loading...

Sunday, October 4, 2015

Tabebuya : Mekar dimusim Kemarau

Ada kesan tersendiri ketika melewati jejeran pohon tabebouya, yaitu teringat lirik lagu yang sering saya nyanyikan tetang perjalanan kisah asmara... cuit cuit... yuhuu tabebuya merupakan tumbuhan pohon yang banyak digunkaan sebagai tanaman hias. tanaman dengan nama ilmiah Tabebuia chrysantha banyak ditanam dijalan-jalan atau di taman.  yang lebih uniknya tumbuhan ini saat musim kering atau kemarau malah memperlihatkan keelokannya dengan bersemi yang cantik, warna kuning yang eksotik bemekaran ditempat-tempat yang saya temui. 

Kota Metro salah satu kota yang paling banyak saya temukan tanaman tabebuya, disepanjang jalan sudirman, yang merupakan jalan utama di kota Metro, di jalan ini kita akan banyak menemukan tanaman tabebuya. tanaman yang secara diskripsi sebagai berikut ini : 

Tabebuya bunga Kuning (Tabebuia chrysantha)

Klasifikasi
Kingdom         : Plantae 
Subkingdom    : Tracheobionta 
Super Divisi    : Spermatophyta 
Divisi               : Magnoliophyta 
Kelas               : Magnoliopsida  Sub
Kelas               : Asteridae
Ordo                : Scrophulariales
Famili              : Bignoniaceae
Genus              : Tabebuia
Spesies            : Tabebuia chrysantha

Nama Lokal  : Tabebuya

Deskripsi : Biasanya disebut dengan Pohon Terompet, atau Trumpet Tree. Termasuk jenis pohon yang berbunga dan setiap jenisnya memiliki tinggi yang berbeda-beda, dari mulai 5 meter sampai yang mampu mencapai 50m. Memiliki daun berbentuk majemuk sebanyak 3 – 7 helai pertangkai. Bunga pohon Tabebuia memiliki panjang 3 -11 cm, berbentuk terompet dan bergerombol. Setiap spesies pohon Tabebuia memiliki warna yang berbeda-beda, saat ini warna yang banyak dikenal adalah putih, pink muda, kuning, kuning ke-orange-an, magenta, pink tua, dan ada yang merah.

Buah yang dihasilkan Tabebuia berbentuk tabung mengerucut dengan panjang antara 10-50 cm, dengan jumlah biji banyak setiap buahnya. Setiap bijinya memiliki sayap yang berfungsi untuk membantu penyebaran tumbuhnya dengan bantuan angon saat buah terbelah. Secara alamiah, musim bunga Tabebuai biasa terjadi di saat musim kemarau hingga menjelang musim hujan.
   

Manfaat : Tanaman hias dan Mampu bertahan hidup dalam kondisi kering

tabebuya yang sedang mekar 

pohon tabebuya

thumbnail
Judul: Tabebuya : Mekar dimusim Kemarau
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Botani, Novel / Cerita Pendek / Fiksi :

4 komentar:

  1. Sejak pertamakali liat bunga ini wihhh langsung jatuh hati gan... apalagi pas waktu gowes trus di sisi jalan berjejeran pohon ini yg lagi berbunga ... wawooowwww

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz