loading...

Monday, November 3, 2014

Kelenjar Pankreas

Letak kelenjar pangkreas adalah di rongga perut tepat dibawah lambung atau berdekatan dengan usus. Kelenjar ini berfungsi ganda yaitu menghasilkan eksokrin  dengan menghasilkan enzim proteolitik, amilase, lipase dan rebonuklease dan enzim lainnya, bagian yang menghasilkan enzim pencernaan adalah  acini (acinus). Sedangkan    aktif menghasilkan hormon / endokrin adalah bagian pulau pulau langerhans

Hormon-hormon yang   dihasilkan oleh sel-sel yang berbeda pada pulau langerhan pankreas.
  • Sel a = alpha menghasilkan hormon  glukagon yang berperan untuk menghasilkan gula bila tubuh kekurangan gula(glukosa).  Dengan cara merubah glikogen menjadi glukosa.
  • Sel b = beta menghasilkan hormon  insulin yang berfungsi  menguraikan gula (glukosa) bila berlebihan menjadi glikogen dalam otot dan energy.
  • Sel d = delta menghasilkan hormon  somatostatin berperan  tergantung dari kebutuhan tubuh yaitu membantu sel a bila kekurangan gula & membantu sel b bila kelebihan gula.
  • Sel f  menghasilkan hormon  pankreopeptida berperan membantu dalam proses pencernaan makanan terutama protein. 



thumbnail
Judul: Kelenjar Pankreas
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Biokimia, Biologi Manusia, saint :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz