Cara Cepat Meningkatkan Daya Ingat dan Cara Menghilangkan Lupa

Advertisement
Cerita lama dan disebut sebut terkuak dalam al kitab bahwa bangsa Israel / yahudi memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata dari bangsa-bangsa lain, lalu tanda tanya besar mengapa demikian? menurut pandangan hemat saya, dengan disebutkannya bangsa tersebut bangsa yang tercerdas, berarti tantangan kita untuk bisa berjuang, bersaing bagaimana mendapatkan ilmu dan belajar dari bangsa tersebut, terus mengembangannya untuk bangsa kita sehingga bangsa kita bisa menjadi bangsa yang pintar di dunia. Bahkan bisa mengalahkan bangsa yang imetnya sebagai bangsa yang cerdas tersebut. Bukan kah ada pepatah “ORANG PINTAS BISA MENGALAHKAN ORANG YANG CERDAS. KECERDASAN SUDAH DARI TUHAN TAPI KEPINTARAN DIDAPAT DENGAN BELAJAR”.

Tingkat kecerdasan setiap individu di dunia ini berbeda beda, kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang adalah anugerah dari Maha Pencipta, akan tetapi bukan berarti kita yang tergolong tingkat kecerdasan standard / rata-rata, ataupun dibawah rata-rata standard menjadi lemah dan menyalahkan takdir serta minder. Allah menciptakan manusia bermacam-macam untuk beribadah dan saling mempelajari. Seorang yang memiliki tingkat kecerdasan genius akan kalah dengan orang yang kecerdasan rata-rata yang terus berusaha belajar. Dengan belajar dan belajar lagi kita yakin bisa. 

Berikut ini saya kutif dari beberapa artikel yang mengulas dan membahas cara dan tips ataupun trik dalam meningkatkan daya ingat semoga bermanfaat mari kita pelajari :

1. Makan Makanan Bergizi dan Teratur. Selalu harus menjaga pola makan dan memasukkan makanan yang baik untuk otak dalam menu sehari-hari. Gandum, Minyak-Ikan, Blueberry,Tomat, Blakcurrant, Kuaci Biji, Labu, Brokoli, dan Kacang-kacangan. Konsumsi Makanan Yang Kaya Akan Antioksidan. Untuk menjaga ingatan tetap muda meski otak mulai menua, ilmuwan menyarankan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti blueberry, apel, pisang, sayuran berwarna hijau tua, bawang, dan wortel. Beberapa makanan dengan kandungan antioksidan tinggi antara lain: kismis, bluberry, blackberry, bawang putih, cranberry, strawberry, bayam, dan raspberry.Antioksidan merupakan molekul yang dengan mudah mengikat dan menetralkan elektron yang disebut dengan “radikal bebas” yang berkeliaran secara bebas di aliran darah. Radikal bebas ini bertambah seiring usia dan bisa membunuh otak. Yang kedua, sebagian besar otak terbuat dari lemak sehat, termasuk yang paling penting adalah omega-3. Agar otak bisa memperbaiki dirinya sendiri dan neuron-neuron tersambung dengan benar, kita harus memberikan makanan yang tepat buat otak. Nah, omega-3 ditemukan di banyak jenis ikan dan kacang-kacangan. Jauhi Makanan yang Mengandung Gula. Karbohidrat dalam bentuk apapun – seperti pasta, roti putih dan keripik kentang – dapat membuat anda merasa lelah dan malas. Efek dari memakan makanan ini akan membuat anda sulit berpikir jernih. Hal ini merupakan hasil dari insulin yang mengalir dalam darah anda untuk menangkal kadar gula yang terlalu tinggi. Selalu sarapan Pagi. Sarapan telah terbukti dapat meningkatkan daya konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, kinerja mental, daya ingat, dan mood. Sarapan merupakan kesempatan pertama bagi tubuh untuk mengisi ulang level glukosa setelah periode 8 hingga 12 jam tanpa makanan. Glukosa merupakan sumber utama energi bagi tubuh anda.

2. Tidur yang cukup dan Sehat. Di saat kita tidur terutama beberapa jam di awal tidur, otak kita akan menyibukan diri memproses segala informasi yang kita pelajari sebelumnya. Hal ini tentu akan menambah kemampuan daya ingat. Hasil penelitian di laboratorium menggunakan tikus, saat tikus tidur, dua area di otak – hippocampus dan medial prefrontal cortex, area yang berkaitan dengan pengambilan ingatan dari masa lalu (baik di manusia atau tikus) – berputar menayangkan kejadian-kejadian sepanjang hari itu. Proses ini dipercaya sangat penting untuk mengonsolidasikan dan merapikan file-file ingatan-ingatan baru yang terbentuk.

3. Olahraga teratur. Selalu menjaga kondisi fisik dengan makan makanan bergizi dan olahraga teratur. Olahraga teratur untuk menjaga stamina. Kondisi fisik yang prima akan lebih memudahkan kita dalam menerima input sehingga proses penyimpanan ke daya ingat menjadi lebih mudah. Olahraga yang mudah dan bisa dilakukan adalah : 
Berjalan Kaki dan Jogging hasil penelitian yang dipimpin oleh Arthur Kramer dari University of Illinois-Urbana Champaign menunjukkan bahwa pusat ingatan di otak yang disebut hippocampus menyusut seiring usia. Namun penelitian pada tahun 2011 memberikan kabar bagus: orang dewasa yang beranjak tua yang rutin melakukan jalan kaki dapat mempertahankan volume hippocampus. Penelitian itu melibatkan 60 orang dewasa berusia 55 sampai 80 tahun. Mereka melakukan jalan kaki tiga kali seminggu masing-masing selama 40 menit. Aktivitas yang cukup untuk meningkatkan denyut jantung mereka. Peserta lain sejumlah yang sama melakukan latihan pengencangan otot latihan beban, yoga, dan peregangan, dalam intensitas yang sama. Dengan jogging, seorang pakar menjelaskan bahwa anda bisa meningkatkan mood, mencegah hilang ingatan, mempertajam kecerdasan anda, dan bekerja dengan lebih baik hanya dengan mengolah detak jantung anda dan berkeringat. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa olahraga aerobic membentuk kembali otak kita untuk mencapai kinerja optimal.

4. Mengasah Otak. Banyak-banyak bermain Game Asah Otak. Game Asah Otak memang banyak, dan biasanya didalam game tersebut ada beberapa jenis, mulai dari menghitung cepat, dan menghafal dengan hitungan waktu, dengan sering-sering memainkan Game asah otak ini, daya ingat kita akan terlatih dan semakin meningkat. Mengisi teka-teki silang, Mengisi teka teki silang dapat membatu meningkatkan daya ingat, dimana otak anda akan selalu terangsang untuk mengingat sesuatu dalam kehidupan yang berhubungan dengan soal dalam teka-teki tersebut. Untuk mengisi waktu luang sekaligus melatih daya ingat, ada baiknya jika anda mengambil dan mencoba menyelesaikan beberapa soal teka. 

5. Libatkan semua panca indra saat menerima informasi baru. Semakin banyak panca indra kita libatkan untuk mengingat informasi baru semakin kuat ingatan kita merekam informasi tersebut. Meskipun ada gadget canggih di tangan Anda latihlah panca indra Anda untuk mengingat lebih banyak hal. Jangan Menyerah Untuk Terus Belajar Menghafal, Dalam hal menghafal daya ingat sangat berperan penting, karena dengan daya ingat yang kuat menghafal pun akan sangat mudah, begitupun sebaliknya dan dengan terus berlatih menghafal makan daya ingat pun akan semakin bertambah, tentunya jangan putus asa. Latih Semua Indra Anda. Para ilmuwan menemukan bahwa otak manusia belajar paling efektif melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan berbagai indra. Anak-anak dan orang dewasa belajar sangat baik ketika mereka belajar melalui kegiatan yang melibatkan penglihatan, suara, emosi, timbale balik, orientasi ruang, dan bahkan indra pengecap dan perasa. Mike Adams, seorang penulis buku, menjelaskan dalam bukunya bahwa seorang anak yang diberikan definisi “tanpa bobot” secara verbal memperoleh informasi mengenai kata tersebut melalui 1 dimensi: pendengaran. Jika anda menunjukkan kepada seorang anak film mengenai seorang astronot yang mengapung di luar angkasa ketika anda mengucapkan kata “tanpa bobot”, anda memberikan informasi kata tersebut melalui 2 dimensi; dimana si anak melihat dan mendengar kata tersebut. Dan jika anda menyuruh si anak melompat-lompat menggunakan trampoline dan meneriakkan kata “tanpa bobot” ketika si anak berada di udara, pengertian kata tersebut akan semakin tertanam lebih dalam di otaknya.

6. Lakukanlah relaksasi secara teratur. Relaksasi efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat Anda dengan secara sadar mengurangi ketegangan otot-otot sebelum mempelajari hal baru. Tarik Nafas Dalam-dalam. Dengan bernafas melalui hidung anda bisa meningkatkan fungsi otak anda dengan cepat. Menarik nafas dalam-dalam memberikan asupan oksigen lebih banyak pada darah anda, dan tentunya pada otak anda. Tingkat oksigen rendah pada darah anda akan mengurangi fungsi otak anda. Jika anda berminat, anda bisa mencoba melakukan olahraga pernafasan. Meditasi. Neuropsychologist mengatakan bahwa meditasi dapat mengubah struktur otak anda. Hasil scan MRI dari para meditator menunjukkan kegiatan otak lebih banyak dalam sirkuit otak anda khususnya dalam memperhatikan sesuatu. Ketika suara-suara mengganggu diperdengarkan pada para meditator yang sedang melalui Scan MRI, suara-suara tersebut hanya memiliki pengaruh kecil pada area dalam otak mereka yang melibatkan emosi dan proses pengambilan keputusan dibandingkan dengan orang-orang yang tidak bermeditasi atau meditator yang kurang berpengalaman.

7. Hindari obat penenang, zat yang menimbulkan kantuk dan berbagai zak kimia lain yang berpotensi menurunkan daya ingat Anda. Segala zat yang membius otak termasuk alcohol, benzodiazepin (biasa untuk terapi ganguan kecemasan) dan obat penenang lain menghambat fungsi optimal daya ingat anda. Jika ingin santai, makanlah makanan berkarbohidrat tinggi yang merangsang produksi tritofan dan bertindak sebagai penenang alami.

8. Belajarlah Sebanyak Mungkin. Ketika kita mempelajari hal-hal baru, kita menciptakan bagian aliran arus syaraf baru dalam otak kita. Orang yang “pintar” adalah seseorang yang memiliki aliran arus lebih banyak dibandingkan dengan orang lain. Otak manusia akan menciptakan aliran arus syaraf dengan mempelajari hal-hal baru; dan semakin beragam hal yang dipelajari, semakin “pintar” pula otak kita.

9. Belajarlah Membaca Cepat. Photo Reading merupakan teknik yang sangat mudah dipelajari yang akan membantu anda memproses informasi tertulis dalam jumlah besar lebih cepat dan membantu anda mengingat informasi tersebut lebih baik dibandingkan dengan metode tradisional yang diajarkan di sekolah. Meskipun kebanyakan teknik membaca cepat mengajarkan anda cara untuk menggerakkan mata anda dengan lebih cepat dalam setiap halaman yang anda baca, Photo Reading merupakan sistem membaca yang mengajarakan anda untuk menggunakan pikiran sadar dan bawah sadar anda ketika membaca. Pada dasarnya, Photo Reading dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan bacaan yang mudah dibaca dengan menerapkan beberapa teknik yang berbeda setiap waktu. Bahan pertama melibatkan pikiran sadar anda dan menggunakan metode lain untuk meningkatkan daya ingat anda dan memahami materi. 

10. Ambil Waktu Singkat untuk Beristirahat Secara Berkala. Belajarlah selama 20 menit lalu ambil waktu untuk beristirahat secara singkat. Metode ini efektif karena hal-hal yang anda pelajari pada awal dan akhir pada sesi belajar anda akan bertahan lebih lama dalam ingatan anda. Anda bisa mengunduh (download) Motivator Software secara cuma-cuma sehingga setiap 20 menit akan muncul pesan pada komputer anda yang mengingatkan anda untuk beristirahat. Pidato dan mengajar. Melakukan pidato atau mengajar akan melatih otak anda karena dalam aktifitas ini anda dituntut untuk menghafalkan materi pelajaran, atau menghafalkan pokok-pokok utama yang akan disampaikan dalam kegiatan pidato Lakukan teknik melatih daya ingat diatas dengan beberapa kata yang lain sesuai dengan imajinasi anda.

11. Mendengarkan musik klasik. Menurut beberapa penelitian, mendengarkan musik klasik yang mempunyai dinamika yang sangat beragam dapat meningkatkan daya ingat. Musik klasik ini meliputi musik instrumental atau orkestra klasik. Dengarkan musik tersebut dan coba nyanyikan nadanya sesuai dengan yang anda ingat.

12. Buatlah Jurnal. Catharine M. Cox, seorang penulis buku, pernah mempelajari kebiasaan 300 orang jenius – seperti Isaac Newton, Einstein, dan Thomas Jefferson – dan menemukan bahwa semua orang jenius tersebut merupakan penulis jurnal atau buku harian yang rajin. Juga, ingatlah bahwa Thomas Edison menulis 3 juta halaman catatan, surat, dan pemikiran pribadinya dalam ratusan jurnal pribadi sepanjang hidupnya.

13. Manfaatkan Setiap Waktu Anda. Manfaatkan setiap waktu, contohnya ketika anda menggunakan transportasi publik atau mengantri, secara produktif. Selesaikan teka-teki silang atau Sudoku ketika menunggu di antrian dan dengarkan program audio ketika menggunakan transportasi publik.

