Couchsurfing Lampung di Festival Petualang Nusantara 2015

Advertisement
Kegiatan Festival Petualang Nusantara 2015  disingkat FPN yang diadakan di pantai Guci Batu Kapal Kota Kalianda Kabupaten Lampung Selatan tepatnya pada tanggal 15-17 Agustus 2015, memberikan kesan yang luar biasa bagi para petualang terutama kami dari group Couchsurfing Lampung. selain itu juga kami bergabung dengan tim E-Benk (kepanjangannya : emak emak Bedeng  . ckckck ) yang pasti seru abis.. apalagi dengan adanya E-Benk, bikin peserta lain keiki.. xixixixixiix.. so peserta peserta yang lain tidak kalah asiknya.. and then  kita ulas dikit kegiatan yang baru saja kelas kemaren.... 

Kegiatan Festival Petualang Nusantara 2015 diselengaraakan oleh LareAngon Indonesia. LareAngon Indonesia merupakan perusahaan di Jogjakarta yang bergerak di bidang Outbound Provider serta penyedia layanan jasa kegiatan aktifitas alam terbuka ini bergerak bersama para pegiat alam bebas dari berbagai kota ikut serta dalam upaya melestarikan alam dan menggerakkan wisata Nusantara sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2015. 

Dalam kegiatan tersebut peserta mendapatkan banyak pengalaman dari berbagai rangkaian kegiatan selama 3 hari tersebut. setelah bergabung dan regestrasi, kemudian acara pembukaan, acara games pembuka selanjutnya peserta dibebaskan memilih kegiatan wawasan yang diminati.  Para narasumber memberikan wawasan pengalaman, berdiskusi dan berbagi dengan peserta FPN. Semua narasumber menginap di area FPN, jadi jika kurang  mendapatkan materi atau tidak berkesempatan ikut kegiatan wawasan karena pilihan lain masih dapat berinteraksi dengan para narasumber sehingga suasana kekeluargaannya sangat kental sekali (Indonesia gituu lohhh). berikut ini narasumber yang memberikan wawasan kepada peserta FPN: 
1. Snake Handling Training (Yayasan Sioux Ular Indonesia)
2. Program Riset dan naik Pohon (TCI – Tree Climbing Indonesia)
3. Jurnalistik Petualang (Rizal Bustami)
4. Fotografer Petualang (Don Hasman)
5. Dokumenter Petualang (Dody Djohanjaya)
6. Jumpa Fans Jejak si Gundul Trans7
7. Travel Writer (Teguh Sudarisman)
8. Komunitas Paralayang dan Paramotor ( Papatong, Fly and Play)
9. Sharing pembuatan Unit solar cell sederhana

Selanjutnya acara malamnya diisi Musik Akustik Alam (spontanitas peserta, narasumber, panitia) : anggota couchsurfing Lampung tampil juga dunkk.. dengan akuistik tunggal dari Delta (sang Ambasador CS lampung), sooo  yang pastinya anak CS juga ikut bergoyang hebohh dengan raggie- yang dibawakan oleh lareAngon Band. selanjutnya acara malam itu pemutaran film petualangan dengan layar tancap di lapangan utama, dilanjutkan talkshow bersama semua tokoh petualang dan diskusi tanya jawab seputar kegiatan petualang hingga menjelang istirahat malam.

pada keesokan harinya acara diisi dengan kegiatan petualangan pilihan. Peserta memilih satu kegiatan petualang yang disiapkan panitia yaitu :
1. Fun orienteering, pengenalan survival dan pendakian Gunung Rajabasa Start jam 08.00 – 16.00 WIB (tidak sampai puncak, pendalaman materi orieentering dan survival).
2. Fun cycling susur pantai sejauh 27 - 30 KM (on the road).  
3. Snorkling di pantai (latihan dasar free dive) di pantai Guci Batu Kapal.  
4. Herping / pengenalan habitat ular oleh tim SIOUX di sekitar pantai dan Host
Jejak si Gundul
5. Trekking fotografi bersama nara sumber
6. Liputan Travel Writer bersama narasumber  
7. Diving (tentative sesuai minat, ada biaya khusus)

Kemudian kegiatan menjelang sore diisi Lomba Tradisional Hari Kemerdekaan :
1. Lomba permainan tradisional. Peserta membentuk tim dengan pendaftaran saat pelaksanaan. Satu tim 3 orang bebas. Ada 4 tahap permainan yang akan diselesaikan dengan metode eliminasi permainan tersebut dimulai dari lari balon, lari kelereng, selanjutnya makan kerupuk dan mengabil koin di semangkat. dari hasil lomba 3 tim terbaik saat final permainan adalah dari tim Couchsurfing Lampung dan E-benk (luar biasa). Juara 1 mendapat souvenir dari Eiger.
2. Lomba Rally Foto merupakan lomba perseorangan diberikan tema : hijau. Peserta dapat mengambil foto dengan kamera bebas, selama waktu yang ditentukan  Satu peserta maksimal mengumpulkan 2 buah foto original hasil jepretan sendiri. Pemenang juara 1 dalam lomba ini kembali dari group Couchsurfing Lampung atas Fahmah.. (congrat ya bro) dengan mendapatkan hadiah dari Eiger Adventure. 

Berikut ini vedio yang sempat saya buat walau hanya sebagian kecil.. 


Pada malam harinya diisi oleh kegiatan Festival Aksi Muda Nusantara (musik, performance peserta)
• Pemutaran film singkat dokumenter FPN 2015 
• Musik Alam
• Api Unggun & barbeque jagung
• Pembagian doorprice
hingga saatnya tidur malam. 

Kegiatan hari ke 3 diisi dengan terbagi 3 kelompok  Pendakian ke Gunung Rajabasa, Penyeberangan ke Anak Krakatau dan di Pantai Guci Batu Kapal. waktu ini saya mengambil acara di Penyeberangan ke Anak Krakatau dan Upacara Hari Kemerdekaan RI dengan lokasi Gunung Anak Krakatau. 

Acara selesai, penutupan, bongkar tenda dan pulang naik truck.. seruuuu.. Sayonara... salam petualang ..... semoga bisa bergabung lagi tahun depan.. 






ARTIKEL YANG BERKAITAN