Kelenjar Thyroid

Advertisement
Kelenjar tiroid terletak pada dasar kerongkongan, pada inferior jakun. Kelenjar ini memiliki dua lobus yang digabungkan oleh istmus.  Hormon tiroid mengontrol kecepatan pembakaran glukosa atau oksidasi, diubah menjadi panas badan dan energi kimia. Bahan baku hormon tiroid adalah iodine / iodium yang banyak terkandung dalam seafood (makanan laut). Jika terjadi defisiensi iodine akan menyebabkan goiters (gondok). Hormon-hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid adalah : Thyroksin, Triiodotironin, dan Kalsitonin.

1.  Thyroksin merupakan untuk metabolisme tubuh baik metabolisme karbohidrat, protein maupun lipid.
2.   Triiodotironin merupakan bahan baku thiroksin dengan syarat harus ada ion iodium yang berasal dekat laut atau hasil dari laut seperti ikan, garam yang beriodium.
3.  Kalsitonin berfungsi untuk menurunkan kadar calcium (ion Ca2+) dalam darah agar disimpan pada tulang.

Kerja yang sesungguhnya adalah hormon triiodotironin karena dijaringan tiroksin diurai menjadi triiodotironin. TSH (Thyrosomatotropic Hormone) merupakan hormon yang merangsang produksi tiroksin dengan melalui mekanisme umpan balik negatif. Jika tidak terjadi keseimbangan dalam pengadaan mekanisme tersebut, maka akan terjadi gangguan diantaranya hipotiroid yaitu kekurangan produksi hormon tiroid karena asupan iodine/ iodium kurang. Selain itu bisa menyebabkan hipertiroidisme yaitu kelebihan produksi hormon tiroid disebabkan oleh tumor kelenjar tiroid.
gambar letak kelenjar tiroid

pembengkakan kelenjar tiroid

penyakit gondok

ARTIKEL YANG BERKAITAN