Apa itu Penyakit Toxoplasmosis ? bagaimana dengan Toxoplasma gondii ?

Advertisement
Penyakit Toxoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan Toxoplasma gondiiBerikut ini adalah penyakit yang menyerang masyarakat, terutama masyarakat yang kurang peduli dengan kesehatan. sedari dini kita harus kenali berbagai penyakit dan penyebabnya karena dengan tau itu kita bisa menghidari dan mencegahnya. lebih parahnyaToxoplasma gondii ini bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Toxoplasma gondii menyerang hewan-hewan berdarah panah seperti kucing, babi, domba dan juga manusia.

Lingkungan kita yang sangat beragam, mau tidak mau kita pasti akan berkontak dengan lingkungan luar. Apalagi kita senaja memelihara binatang peliharaan, sudah banyak info bahwa binatang-binatang peliharaan juga bisa sebagai sumber penular penyakit. 


Penyakit Toxoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan Toxoplasma gondii.  toxoplasma adalah salah satu protozoa yang bersel satu, mikroba ini dapat hidup di tubuh inang.

Habitat Toxoplasma Gondii adalah ada hewan : anjing, kucing, tikus, burung, ayam, kerbau, sapi , babi, domba atau kambing. Penyakit ini dapat ditularkan kepada manusia. Manusia dapat terkena infeksi jika menelan ookista yang mencemari makanan atau dengan cara lain.

siklus hidup Toxoplasma gondii
dari hasil penelitian bahwa kucing dan kerbatnya filidae adalah hewan yang papling memungkinkan untuk berkembangnya siklus hidup Toxoplasma gondii. siklus hidup protozoa ini dimulai dari kucing yang memangsa tikus atau burung yang terinfeksi Toxoplasma gondii dalam bentuk bradyzoid terus berkembang menjadi takizoid atau ookista. manusia yang mengkonsumsi makanan yang mengadung ookista Toxoplasma gondii, akan mulai terinfeksi pada sel epitel dan berkembang di dalam tubuh. infeksi tersebut dalam menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening. 




 

Gejala Penyakit Toxoplasmosis : nyeri pada kelenjar limphe yang membesar, dapat disertai pneumonia, polimiositis dan miokarditis, serta limphafingitis. Jalannya penyakit akut atau menahun.

Cara penularan Penyakit Toxoplasmosis:
Daging mentah / kurang matang (kista)
Buah/ sayur mentah yg tidak dicuci bersih (ookista)
Kontak dengan benda yang tercemar (ookista)
Janin terinfeksi dari ibu (kista)

Hewan kucing merupakan tempat utama bagi kuman Toxo berkembang biak, sementara di tubuh hewan lain dan manusia hanya merupakan tempat perantara saja. Seekor kucing dapat menghasilkan 10 juta kuman Toxo setiap hari selama 2 minggu. Kuman ini dapat hidup lebih dari satu tahun di tanah atau tempat yang lembab, akan tetapi mudah mati jika disiram dengan air mendidih. oleh sebab itu harus selalu dihindari langsung terkena kotoran kucing. 

sumber : pondokinfo (dot) com

ARTIKEL YANG BERKAITAN