SILAHRAHMI KE SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) WIYATA DARMA METRO LAMPUNG

Advertisement
Kegiatan kuliah lapangan mata kuliah genetika lanjut mahasiswa pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro Berkunjung ke SLB Wiyata Darma Kota Metro, sekolah yang sudah lama berdiri sejak tahun 89 terletak di pusat kota Metro menyambut kita dengan ramah dan penuh kekeluargaan. Kegiatan selama kurang lebih 3 jam. Berinteraksi dengan siswa di sekolah tersebut memberikan pengalaman yg luar biasa. Mengamati kegiatan belajar disana dari berlatih menari, belajar dikelas hingga menyaksikan hasil karya dari lukis dan batik. 

Dari infomasi kepala sekolah bahwa Di sekolah tersebut menerima 2 jurusan yaitu tuna rungu wicara dan tuna grahita. 3 kategori tuna grahita = mampu didik, mampu latih, mampu rawat. Pebiayaan untuk sekolah di SLB sangat amat murah bahkan tidak bayar jika dapat biasiswa, biayanya hanya 60 rb per bulan. Asumsi saya selama ini jika sekolah SLB mahal ternyata itu salah. Jadi sangat rekomendasi sekali bagi keluarga yang memiliki anggota keluarga yang ada kebutuhan khusus.

Kita berkunjung ke sekolah yang cukup luas dan kita berinteraksi langsung dengan siswa dan guru. Tehnik belajar di sekolah tsb tentunya ada metode tersendiri sesuai dengan kebutuhan siswa. Kebutuhan tsb anatara lain untuk di kelas tuna rungu di desain ruangan dan meja yg khusus, mejanya di buat setengah lingkaran dan guru posisi di depan atau di tengah, siswa tuna rungu melihat dari gerak bibir kita, materi bukan dari guru tetapi dari siswa sendiri yang bercerita dan siswanya diperbanyak pengalaman di luar misalnya rekreasi, serta siswanya akan banyak bercerita dengan sesama teman.

Hasil karya siswa dapat kami nikmati yaitu pintar menari, karya lukis, batik dan lainnya. Karya tersebut tidak kalah dengan karya karya siswa di sekolahan umum.
Pengalaman dari salah satu guru selama mengajar di sekolah tsb kunciinya adalah   ikhlas dan melaksanakan apa yang dibutuhkan oleh siswa siswa disana.
Pengalaman yang mengharukan begitu membuat semakin menambah rasa besyukur dan cinta bersama. Semoga kita menjadi lebih baik.  

Sambutan dari kepala sekolah SLB Wiyata Dharma dan Ketua Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Muhammadiyah Metro 

Kegiatan Latihan Menari Siswa 

Foto Bersama siswa SD Tuna Rungu Wicara 

Pemberian Kenang-Kenangan ke Pihak sekolah Dari Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro

Foto-foto yang lain kegiatan siswa SLB Wiyata Darma Kota Metro yang lain KLIK SINI 



ARTIKEL YANG BERKAITAN