Cara Membuat SIM (Surat Izin Berkemudi) Lebih Mudah

Advertisement

Banyak sekali cerita dari teman-teman tentang hal pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi), pengalaman pribadi saya sendiri membuat SIM melalui calo karena alasan tidak ribet dan tidak makan waktu, saya hanya memeberi fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk), foto 3x4 dan uang 250 ribu, karena jauh dari kampung ke kota kabupaten sehingga seminggu baru jadi. Saya pun masih ingat cerita sahabat baikku yang ingin coba-coba bagaimana test dalam mendapatkan SIM tetapi dia tidak lulus dari semua orang yang ikut bareng test dengan dia tidak ada yang lulus juga. memang biayanya lebih murah yaitu dengan mempersiapkan fotocopi KTP, dan bayar totalnya 95 ribu. Tapi saya dia tidak lulus diapun ambil jalan pintas dengan membayar seperti saya. Dia bercerita tentang apa saja yang ditestkan, salah satunya bagaimana seolah-olah jadi pengemudi trus menjawab rambu-rambu lalu lintas dan lain-lainnya. Berikut ini juga cerita dari teman-teman bloger : dia membuat SIM lewat calo ketika parkir motor langsung ada yang mendekatinya menawarkan jasanya. Dia membuat SIM A lewat calo dengan bayar 250 ribu, begitu juga waktu membuat SIM C. Dia hanya memberi uang dan KTP dengan calo trus duduk di tempat nunggu kira-kira ½ jam sudah dipanggil, difoto dan jadi SIMnya.

Lanjut dari cerita sobat blogger : dia menemani saudaranya untuk membuat SIM C, saat dia datang tidak ada satupun calo. Terus langsung aja ke loket dengan pak polisi. Syaratnya cuma fotokopi ktp, bayar sidik jari 5ribu + kesehatan 15ribu + biaya admin SIM baru 75rb totalnya jadi 95ribu. Setelah itu saudaranya ditest teori, tapi sayang dari 30 orang yang ditest gak ada satupun yang lulus. Dia merasa ini hal yang aneh karena tidak ada 1 pun yang lulus. Akan tetapi dia merasa ganjal lagi sang polisi yang ngetest menawarkan jasa jalan pintas agar mendapatkan SIM dan lulus para pemohon asalkan bayar 250 ribu. Jadi ditotalkan saudaranya mengeluarkan sekitar 350ribu. Logikanya gak lulus test tapi bisa dapet SIM asalkan bayar. Sedangkan dibanding lewat CALO lebih murah.

MENGAPA BUAT SIM LEBIH MUDAH MELALUI CALO DARI PADA TEST LANGSUNG


Pertanyaan ini mungkin sudah dianggap tidak perlu dijawab oleh sebagian masyarakat karena jika test pun tidak bakal lulus yang disebabkan tidak menguasai teori lalu lintas dan praktek mengendarai. Terkesan ribet, ngabisn waktu dan biaya. Kenyataannya jika test murni untuk mendapat SIM, hampir semua gagal. bukan karena dipersulit karena jenis testnya berdasar UU yang ada. namun kan kita semua maunya serba enak, gak usah belajar teori, gak usah mahir mengemudi namun bisa dapat SIM, dan akhirnya itu DIMANFAATKAN oleh berbagai pihak. saya juga tidak setuju dengan percaloan itu, namun saya setuju bahwa agar kita terhindar dari percaloan, kita juga harus menguasai teori benar lalu lintas dan mahir mengendarai kendaraan kita. BAGAIMANA MENURUT ANDA?? APA YANG PERLU DIPERBAIKI??  

ARTIKEL YANG BERKAITAN