14. Gunakan Akronim untuk Mengingat Informasi. Akronim merupakan bentuk singkatan yang dibentuk dari huruf awal setiap kata. Metode ingatan ini akan membantu anda untuk mempelajari informasi dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat. Sebagai contoh, “Every Good Boy Does Fine” merupakan akronim yang sering digunakan para musisi untuk mengingat nada dalam kunci tertentu.

15. Gunakan Tubuh Anda untuk Membantu Anda Mempelajari Sesuatu. Gerakan tubuh merupakan proses kunci dalam perkembangan dan proses belajar. Brain Gym (Olahraga Otak) merupakan program olahraga yang sederhana, yang dikembangkan selama 25 tahun oleh para spesialis pendidikan, Dr. Paul Dennison. Brain Gym dapat membantu anda dalam hal-hal sebagai berikut:- 
- Konsentrasi
- Pemahaman 
- Berpikir secara abstrak
- Daya ingat
- Keletihan mental
- Kemampuan menyelesaikan tugas
- Keseimbangan fisik dan koordinasi. 

16. Olah Kecerdasan Emosional (EI) Anda. Selama bertahun-tahun publik memberikan banyak penekanan pada aspek kecerdasan, seperti kemampuan berpikir logis, matematis, pemahaman ruang, analogi, verbal, dan lain-lain. Namun, selama beberapa tahun terakhir, banyak orang merasa mereka membuang potensi yang mereka miliki dengan berpikir, bersikap, dan berkomunikasi dalam cara-cara yang menghambat peluang mereka mencapai kesuksesan. Kecerdasan emosi diakui sebagai kemampuan meta fisik yang memungkinkan anda untuk memanfaatkan kemampuan serta bakat yang anda miliki secara optimal. Ikutilah tes kecerdasan emosi disini.

17. Latihlah Gelombang Otak Alpha Anda. Penelitian menemukan bahwa kondisi ideal untuk belajar adalah ketika otak sedang dalam kondisi santai, namun tetap fokus dan terjaga. Dalam keadaan ini gelombang otak berjalan sekitar 8 hingga 12 siklus per detik, yang dikenal dengan istilah kondisi alpha.

18. Gunakan Sistem Pembantu Memori. Sistem pembantu memori, atau yg dikenal dengan istilah system objek angka, merupakan teknik untuk mengingat daftar. System ini bekerja dengan mengingat-ingat daftar kata yang dengan mudah dapat “dikaitkan” dengan angka yang diwakili oleh kata-kata tersebut. (1-10, 1-100, dan seterusnya). Itulah memori anda. Jika anda harus mengingat sebuah daftar dalam waktu singkat, setiap benda dalam daftar tersebut dapat anda sesuaikan dengan angka yang cocok. Setelah anda mengingat-ingat angka-angka tersebut, anda bisa menggunakan angka yang sama berulang kali setiap kali anda perlu mengingat-ingat sesuatu. Ketika anda harus menghafalkan hal-hal yang berada dalam daftar, visualisasikan benda tersebut dengan angka yang anda miliki. Anda bisa memilih kata-kata yang memiliki rima yang sama dengan angka tersebut, berikut contoh yang diambil dari Wikipedia:
• 1-gun
• 2-zoo
• 3-tree 
• 4-door 
• 5-hive 
• 6-bricks 
• 7-heaven 
• 8-plate 
• 9-wine 
• 10-hen 

Sebagai contoh, jika anda menghafalkan 10 benda yang anda ingin beli di toko obat: kapas (cotton ball), pasta gigi (toothpaste), permen karet (gum), kertas (paper), lem (glue), kartu index (index cards), multivitamin (multivitamins), krim tangan (hand cream), shampoo, dan kutek (nail polish). Lakukan hal berikut:
1. Bayangkan kapas (cotton balls) ditembakkan dari pistol (gun)
2. Bayangkan seekor gorila di kebun binatang (zoo) sedang menggosok giginya
3. Bayangkan sebuah pohon (a tree) dengan sebungkus permen karet (gum) tumbuh pada cabangnya 
4. Bayangkan seseorang masuk melalui pintu kertas (paper door) 
5. Bayangkan se-toples lem (glue) dikeliling lebah seakan-akan toples tersebut adalah sarang lebah (beehive) 
6. Bayangkan sebuah rumah terbuat dari bata (bricks) kartu index (index cards) 
7. Bayangkan malaikat (angels) sedang minum multivitamin. 
8. Bayangkan sebuah piring (a plate full) berisi krim tangan (hand cream) 
9. Bayangkan sebuah gelas wine (a wine glass) berisi shampoo. 
10. Bayangkan seeokr ayam jantan (a hen) dengan kuku berwarna merah (bright red nails). 

Sumber kutipan : 
Akuinginsukses (dot) com
berita-terhangat(dot)blogspot(dot)com
blazerracing (dot) blogspot (dot) com
woezone(dot)com

ARTIKEL YANG BERKAITAN