Zat yang Tergandung di Dalam Cabe dan Manfaat Cabe

Advertisement
Cabe di masyarakat Indonesia tidak asing lagu, bahkan ada golongan masyarakat menyatakan makan terasa tidak makan jika tidak bersama sambal. Bahan utama sambal adalah cabe. Cabe atau Cabai, yang dalam bahasa jawa ‘lombok’ adalah tanaman golongan Capsicum. Ciri utama cabe adalah  berwarna merah menyala atau hijau tua. Cabe  mengandung zat capsaicin yang merupakan zat menyumbangkan rasa pedas dan panas di lidah ketika memakannya, tapi, zat ini pula yang membuat orang ketagihan saat menyantap makanan. Tak hanya dari segi rasa, dari sisi medis pun, tanaman yang satu ini terbilang memiliki banyak khasiat. Benang putih tempat biji menempel pada cabai merah mengandung zat capcaisin yang bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit. Selain itu, cabai juga mengandung vitamin C, saponin, dan flavonida.
 Berikut ini manfaat beberapa cabai merah yaitu :

1.  Obat luka
Oleskan beberapa daun cabai merah dengan minyak kelapa lalu panaskan sebentar di atas kompor. Lalu, tempelkan daun tersebut ke area yang luka.

2. Mengobati rematik
Sediakan 10 gram cabai merah kering lalu tumbuk hingga halus dan seduh dengan 1/2 gelas air panas. Oleskan campuran ini ke bagian yang sakit.

3. Mengobati kutil
Untuk mengatasi penyakit kutil, Anda bisa langsung mengoleskan capcaisin pada kutil.

Cabai rawit
Cabai rawit mengandung minyak atsiri yang bersifat antibakteri. Benang putih tempat biji menempel juga mengandung zat capcaisin dan capsantin yang bersifat memanaskan.
Cara memanfaat cabai sebagai pengobatan :

1.      Rematik
Seduh10 gram serbuk cabai rawit kering dengan 1/2 gelas air panas. Aduk lalu balurkan ke tempat yang sakit. Bisa juga dengan menumbuk beberapa buah cabai rawit dicampur dengan kapur sirih dan air jeruk nipis. Lalu, oleskan ramuan ke bagian yang sakit.

2.      Mengobati eksem
Tumbuk 5-7 helai daun cabai rawit, pinang muda, serta 5 lembar daun sirih. Kemudian bungkus dengan kain kasa. Rebus bungkusan tersebut dengan 1 gelas air hingga mendidih. Angkat kain kasanya kemudian tempelkan ke bagian yang gatal. Anda bisa mengulanginya sampai 2 kali sehari.

3.      Mengobati Sakit perut
Haluskan daun cabai rawit muda kemudian dicampur dengan sedikit kapur sirih dan oleskan ke perut. 

ARTIKEL YANG BERKAITAN