loading...

Sunday, May 29, 2011

Pengertian Penyakit Katarak dan Gejala Katarak dan Pengobatan

Penyakit Katarak adalah suatu kondisi dimana lensa yang terletak didalam mata berubah menjadi keruh, hal ini akan menghalangi masuknya cahaya ke dalam bola mata sehingga mengakibatkan penglihatan terganggu.

Katarak tidak perlu menimbulkan ketakutan dan kegelisahan. Secara normal merupakan bagian dari proses ketuaan yang merubah gambaran fisik dari lensa. Katarak biasanya dijumpai pada orangtua, tetapi dapat juga terjadi segera setelah kelahiran. Katarak juga dapat dihubungkan dengan penyakit tertentu misalnya diabetes atau pasca trauma.

Keluhan dan gejala penyakit Katarak 
Pada umumnya penderita mengeluh penglihatannya semakin lama semakin kabur, tidak dapat dikoreksi dengan kacamata. Mata tidak tampak merah, tidak merasa sakit, silau dan bila melihat sesuatu seperti sedang melihat dari balik tirai atau kelambu.

Penanganan Katarak 
Sampai saat ini penanganan yang terbaik adalah dengan tindakan operasi. Operasi dapat ditunda sesuai dengan kebutuhan pasien sampai penglihatan sangat terganggu dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Operasi katarak umumnya berhasil baik dan penderita mendapat perbaikan tajam penglihatan. Setelah lensa yang buram itu dapat disingkirkan, diperlukan sebuah lensa pengganti yang bekerja untuk memfokuskan sinar agar jatuh di retina. Oleh karena itu rehabilitasi penderita katarak adalah dengan memakai kacamata afakia, lensa kontak atau pemakaian lensa tanam. Operasi katarak yang selama ini dilakukan disebut Operasi Katarak Ekstra Kapsuler yang secara teknis memerlukan luka operasi yang cukup lebar karena harus mengeluarkan lensa secara keseluruhan.

PETUNJUK UMUM PASKA PROSEDUR LASIK / iLASIK / LASEK / EPI-LASIK
Setelah menjalani operasi LASIK/iLASIK/LASEK/EPI-LASIK, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Petunjuk-petunjuk di bawah ini hendaknya dibaca dan dipahami.

24 jam pertama setelah operasi
• Jangan menggosok mata
• Tidak boleh membasuh muka
• Tidak boleh memakai "make up"
• Diluar rumah gunakan kacamata yang diberikan
• Gunakan kacamata pelindung khusus pada malam hari

Tiga hari setelah operasi
• Tetap jangan menggosok mata
• Tetap pakai kacamata atau "sun glasses" bila bepergian
• Tetap gunakan kacamata pelindung pada malam hari selama satu minggu
• Kalau mata terasa sakit, boleh memakai obat penghilang rasa sakit

Satu minggu setelah operasi
• Jangan menggosok mata
• Dilarang memakai "make up" pada kelopak mata
• Tetap pakai kacamata atau "sun glasses" kalau berpergian
• Malam hari tetap gunakan kacamata pelindung khusus
• Lindungi bola mata dari percikan air dan shampo
• Tidak boleh berenang atau pergi ke spa
Dua minggu setelah operasi
• Jangan menggosok mata
• Pakai kacamata gelap (sunglasses)
• Lindungi mata dari debu dan kotoran
Obat yang digunakan setelah operasi

Cara pemakaian obat tetes
• Cuci tangan sebelum memakai obat
• Kocok dahulu sebelum dipakai
• Jangan sentuh ujung botol
• Buang botol setelah satu bulan

Efek samping sementara yang paling umum dirasakan pasien setelah operasi
LASIK
• Mata Kering (dry eyes)
• Silau
• Tajam penglihatan tidak stabil
• Penglihatan jarak jauh akan membaik lebih cepat dari penglihatan jarak dekat
(membaca)

Efek samping yang lebih jarang dirasakan pasien setelah operasi LASIK
• Peningkatan sementara tekanan bola mata
• Sebagian ukuran kacamata yang sudah dihilangkan oleh operasi LASIK bisa
kambuh kembali.
• Koreksi berlebihan sehingga mata menjadi rabun dekat (hipermetrop)
• Astigmat yang tidak beraturan (irregular astigmatism)
• Radang kornea steril
• Infeksi atau tukak kornea (sangat jarang)
Bila ada keluhan pada mata Anda paska prosedur ini, segera hubungi perawat

PETUNJUK PASCA OPERASI KATARAK FAKOEMULSIFIKASI
DENGAN BIUS TOPIKAL (TETES)
1. Setelah sampai di rumah obat tetes yang diresepkan boleh langsung dipakai.
2. Pada umumnya mata yang telah dioperasi tidak perlu dibalut, namun pada waktu tidur menggunakan pelindung mata (DOP) yang telah diberikan.
3. Anda diminta untuk menjaga agar mata yang dioperasi tidak terkena air  sampai dengan waktu kontrol ke dokter esok harinya. Selanjutnya dokter akan memberitahu apakah anda sudah diperbolehkan mencuci muka dengan bebas.
4. Mata yang dioperasi tidak boleh terpukul dan jangan digosok-gosok.
5. Segera setelah operasi kebanyakan pasien akan mengalami penglihatan
kabur dan mata berair selama kurang lebih 6 jam. Penglihatan warna pada umumnya akan mengalami gangguan selama satu atau dua hari setelah operasi.
6. Apabila dalam masa pemulihan penglihatan anda menjadi kabur kembali dan atau mata terasa sakit, anda harus segera datang ke Klinik Mata Nusantara terdekat untuk diperiksa oleh dokter yang ada.
7. Bila ada keluhan pada mata Anda paska operasi ini hubungi segera perawat

