitu saja tiba-tiba. Varikokel membawa dampak buruk bertahap pada produksi sperma selama periode waktu yang panjang. Ada 3 kemungkinan yang dapat terjadi : Yang pertama adalah dimana parameter sperma mungkin sedikit berkurang tapi belum terlalu berdampak parah pada kesuburan (ini akan menjadi kasus untuk pria dengan varikokel tapi bisa punya anak). Yang kedua adalah tempat produksi sperma terganggu tetapi dapat dipulihkan dengan perbaikan varikokel. Tahap akhir adalah tempat produksi sperma terganggu tapi tidak terpulihkan (ini terjadi pada kasus orang yang sudah operasi varikokel namun masih belum bisa punya anak).

Diagnosa Varikokel
Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, yang dapat mengungkapkan massa yang membentuk gulungan, tidak lembut pada testis Anda yang mungkin terasa seperti segumpal cacing. Jika cukup besar, dokter Anda akan dapat merasakannya. Jika Anda memiliki varikokel kecil, dokter Anda mungkin akan meminta Anda untuk berdiri, menarik napas dalam-dalam dan menahannya ketika Anda jongkok (Valsava manuver). Hal ini membantu dokter mendeteksi pembesaran abnormal pembuluh darah.

     Pengobatan Varikokel
Pengobatan varikokel mungkin tidak diperlukan. Namun, jika varikokel Anda menyebabkan rasa sakit, atrofi testis atau infertilitas, Anda mungkin perlu melakuakn pengobatan varikokel. Tujuan operasi adalah untuk menutup vena yang terkena dan mengarahkan kembali aliran darah ke dalam pembuluh normal. Namun, efek perbaikan varikokel pada kesuburan tidak jelas.
Meskipun varikokel biasanya berkembang pada masa remaja, namun kurang jelas apakah Anda harus mengobati varikokel pada waktu itu. Indikasi untuk memperbaiki varikokel pada masa remaja meliputi atrofi testis progresif, nyeri atau hasil analisis semen yang abnormal.
Jika Anda didiagnosis menderita varikokel (pemeriksaan dengan alat radiologi bernama scrotal ultrasound), Anda mungkin disarankan untuk memperbaikinya. Ada dua cara yaitu: varicocelectomy, dan varicocele embolizationVaricocelectomy adalah operasi yang dilakukan oleh ahli urologi. Dalam operasi, dokter bedah akan membuat sayatan di perut bagian bawah dan mengikat vena yang bermasalah itu supaya aliran darah dapat dialihkan ke vena yang masih normal lainnya. Sedangkan Varicocele embolization adalah prosedur operasi dimana dokter bedah akan membuat sayatan kecil dan sebuah kateter dimasukkan ke dalam vena yang bermasalah.
Sebelum melakukan operasi, ada baiknya penderita melakukan analisa terhadap sperma serta derajat varikokel yang diderita. Tidak semua ahli kesuburan setuju bahwa operasi varikokel adalah satu-satunya solusi jitu untuk meningkatkan tingkat kehamilan. Adapula efek samping operasi varikokel seperti infeksi pasca operasi atau cedera pembuluh darah atau saraf di kantung testis. Namun, apabila dari hasil pemeriksaan testis sudah tidak memproduksi sel spermatozoa atau testis sudah tidak berfungsi dengan normal, maka operasi operasi varikokel yang dilakukan mungkin akan menunjukkan hasil yang signifikan.
Operasi varikokel relatif sedikit memberi risiko antara lain :
·         Membentuk cairan di sekitar testis (hidrokel)
·         Kambuhnya varikokel
·         Kerusakan arteri
Metode Perbaikan meliputi:
Operasi terbuka merupakan pengobatan yang paling sering dilakukan, biasanya dilakukan dengan rawat jalan, dengan menggunakan bius lokal atau bius umum. Paling sering, dokter bedah Anda akan menangani urat melalui pangkal paha (transinguinal), tetapi mungkin juga dengan membuat irisan di perut atau di bawah pangkal paha.
Alat bantu dalam perbaikan varikokel menyebabkan pengurangan komplikasi pasca operasi. Salah satu adalah penggunaan mikroskop bedah, yang memungkinkan ahli bedah untuk melihat daerah perlakuan yang lebih baik selama operasi. Lainnya adalah penggunaan USG Doppler, yang membantu memandu prosedur.

