loading...

Monday, November 3, 2014

Kelenjar Thyroid

Kelenjar tiroid terletak pada dasar kerongkongan, pada inferior jakun. Kelenjar ini memiliki dua lobus yang digabungkan oleh istmus.  Hormon tiroid mengontrol kecepatan pembakaran glukosa atau oksidasi, diubah menjadi panas badan dan energi kimia. Bahan baku hormon tiroid adalah iodine / iodium yang banyak terkandung dalam seafood (makanan laut). Jika terjadi defisiensi iodine akan menyebabkan goiters (gondok). Hormon-hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid adalah : Thyroksin, Triiodotironin, dan Kalsitonin.

1.  Thyroksin merupakan untuk metabolisme tubuh baik metabolisme karbohidrat, protein maupun lipid.
2.   Triiodotironin merupakan bahan baku thiroksin dengan syarat harus ada ion iodium yang berasal dekat laut atau hasil dari laut seperti ikan, garam yang beriodium.
3.  Kalsitonin berfungsi untuk menurunkan kadar calcium (ion Ca2+) dalam darah agar disimpan pada tulang.

Kerja yang sesungguhnya adalah hormon triiodotironin karena dijaringan tiroksin diurai menjadi triiodotironin. TSH (Thyrosomatotropic Hormone) merupakan hormon yang merangsang produksi tiroksin dengan melalui mekanisme umpan balik negatif. Jika tidak terjadi keseimbangan dalam pengadaan mekanisme tersebut, maka akan terjadi gangguan diantaranya hipotiroid yaitu kekurangan produksi hormon tiroid karena asupan iodine/ iodium kurang. Selain itu bisa menyebabkan hipertiroidisme yaitu kelebihan produksi hormon tiroid disebabkan oleh tumor kelenjar tiroid.
gambar letak kelenjar tiroid

pembengkakan kelenjar tiroid

penyakit gondok
thumbnail
Judul: Kelenjar Thyroid
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Biokimia, Biologi Manusia, saint :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz