Berdagang di Internet

Advertisement
Pada jaman multimedia sekarang ini dengan berbagai cara dalam mengakses dunia, yang dikenal dengan dunia maya, hal tersebut selalu didukung adanya media internet. Seiring berkembangan akses dunia tanpa batas tersebut turut terimbas dibidang bisnis/ perdagangan. Dengan adaanya internet maka menjalankan bisnis menjadi semakin mengglobal. Banyak contoh pedagang internet yang sudah melalang buana bahkan sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat seperti : toko bagus /Olx, berniaga, lazarda, treveloka dll. bahkan memanfaatkan media sosial sperti facebook, twitter dll, begitu juga Saya sudah mulai  merintis untuk berdagang online salah satu produk yang saya coba tawarkan adalah KOPI LUWAK lengkapnya Klik sini

Kali ini saya akan coba membahas sedikit tentang berdagang online. Bila Anda biasanya memasarkan produk atau jasa Anda secara offline yang biasa Anda lakukan di tempat usaha Anda berupa toko maupun melalui jaringan pemasaran bisnis Anda, sekarang Anda bisa menjual produk atau jasa Anda di internet menggunakan website yang langsung bom pasar Anda menjadi lebih luas, pasar Anda bisa menjangkau seluruh pasar Indonesia langsung maupun yang lebih besar lagi ke pasar seluruh dunia. Tinggal Anda putuskan, Anda ingin fokus untuk menjangkau pasar yang mana. Anda bisa mengakses internet dimana saja.

Perbedaan bila Anda berjualan offline dengan berjualan online yaitu bila Anda berjualan offline saja, maka calon pembeli Anda dapatkan dari orang-orang yang datang ke toko Anda, tetapi dengan berjualan online maka Anda bisa menjangkau orang-orang yang memiliki akses internet dimanapun mereka berada yang membuka website Anda. Anda membuka pasar baru seketika. Karena itu bagaimana bila Anda sekarang mulai berjualan ke pasar seluruh dunia???

Semakin besar pasar tentunya semakin baik dan perbedaan antara memasarkan produk Anda ke pasar indonesia saja atau ke pasar seluruh dunia hanya dibedakan oleh bagaimana Anda mengirimkan produk Anda nantinya. Barang yang dikirim sama, hanya biaya kirim saja yang berbeda, untuk keluar negeri Anda bisa mengenakan biaya kirim yang lebih mahal kepada pembeli.

Sebagai awal untuk memulainya, tentunya Anda harus memiliki produk atau jasa yang bisa dijual di internet, lalu membuat website baik berupa toko online atau dengan website penjualan yang sederhana atau bisa memanfaatkan blog yang tidak perlu membayar domain.  Di website / blog, Anda bisa menampilkan produk-produk maupun jasa yang Anda tawarkan dengan data yang sedetail mungkin termasuk foto produk dan spesifikasi.

Foto atau gambar dari sebuah produk sangat penting untuk berjualan online agar calon pembeli bisa melihat seperti apa produk yang akan ia dapatkan nantinya, dan dengan data produk yang detail, maka calon pembeli bisa memutuskan langsung di website mau membeli atau tidak pada saat itu juga. 

Setelah itu juga anda harus giat promosi melalui media sosial dan apabila memiliki modal lebih dengan promosi di iklan online seperti di google adsense, kliksaya, kumpulbloger dan lainya. 

Catatan dalam berjualan online sering sekali dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang kurang bertanggungjawab dan ingin menguntungkan pribadi saja, maka dari itu hati-hati dengan pedagang dan konsumen yang kurang jelas sumbernya. 

ARTIKEL YANG BERKAITAN