Referensi :
http://medicastore.com/penyakit/3088/Varicocele.html
dr. Agus Mulyono Sp.U. Varikokel, hal-hal yang harus diketahui. (artikel)
Purnomo, Basuki B. Dasar-dasar Urologi. Edisi kedua. Sagung Seto:2007. h143-52.
James A. Daitch and Anthony J. Thomas. In: Resnick, Martin I. ,Andrew C. Novick. 2003. Varicocele. Urology Secrets. 3rd Ed. Hanley&Belfus Inc:2003 p 223-6
thumbnail
Judul: Varikokel / Varicocele adalah Varises Pada Organ Vital Pria
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Biologi Manusia, Kesehatan, Kesehatan Seks, Penyakit :

16 komentar:

  1. Bisa g punya anak kah??

    ReplyDelete
  2. sering berhubungan intim pengaruh ga yaa..trs dsmpaknya apa??..padahal sdh di operasi dr thn 2009 tp sampai saat ini masih merasakan sakit yg luar biasa,..solusinya gimana yaa :)

    ReplyDelete
  3. Apa yanh menjadi masalah dalam hal ini? Jika tidak berpengaruh buruk, utk apa di proses lebih lanjut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. InshaAllah atas izin dari yg kuasa penderita varikokel bs sembuh sedia kala. Tdk perlu sampai proses lebih lanjut. Selama sperma masih produksi dan tdk berkurang atau tdk ada sama sekali semoga Allah swt memberi jln terbaik bagi umatnya. Sehat adalah kunci utama bahagia dlm hidup :)

      Delete
  4. Apa dampaknya bila varicocele di biarkan ?
    Mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di artikel diatas udah ada gan akibat vatikokel, silahkan disimak kembali. Terima kasih

      Delete
  5. Bagai mana bila varicocale di biarkan ... apa dampaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di artikel diatas udah ada gan akibat vatikokel, silahkan disimak kembali. Terima kasih

      Delete
  6. Adakah obatnya selain operasi, semacam terapi atau apa gtu. Mohon jawabannya

    ReplyDelete
  7. Apakah, ada obatnya selain operasi, seperti terapi atau sebagainya. Mohon jawabannya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane kurang tau gan, tapi sebaiknya konsultasi ke dokter akhli urologi/ahli kelamin laki2

      Delete
  8. Gan, kalau nyeri setelah ereksi sering itu gimana ya?
    Kalau gak sering ereksi yaa nyeri sih...

    Gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh gimana ya, yang mana nyerinya? saya juga tidak tau gimana ya?

      Delete
  9. Sya mndrita kencing2 stiap sya usai BAK wlwpun sdh dicuci pasti kencing sya ttp kluar tpi hya setetes dan tdk bsa ditahan.. sdh 2 tahun sya bawa penyakit sya ini dan sangat menyulitkan sya trtma soal ibadah Krn hrs terhindar dari najis.. dan masalah utamanya jg trkdng sperma sya kluar scra tiba2 cmn setetes.. mohon bantuan solusinya Krn sya sdh 4 kali plg balik Puskesmas minum obat tdk prnah sembuh2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas reza saya tidak membantu bagaimana solusi untuk mengatasi keluhan mas tersebut tetapi mungkin lebih baiknya mas konsultasi dengan dokter akhli Urologi atau ke dokter Kelamin. kemungkinan menurut saya mas ada gangguan di prostat. terima kasih

      Delete

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz