7 Kegiatan Yang Harus Dihindari Setelah Makan

Advertisement
Banyaknya pantangan dan mitos setelah makan yang harus dihindari, sejak dari kecil sayapun selalu dimarah dan diperingatkan oleh orang tua tetapi yang terkadang saat itu membuat saya bertanya-tanya mengapa dilarang. Sayang sekali orang tua tidak bisa menjelaskan secara detail, malah mereka marah dengan berkata "ya sudah kalu dilarang ya diikuti saja untuk kesehatan kamu kelak".. baru sekarang sayapun mendapatkan jawaban mengapa orang tua dulu selalu melarang kegiatan atau aktivitas setelah makan. yuk kita simak dan pelajari lagi: 


1. Merokok
Memang merokok sudah dilarang baik tidak makan ataupun sesudah makan, karena akibat rokok banyak sekali, akan tetapi Para ilmuwan telah menetapkan dengan percobaan bahwa merokok satu batang setelah makan setara dengan merokok 10 batang pada waktu yang lain. Artinya kerusakan dan penyakit yang diakibatkan oleh satu batang rokok setelah makan sama dengan kerusakan dan penyakit yang diakibatkan oleh 10 batang rokok.

2. Memakan buah-buahan secara langsung
Sesungguhnya mengkonsumsi buah-buahan segera setelah makan akan menyebabkan terisinya perut dengan udara. Oleh karena itu dinasihatkan untuk tidak memakan buah-buah sebelum satu atau dua jam setelah makan, atau bisa juga satu jam sebelum makan.

3. Mandi
Langsung mandi setelah makan akan menyebabkan mengalirnya darah ke penghujung tubuh, yaitu ke ujung-ujung tangan dan kaki. Akibatnya jumlah darah yang mengalir di sekitar lambung menjadi sedikit. Hal ini menyebabkan lemahnya proses pencernaan.

4.. Langsung Tidur
Sesungguhnya langsung tidur setelah makan akan menyebabkan tidak sempurnanya proses pencernaan yang akan menyebabkan kerusakan lambung atau radang lambung.

5. Langsung Meminum Teh
Dikarenakan daun-daun teh banyak mengandung unsur kimia karbon, di mana bahan kimian ini akan mempengaruhi protein yang ada pada makanan yang kita makan dan menjadikannya keras hingga sukar dicerna.

6. Melonggarkan sabuk di perut
Melonggarkan sabuk setelah makan akan menyebabkan mulasnya lambung dan kebuntuannya (penyumbatan usus).

7. Berjalan
Termasuk kesalahan fatal adalah keyakinan banyak orang terhadap pernyataan "Jika engkau berjalan seratus langkah setelah makan, maka sesungguhnya engkau akan menikmati kesehatanmu hingga usia 99 tahun." Ini adalah pernyataan yang salah, di mana langsung berjalan setelah makan akan menyebabkan lemahnya proses pencernaan.


Semoga bermanfaat dan dapat diambil hikmah-Nya sumber dari facebook...

ARTIKEL YANG BERKAITAN