Makanan yang Harus Disiapkan Para Pendaki Gunung

Advertisement

Info yang saya dapatkan yg dishare teman backpacker di group backpacker tentang hal yang perlu dipersiapkan oleh para pendi gunung, yuk kita simak.. maaf jika copas karena saya tid tau sumbernya darimana.

Pendaki merupakan aktifitas yang dikategorikan sebagai kegiatan yang berat dan membutuhkan stamina yang prima. Banyak diantara pendaki pemula kadang meremehkan atau bahkan bingung menyiapkan makanan apa yang harus dipersiapkan selama kegiatan berlangsung. Tidak sedikit para pendaki hanya mengandalkan makanan instan selama berada di ketinggian.
Agar kondisi tubuh fit selama mendaki, maka kita harus menjaga asupan makanan agar energi yang kita butuhkan dapat terpenuhi dengan baik. Kamu harus dapat menyiapkan santapan apa saja yang dapat dinikmati selama perlajanan. Makanan cepat saji dapat menjadi andalan untuk memenuhi energi yang terkuras selama pendakian.
Perlu kamu simak >> 5 Penyakit Gunung yang biasa menyerang Pendaki
Makanan Cepat Saji untuk Pendakian
Madu
Nutrisi-nutrisi penting banyak terkandung pada madu. Nutrisi ini dapat menjaga daya tahan tubuhmu selama menghadapi kondisi yang tidak menentu. Dengan mengkonsumsi madu maka stamina tubuh akan meningkat untuk menghadapi sulitnya medan dalam pendakianmu.
Coklat Bar
Coklat mengandung cukup kalori dan dapat mengenyangkan perut. Coklat juga mengandung senyawa phenethylamine yang bisa meningkatkan hormon endorfin dalam tubuhmu sehingga tubuh merasa lebih tenang dan rileks. Namun jika kamu memiliki sakit maag, makan coklat tidak direkomendasikan karena coklat justru akan memancing asam lambungmu makin naik.
Roti
Berbagai macam roti terutama roti gandum sangat baik untuk konsumsi selama pendakian dengan karbohidrat dan serat yang tinggi tentu akan menjadi sajian yang cepat dalam keadaan darurat. Roti juga banyak variannya sehingga kamu dapat memilih roti apa saja yang kamu bawa sebagai bekal selama perjalanan. Roti tawar, roti isi, roti sisir dll sangat cocok untuk mengatasi perut saat keroncongan dengan cepat.
Sereal
Sereal juga mengandung karbohidrat yang cukup untuk kebutuhan energi selama mendaki. Selain karbohidrat kandungan lain sereal adalah protein, serat, lemak dan vitamin. Kamu hanya perlu menambahkan air panas maka sereal siap disantap. Sereal juga tidak banyak makan tempat untuk dibawa-bawa dan relative sangat ringan dalam penyimpanan.
Biskuit
Biskuit adalah salah satu logistik yang sangat praktis dan ringan untuk dibawa. Jika darurat sambil istirahat biskuit dapat dinikmati bersama rombongan untuk berbagi. Kini makin banyak varian biskuit yang beredar dipasaran mulai dari wafer, crackers, biskuit dengan varian rasa dll.
Bubur Instan
Makanan ini juga sangat praktis, dengan diseduh air hangat dan menunggu beberapa saat maka bubur instan segera dapat dinikmati. Dengan varian rasa yang bermacam-macam tentu akan makin menggugah selera makan.
Mie instan
Ini adalah salah satu favorit para pendaki saat digunung. Selain mudah, mie instan sudah sangat familier di lidah dan di perut orang Indonesia. Hanya butuh waktu beberapa saat untuk memasaknya maka santapan rakyat Indonesia ini asyik dinikmati bersama maupun sendiri-sendiri.
Memasak saat Mendaki
Makan adalah hal yang tidak dapat kamu tinggalkan terutama di gunung. Dengan makan stamina akan pulih, tubuhmu akan direcoveri oleh asupan makanan. Dengan makan kita dapat menghindari hal yang tidak diinginkan selama mendaki, antara lain: masuk angin, sakit sampai hipotermia.
Tapi tahukah kamu, makanan instan seperti diatas kadang tidak mengenyangkan bagi sebagian orang, dan hanya sebagai pengganjal perut sementara. Orang tidak akan kenyang jika tidak “makan besar” selama perjalanan. Tetapi untuk makan besar kamu butuh bahan makanan yang harus dipersiapkan sebelum perjalanan. Kadang makanan rumahan dapat menjadi hal wajib saat makan besar itu.

Berikut beberapa bahan makanan yang dapat kamu bawa selama pendakian:
Beras
Kebanyakan Orang Indonesia merasa tidak makan jika belum makan nasi. Beras tentu jadi bahan pokok yang harus tersedia. Hanya saja butuh manajemen khusus untuk memasaknya. Karena beras butuh air agak banyak dan waktu yang tidak sebentar untuk memasaknya.
Telor
Kedengarannya aneh bagi pemula, namun telor akan jadi sumber protein yang baik selama mendaki. Butuh penanganan khusus dalam membawa telor agar tidak pecah saat dipacking, kamu dapat membungkusnya satu persatu kemudian menyimpannya dalam nesting dan isi sela-sela telor dengan beras atau potongan kertas koran maka akan dijamin aman.
Sayuran
Sayuran dapat menambah cita rasa masakan kita. Kamu dapat menyiapkannya, yaitu: wortel, kentang, cabe, sayuran hijau, buncis dll. Rancang masakan apa yang akan dimasak, misal: sop, tumis, capcai dll
Buah
Buah juga sangat segar dinikmati sembari istirahat. Pilihlah buah yang tidak mudah busuk agar mudah saat dibawa.
Makanan Kaleng
Seperti tuna kaleng, sarden, cornet, sosis atapun berbagai macam makanan kaleng yang kini mulai tersedia dalam bentuk kaleng dapat menjadi alternative menu selama perjalanan.
Itu adalah Makanan yang cocok untuk bekal mendaki. Masih banyak bahan makanan yang dapat kamu bawa, itu semua tergantung kreatifitas dan manajemenmu untuk menghidangkannya. Dengan makin variatif menu makanan yang kamu bawa, maka perjalananmu akan makin asyik dan kamu jadi makin betah untuk menikmati petualangan.

ARTIKEL YANG BERKAITAN