Pesan Sosial Dibalik Film Kartun Spongebob SquarePants

Advertisement

SpongeBob SquarePants merupakan sebuah serial film animasi / kartun dari Nickelodeon. film kartun ini pertama ditayangkan pada tahun 1999 di Amerika Serikat. film kartun ini dicipta oleh Stephen Hillenburg, seorang animator dan ahli biologi laut, film ini diterbitkan oleh perusahaannya yaitu United Plankton Pictures Inc. Seri kartun ini juga ditayangkan di Malaysia menerusi saluran Nickelodeon dan TV3, dan juga melalui saluran TV9 yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu.

Di Indonesia serial ini dipopulerkan pertama oleh lativi/TvOne, kemudian hak tayang acara-acara yang diproduksi oleh Nickelodeon dibeli oleh Global TV.

Para Pemeran dalam film kartun spongebob


 SpongeBob SquarePants adalah tokoh utama dalam kartun ini yang berbentuk spon berwarna kuning. Spongebob tinggal di dalam rumah berbentuk nanas di dalam laut. Dia juga memelihara seekor siput yang bernama Gary. Merupakan koki di Krusty Krab yang terkenal dengan makanannya Krabby Patty.

Squidward Tentacles adalah seekor gurita yang tinggal di dalam kepala Pulau Easter. Sangat benci pada Spongebob dan Patrick yang suka mengganggunya. Dia mempunyai seorang saingan yang juga seekor gurita bernama Squilliam Fancyson. Merupakan kasir di Krusty Krab yang pemalas, sangat menyukai dansa, dan sempat pindah rumah karena rumahnya dihancurkan Spongebob dan Patrick di salah satu episode.

Patrick Star adalah Teman akrab Spongebob yang berbentuk Bintang laut. Patrick tinggal di bawah batu. Patrick merupakan penduduk paling bodoh di Bikini Bottom.

Eugene H. Krabs (Tuan Krabs) adalah pemilik restoran Krusty Krab yang hanya memikirkan soal uang (dia dikatakan sangat serakah dan pelit). Spongebob dan Squidward bekerja kepadanya.

Sandy Cheeks (Sandy si Tupai)adalah seekor tupai yang tinggal di dalam laut. Sandy menyukai karate, dikatakan suka meminum saus yang amat pedas dan juga aksi-aksi "stunt". Nama asli Sandy adalah Sandra "Sandy" Cheeks. Dia tinggal di sebuah kubah anti-air yang mempunyai sebatang pohon besar.

Gary adalah Seekor siput peliharaan Spongebob. Berbunyi seperti kucing dan merupakan siput yang bijak. Tidak suka kepada Squidward.

Sheldon J. Plankton adalah pemilik restoran Chum Bucket. Amat terobsesi dengan Krabby Patty sehingga sanggup mencuri resepnya (tapi tak pernah menang).
Larry Lobster adalah seekor udang karang yang sangat kuat. Kerap kali dapat dilihat di Goo Lagoon.

Pearl Krabs adalah seekor ikan paus yang merupakan anak Mr. Krabs. Amat menyukai hiburan dan berumur 16 tahun dalam episode "Whale of a Bhirtday".

Mermaid Man adalah merupakan salah seorang pahlawan super (yang sudah tua) di Bikini Bottom.

Barnacle Boy adalah Teman Mermaidman dan kurang menyukai Spongebob (dan juga gelarannya yang mengandungi "boy", padahal sudah cukup tua seperti Mermaidman).

Dirty Bubble adalah partner dari Man Ray. Merupakan musuh dari Mermaid Man dan Barnacle Boy. Wujudnya seperti Gelembung udara berwarna Cokelat.

Man Ray* adalah Merupakan Musuh terbesar dari Mermaid Man dan Barnacle Boy. Bentuk tubuh dan Wujudnya seperti Ultraman.
sumber ; wikipedia

Berikut sebagian kecil dari pesan sosial dari film Spongebob SquarePants

Ternyata tanpa disadari Film spongebob banyak kata-kata mutiara / pesan sosial yang patut kita contoh, tapi sayang mungkin banyak anak yang belum mengerti bahwa ada sesuatu makna dibalik film spongebob apalagi dari kata-katanya si Patrick.


1.Pengetahuan tidak dapat menggantikan persahabatan. Aku (Patrick) lebih suka jadi idiot daripada kehilanganmu (Spongebob)'


2. Spongebob: Apa yg biasanya kau lakukan... saat aku pergi? patrick : menunggumu kembali.


3. Saat sponge bob menjadi kaya dan melupakan patrick juga tmn2 spongebob yang kaya pergi dari spongebob, spongebob memohon kepada patrick, dan patrick berkata: 'kalau uang bisa membuatku melupakan sahabat terbaikku, maka aku lebih memilih untuk tidak punya uang sama sekali'


4. Saat patrick di fitnah mencuri jaring ubur2 nya spongebob,patrick berkata: ' Tak apa kawan.. aku mungkin hanya bintang laut yang jelek.. lebih baik aku pergi dari bikini bottom.. ini, ambil saja barang2ku.. tapi aku tak pernah mengambil jaring mu kawan..'

(Patrick dituduh nyolong jaring dan dia sabar aja)

5. Patrick berteriak : 'AKU JELEK DAN AKU BANGGA!!!


6. Kalau kamu memberitahukan rahasia kepada seseorang, maka itu namanya bkn rahasia lagi.


7. Pas spongebob mau masuk anggota jelly spotter.. terakhirnya patrick bilang: 'pemujaan yang berlebihan itu tidak sehat..'


8. Waktu itu ortu Patrick mau datang jenguk anaknya. Tapi Patrick takut dikatain bodoh sama ortunya. Demi Patrick, SpongeBob bela2in akting jadi orang bego biar ortu Patrick ga ngatain anaknya bego. Trus Patrick bilang ke SpongeBob: 'TEMAN ADALAH KEKUATAN'


9. Waktu patrick dianggap ada keturunan raja terus mulai ngambil barang2 milik orang lain, terus dia berkata: 'hidup itu memang tidak adil, jadi biasakanlah dirimu'..


10. Waktu spongebob mau les nyetir buat dapetin sim..'seharusnya kau belajar berjalan dulu nak, baru lah kau bisa berlari..'


11. Waktu episode yg si spongebob nyari spatula baru, terus dia dapet spatula yg emas (klo ga salah), tapi si spatula emasnya ga nurut sama si spongebob akhirnya dia balik pk spatula nya yg lama. trus si spongebob ngomong: 'Ternyata semua yg berkilau itu belum tentu emas'.

sumber Adhie Does RudolfRaphael

ARTIKEL YANG BERKAITAN