Makanan yang Disukai Rasulullah SAW

Advertisement
1. Daging Ayam
Dari Abu Musa al-Asy^ari RA berkata : Saya pernah melihat Rasulullah SAW makan ayam (HR. al-Bukhari)

2. Daging Burung
Safinah RA meriwayatkan : Aku pernah memakan daging burung hubara bersama Rasulullah SAW.
(HR. Abu Daud dan al Tirmidzi)

3. Daging Kelinci
Dari Anas ibn Malik RA, berkata : Ketia kami berada Marr al-Zhahran, kami mengejar seekor kelinci sampai berhasil menangkapnya, saya membawa kepada Abu Thalhah yang memotong dan menghadiahkan kedua pahanya kepada Rasulullah SAW, maka Rasulullah SAW menerimanya. (HR. al-Bukhari dan Muslim)

4. Daging domba
Jabir ibn Abdillah RA meriwayatkan : Suatu hari, Rasulullah SAW keluar rumah, saya ikut menemani Beliau. Rasulullah SAW mendatangi seorang perempuan dari golongan Anshar. Perempuan itu menyembelih domba dan Rasulullah memakannya, kemudian perempuan itu menyuguhkan sepiring kurma matang, Rasulullah pun memakannya. Setelah itu, Rasulullah SAW berwudhu untuk melaksanakan shalat Dzuhur, lalu pergi. Perempuan yang sama tadi mendatangi Rasulullah dengan membawa sisa olahan daging domba dan Beliaupun memakannya. Kemudian shalat Ashar tanpa berwudhu terlebih dahulu. (HR. al-Tirmidzi)

5. Bagian paha
Abu Hurairah RA meriwayatkan : Rasulullah SAW pernah disuguhi daging. Bagian kaki (dari daging itu) diberikan kepada Beliau. Rasulullah SAW menyukainya, maka Beliau menggigit daging itu (HR, al-Bukhari dan Muslim)

6. Daging bakar
Rasulullah SAW diriwayatkan oleh beberapa sahabat bahwa Beliau senang makan daging bakar. bahkan beberapa riwayat menjelaskan bahwa Rasulullah SAW dan sahabat-sahabatnya makan daing bakar di Masjid.

Abu Rafi^ berkata : Saya bersaksi bahwa saya biasanya menyiapkan daging bakar/daging panggang buat Rasulullah SAW dan Beliau shalat sesudah memakannya tanpa berwudhu lagi. ( HR al-Tirmidzi dan Ahmad)

7. Hays
Hays adalah makanan yang terbuat dari kurma, mentega dan tepung.

Anas ibn Malik RA bercerita bahwa : Rasulullah SAW memerdekakan Sofiyyah kemudian menikahinya dan menjadikan biaya memerdekakannya sebagai mahar. kemudian Rasulullah mengadakan walimah pernikahannya dengan menyuguhkan makanan kepada tetamu diantara yang disuguhkan adalah Hays. (HR. al-Bukhari)

8. Tsufl
Tsufl adalah makanan yang terbuat dari tepung dan kurma.

Anas ibn Malik RA meriwayatkan : Rasulullah SAW sangat menyukai Tsufl (HR. al-Tirmidzi dan Ahmad)

9. Khabish

Al-Khabish adalah makanan yang biasa dimakan oleh orang Persia terbuat dari terigu samin dan madu.

10. Bubur
Ibnu Abbas berkata : Makanan yang paling disukai oleh Rasulullah SAW adalah bubur. (HR. Al Hakim)

11. Kurma

12. Buah labu
Anas ibn Malik RA meriwayatkan : Seorang tukang jahit mengundang Rasulullah SAW untuk makan makanan yang dibuatnya, lalu aku pergi bersama Rasulullah SAW (sewaktu makan) aku melihat Rasulullah SAW mencari-cari labu di sela-sela potongan roti (HR. al-Bukhari dan Muslim)

13. Buah Zaitun


14. Buah-buahan

Abdullah ibn Jafar ibn Abi Tholib, berkata : Saya pernah melihat Rasulullah SAW makan Rutob dan mentimun
(HR. al Bukhari)

Aisyah menceritakan bahwa : Rasulullah SAW suka makan Semangka dan Rutob.(HR. Abu Dawud dan al Tirmidzi)

 Semoga bermanfaat dan Dapat Diambil Hikmah-Nya .

ARTIKEL YANG BERKAITAN