PETUNJUK PASCA OPERASI KATARAK FAKOEMULSIFIKASI
DENGAN BIUS LOKAL (SUNTIKAN)
1. Setelah operasi mata akan dibalut dan balutan boleh dibuka pada waktu kontrol ke klinik keesokan harinya.
2. Anda diminta untuk menjaga agar mata yang dioperasi tidak terkena air sampai dengan waktu kontrol ke dokter esok harinya. Selanjutnya dokter akan memberitahu apakah anda sudah diperbolehkan mencuci muka dengan bebas.
3. Setelah balut dibuka, bola mata mungkin akan merah dan kelopak mata mungkin akan berwarna biru. Tanda-tanda ini umumnya akan hilang setelah satu minggu. Penglihatan warna umumnya akan  mengalami gangguan selama satu atau dua hari setelah operasi.
4. Obat tetes baru digunakan setelah balutan dibuka.
5. Apabila dalam masa pemulihan penglihatan anda menjadi kabur kembali dan atau mata terasa sakit, anda harus segera datang ke Klinik Mata Nusantara terdekat untuk diperiksa oleh dokter yang ada.
6. Bila ada keluhan pada mata Anda paska operasi ini hubungi segera perawat

PETUNJUK UMUM PASCA SUNTIKAN AVASTIN/LUCENTIS
INTRAVITREAL
1. Selama satu atau dua jam setelah tindakan, penglihatan anda mungkin akan terasa agak kabur dan mengganjal. Obat tetes yang diberikan akan mem bantu menghilangkan rasa ganjalan ini.
2. Selama satu atau dua hari setelah tindakan, anda mungkin akan melihat bayangan seperti awan atau sarang laba-laba. Bayangan ini adalah obat yang disuntikan dan tidak berbahaya.
3. Pada waktu dilakukan suntikan kadang-kadang ada pembuluh darah kapiler dipermukaan mata yang mengalami perdarahan. Perdarahan ini bisa menyebabkan warna merah pada mata dan tidak berbahaya. Biasanya akan hilang dalam waktu satu atau dua minggu.
4. Setelah suntikan intravitreal umumnya pasien tidak perlu kontrol keesokan harinya dan tidak ada larangan untuk kegiatan normal termasuk mandi, cuci muka dll.
5. Apabila dalam masa pemulihan penglihatan anda menjadi kabur kembali dan atau mata terasa sakit, anda harus segera datang ke Klinik Mata Nusantara terdekat untuk diperiksa oleh dokter yang ada.
6. Bila ada keluhan pada mata Anda paska prosedur ini hubungi segera perawat

PETUNJUK UMUM PASKA PROSEDUR LASER INDIRECT
OPTHALMOSCOPY (LIO)
1. Tindakan laser retina dengan menggunakan indirect ophthalmoscope (LIO) biasanya dikerjakan dengan bius lokal (suntikan). Karena itu mata harus dibalut selama 12 jam setelah tindakan untuk menghindari komplikasi akibat pembiusan lokal.
2. Setelah 12 jam balutan boleh dibuka sendiri dan pasien sudah diperbolehkan mencuci muka dengan bebas.
3. Setelah tindakan, mata anda mungkin akan mengalami pembengkakan dan kulitnya berwarna merah atau biru akibat suntikan. Biasanya pembengkakan ini akan hilang dalam waktu satu minggu.
4. Pada umumnya setelah LIO pasien tidak perlu kontrol kembali ke dokter pada keesokan harinya.
5. Bila ada keluhan pada mata Anda paska prosedur ini, segera perawat jaga

PETUNJUK UMUM PASKA OPERASI RETINA
1. Tergantung jenis operasi retina, ada kemungkinan bahwa mata anda akan merah dan bengkak setelah operasi. Bengkak umumnya akan berkurang setelah satu minggu, akan tetapi warna merah pada mata bisa bertahan lebih dari tiga bulan. Biasanya mata pasien pasca operasi retina harus dibalut selama satu minggu.
2. Apabila mata anda diisi gas pada waktu operasi, anda akan diminta untuk mempertahankan posisi tengkurap. Posisi tengkurap harus dipertahankan terus menerus kecuali waktu ke kamar mandi atau sedang makan.
3. Anda tidak diperbolehkan naik pesawat terbang selama ada gas di dalam mata.
4. Apabila mata anda diisi minyak silikon pada waktu operasi, umumnya tidak ada larangan naik pesawat terbang dan tidak perlu tengkurap. Silikon biasanya harus dikeluarkan dari mata setelah kurang lebih tiga bulan.
5. Balutan tidak boleh dibuka sampai keesokan hari saat kontrol ke dokter. Setelah diperiksa oleh dokter, mungkin anda diperkenankan untuk mandi tetapi harus hati-hati waktu cuci muka untuk menghindari cedera pada mata.
6. Apabila dalam masa pemulihan mata anda menjadi lebih sakit dari biasanya atau penglihatan anda tiba-tiba menjadi kabur kembali, anda harus segera datang ke Klinik Mata Nusantara terdekat untuk diperiksa oleh dokter yang ada.
7. Bila ada keluhan pada mata Anda paska operasi ini hubungi segera perawat jaga di:
 8. Kemungkinan terjadinya komplikasi setelah operasi retina cukup tinggi dibanding dengan operasi mata lainnya, sehingga penting untuk kontrol teratur ke dokter.

sumber : KLINIK MATA NUSANTARA
thumbnail
Judul: Pengertian Penyakit Katarak dan Gejala Katarak dan Pengobatan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Kesehatan, Penyakit :

1 komentar:

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz