loading...

Monday, January 9, 2012

Cara Menghitung Siklus Haid / Mestruasi, Masa Subur dan Uji Kesehatan Vagina

Siklus menstruasi atau haid tidak sama pada setiap wanita. Meskipun rata-rata sekitar 28 hari, namun tapi ada juga yang 24 hari, 30 hari, bahkan 35 hari. Siklus yang nggak teratur itu biasa kok terjadi pada wanita yang baru saja mengalami menstruasi. Tubuh kita butuh waktu untuk melakukan penyesuaian pada kebiasaan baru. Jadi, bisa aja tuh siklus menstruasi kita adalah 28 hari selama 3 bulan, tapi tiba-tiba berubah pada bulan berikutnya, atau malah nggak menstruasi selama sebulan.

 Setelah beberapa tahun, siklus ini akan semakin teratur. Siklus menstruasi seorang wanita dihitung mulai dari hari pertama menstruasi atau datang bulan, sampai hari pertama menstruasi di bulan berikutnya. Jadi, kalau seorang wanita mengalami menstruasi pada tanggal 2 Mei, lalu yang berikutnya jatuh pada tanggal 31 Mei, maka siklus menstruasinya berlangsung selama 31 dikurangi 2, yaitu 29 hari. Jadi, biasakan untuk menandai kalender pada tiap hari pertama menstruasi, per bulannya. Selama menstruasi, darah dan lapisan yang terbentuk pada dinding rahim mengalir keluar lewat vagina, ternasuk juga sel telur yang mati karena nggak dibuahi oleh sperma. Lama berlangsungnya menstruasi berbeda-beda pada tiap wanita. Ada yang hanya 2 atau 3 hari, atau ada yang sampai 8 hari. Selama masih di bawah 15 hari, masih normal kok. Banyaknya cairan yang terbuang juga berbeda dari satu cewek ke cewek lain. Meskipun kita suka shock melihat banyaknya darah yang keluar, tapi sebenarnya itu wajar dan nggak bakal bikin kita jadi anemia (kekurangan darah).

Tepat pada hari terakhir menstruasi, tubuh kita mulai melepaskan hormon yang memerintahkan rahim untuk menerima sel telur baru dari ovarium. Rahim pun menyiapkan diri dengan kembali menebalkan dindingnya dengan darah dan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh sel telur agar bisa berkembang. Proses ini berlangsung sampai dengan hari ke-14 (ingat, hari ke-1 adalah hari pertama menstruasi kita). Tepat pada pertengahan siklus (kalau siklus kita 30 hari, berarti pada hari ke-15), dimulailah ovulasi. Ovulasi adalah pelepasan sel telur dari ovarium ke rahim melalui saluran yang namanya tuba fallopi. Selama beberapa hari (biasanya sampai hari ke-21), sel telur akan melakukan perjalanan menuju rahim, sambil menanti dibuahi oleh sperma. Saat inilah yang dikenal sebagai masa subur. 



Cara Menguji Kesehatan Vagina 

Berikut ini perlu untuk diketahuan banyak oleh wanita indonesia, Menurut Dr.Paul Summers dari Fakultas Kedokteran Universitas Utah, Amerika Serikat telah menyusun 3 tes sederhana untuk mendeteksi infeksi vagina stadium tinggi. Tes ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Tertulis dalam sebuah situs kesehatan, bahwa dengan tes sederhana ini, Dr. Summers dan koleganya secara tepat berhasil mengidentifikasi 41 dari 47 perempuan yang terkena infeksi vagina. Tingkat ketepatan tes ini sebesar 87 pasien. 


Tes 1 Periksalah vagina atau cairan vagina Anda. Jika baunya tidak sedap atau lain dari biasanya, itu pertanda gejala bacterial vaginosis (infeksi vagina yang disebabkan oleh bakteri)

Tes 2 Ambil setetes hydrogen peroxide (larutan 3 %). Larutan ini umumnya dijual di toko bahan kimia atau farmasi. Campur larutan dengan lendir vagina yang baru dan letakkan di atas kaca bersih. Jika campuran berbusa, berarti menunjukkan enzim katalase dalam sel darah putih yang sedang melawan infeksi bakteri pada vagina. Hal ini jelas menandakan tengah terjadi pada infeksi di vagina. 

Tes 3 Lakukan uji keasaman vagina untuk mendeteksi ada tidaknya infeksi jamur. Caranya dengan menyentuhkan kertas pH pada cairan vagina. Kertas pH bisa Anda beli di toko farmasi atau bahan kimia. Bila pH menunjukkan angka jauh kurang dari 7 pada skala pH, menandakan telah terjadi infeksi jamur karena lingkungan vagina yang terlalu asam


thumbnail
Judul: Cara Menghitung Siklus Haid / Mestruasi, Masa Subur dan Uji Kesehatan Vagina
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Kesehatan, Kesehatan Seks :

141 komentar:

  1. Malam...
    Sya mau tanya jika saya ini datang bulan pada tanggal 4 februari dan selesai pada tggl 11 februari tapi untuk bulan maret ini saya belum mendapat datang bulan lagi,,saya takut jika saya terjadi hamil karna saya telah melakukan mL dgn pacar saya

    ReplyDelete
  2. Malam
    Saya mau tanya??
    Saya berusia 15 tahun,saya pada bulan februari tanggal 4 saya datang bulan dan selesai pada tanggal 11 februari,di bulan maret ini saya belum mendapatkan tanggal bulan lagi,saya khawatir saya hamil karna saya telah melakukan hubungan badan dengan pacar saya
    Tolong infonya pd tggl berapa saya ini datang bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp dex hamil... Itu rejeki namanya 😄😄😄😄

      Delete
    2. Gpp dek.. Rejeki ituh 😄😄😄

      Delete
    3. Gak papa dex .. rejeki klau hamil 😀😀

      Delete
  3. Malam, sy ♏åΰ tanya nich...sy ibu rumah tangga berusia 40 tahun, pada tgl 15 maret 2013 sy mendapat haid dan berakhir tgl 15, lalu tgl 8 april 2013 sy sudah mendapatkan haid lagi, apakah ini normal? Sekian sebelum nya terima kasih....

    ReplyDelete
  4. buat ibu ade : klw dihitung jarak men ibu adalah jadi ibu tgl 8 april dikurang 15 maret adalah sekitar 23 hari. Rahim pun menyiapkan diri dengan kembali menebalkan dindingnya dengan darah dan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh sel telur agar bisa berkembang. Proses ini berlangsung sampai dengan hari ke-14. menurut saya normal saja selama tdk ada keluhan berarti.

    ReplyDelete
  5. Siang Dok, sy usia 27thn kurang 3bln, sy sdh menikah 6bln yg lalu. Siklus haid sy tdk tratur cm gejala yg sy rasakn muala,pusing, muntah dan gampang lelah.terakhir sy mens tgl 7april, sy TP tgl 7mei negatif. Yg mau sy tanya Dok, apakah sy perkiraan mgkn hamil? Dan kapan wkt yg tepat sy akn TP? Ats jwb'y Dok sblm trimaksah byk.

    ReplyDelete
  6. pak saya mau tanya kenapa masa menstruasi saya tidak oernah teratur tanggal nya bulan apri kemaren saya halangan tgl15 selesai tgl 21 kira-kira tanggal berapa saya mentruasi dibulan me ya pk

    ReplyDelete
  7. @nurul aini : kemungkinan diatas tanggal 5 bulan berikutnya. karena Rahim pun menyiapkan diri dengan kembali menebalkan dindingnya dengan darah dan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh sel telur agar bisa berkembang. Proses ini berlangsung sampai dengan hari ke-14.

    ReplyDelete
  8. Saya bian mau bertanya..
    Waktu bulan lalu saya dtg bulan tgl 23 april dan berakhir di awal bulan tepatnya saya lupa tgl berapa.dan sekarang saya belum dtg bulan lg.soal nya saya habis berhubungan badan.apakah saya hamil atau tidak yaa ?

    ReplyDelete
  9. Saya bian mau tanya dok,bulan kemaren saya drg bulan di tgl 23 april dan berakhir diawal mei tp saya lupa tglnya.dan bulan ini saya blm dtg bulan.krna saya habis berhubungan bdan.
    Apakah saya hamil atau tidak yaa dok.

    ReplyDelete
  10. klo haidnya ga tratur gtungx gmna ya,biasa aq dlam stu blan 2x dtg haid htgx gmn?

    ReplyDelete
  11. mau tanya ne dok, kalo bulan kemarin saya haid tgl 4 dan selesai tgl 10 brati bulan ini saya haid tgl brapa y dok

    ReplyDelete
  12. dok saya mau tanya ni bulan kemarin saya haid tgl 4 dan slesai tgl 10, kira kira bulan ini saya haid tgl brapa y

    ReplyDelete
  13. Mw tanya kalau haid tgl 6 juni siklus haid 24 hari (haid mei 12). Tgl suburnya kapan ya thx

    ReplyDelete
  14. mau nanya. kan bulan kemarin saya haid tgl 16 dan bualan sekarang tgl 21. berarti kalau mau mL nya tgl berapa dok?

    ReplyDelete
  15. nama sya rina, saya mens tgl 31 mei selesai tgl 5 juni. shbis hubungan dengan suami, saya blum mens lg. kra2 sya hamil g ya? saya bru nikah, terakhir berhubungan dan keluar sperma tgl 24 juni. mhon jwbn nya.

    ReplyDelete
  16. untuk semua : Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir,misalkan pola menstruasi seseorang dari Januari hingga April adalah 31 hari, 28 hari, 33 hari. Kemudian dibuat rata-ratanya. Karena rata-ratanya menghasilkan 31 hari, maka masa suburnya (ovulasi) akan terjadi pada 15-16 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.

    Perhitungan masa subur akan efektif bila siklus menstruasinya normal yaitu 21-35 hari. Jika istrii Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak normal, perhitungan menjadi tidak akurat dan kemungkinan besar gagal. Namun tidak ada salahnya jika mau mencoba.

    Untuk yang siklus menstruasinya tidak teratur dapat menggunakan data siklus menstruasi selama 6 bulan (6 siklus). Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus menstruasi dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus menstruasi dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Jika siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari. Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama menstruasi.

    ReplyDelete
  17. ass...
    saya mau nanya jika saya haid pada tgl 18 dan selesai tgl 25 lalu saya lupa suntik KB sampai tgl 28... apakah sel telur saya masih dalam keadaan subur apa tidak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar belajar baca lagi artikel saya diatas dengan seksama.. atau simak bacaan berikut ini

      Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir,misalkan pola menstruasi seseorang dari Januari hingga April adalah 31 hari, 28 hari, 33 hari. Kemudian dibuat rata-ratanya. Karena rata-ratanya menghasilkan 31 hari, maka masa suburnya (ovulasi) akan terjadi pada 15-16 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.

      Perhitungan masa subur akan efektif bila siklus menstruasinya normal yaitu 21-35 hari. Jika istrii Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak normal, perhitungan menjadi tidak akurat dan kemungkinan besar gagal. Namun tidak ada salahnya jika mau mencoba.

      Untuk yang siklus menstruasinya tidak teratur dapat menggunakan data siklus menstruasi selama 6 bulan (6 siklus). Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus menstruasi dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus menstruasi dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Jika siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari. Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama menstruasi.

      Delete
    2. Biar belajar baca lagi artikel saya diatas dengan seksama.. atau simak bacaan berikut ini

      Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir,misalkan pola menstruasi seseorang dari Januari hingga April adalah 31 hari, 28 hari, 33 hari. Kemudian dibuat rata-ratanya. Karena rata-ratanya menghasilkan 31 hari, maka masa suburnya (ovulasi) akan terjadi pada 15-16 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.

      Perhitungan masa subur akan efektif bila siklus menstruasinya normal yaitu 21-35 hari. Jika istrii Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak normal, perhitungan menjadi tidak akurat dan kemungkinan besar gagal. Namun tidak ada salahnya jika mau mencoba.

      Untuk yang siklus menstruasinya tidak teratur dapat menggunakan data siklus menstruasi selama 6 bulan (6 siklus). Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus menstruasi dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus menstruasi dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Jika siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari. Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama menstruasi.

      Delete
  18. ass...
    saya mau nanya jika saya haid pada tgl 18 dan selesai tgl 25 lalu saya lupa suntik KB sampai tgl 28... apakah sel telur saya masih dalam keadaan subur apa tidak???

    ReplyDelete
  19. ass...
    saya mau nanya jika saya haid pada tgl 18 dan selesai tgl 25 lalu saya lupa suntik KB sampai tgl 28... apakah sel telur saya masih dalam keadaan subur apa tidak???

    ReplyDelete
  20. hari ke 4 setelah akhir menstruasi bisa hamil ga dok?

    ReplyDelete
  21. tapi kalau saya siklusnya berbeda beda bos tiap bulannya, kadang malah sampai 2 bulah, kenapa ya?

    ReplyDelete
  22. Slmat sore dok... Sy dwie usia 28 sy analis kesehatan sudah menikah, slama pertama x mens smpai skrang slalu teratur..5hari maju dri mens sebelumnya, contoh blan agus 16 blan sept 11 n slalu sya catat, cuma kenapa blan ini sy belum mens y dok.. N sy tdk ada penundaan apapun, cma sy bingung dok..sharusnya sy mens tp tdk kq malah keluar keputihan ya dok, apa tu berbahaya..kta tmen sy tu jamur, tp stelah sya cek di urine jamur negatif dok, n sy mmg pgen skali penya momongan dok, trima ksih ya dok.. Mohon info nya

    ReplyDelete
  23. boleh tanya gak ? bulan agustus haid tgl 13 dan bulan oktober tgl 8 berati siklus haid nya brpa ?

    ReplyDelete
  24. Mlm
    Saya mau tny tgl 9 sep kmren sy haid selesai tgl 16,, tp. Bln oktober sy mlm dpet

    ReplyDelete
  25. kakak saya haid bln lalu taggal 13pktober..tp bln november skrg blm haid...gmn dok ?

    ReplyDelete
  26. Dok, saya mau tnya nih. Saya bru dpt menstruasi yg prtama kali bulan oktober hari kamis tnggal 24 kmrin umur syg 13 thn. Nah, skrg kn blan november apakah menstruasi kalo ini sama harinya dgn hari prtma sya menstruasi? Dan kira2 kenanya tanggal brp yah?

    ReplyDelete
  27. Saya mau tanya bln oktober sy mens tgl 26-29, bln ini tgl 14-17. Yg sy mau tanyakan bgmn cara menghitung masa subur saya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  28. Saya mau tanya bln oktober sy mens tgl 26-29 pd bln ini saya mens tgl 14-17. Yg saya mau tanyakan bagaimana cara menghitung masa subur sy. Terima kasih

    ReplyDelete
  29. maaf, saya mau tanya..jika ML pada masa akhir2 haid(tpi blm bersih) apa ada kmungkinan hamil? mhon jwabannya. trimakasih

    ReplyDelete
  30. Maaf dok saya mens bln 31 okt lalu bln brikutnya 24 nov tp smpai 22 des saya blm mens apa itu msh normal

    ReplyDelete
  31. Kaka,sy ingin tanya klo sy haid tgl 8 januari dan berhentinya tgl 16 januari,sy kpn haidny?? Soalny sekarang sy belom haid..
    Di mohon Jwb y.dok!^^

    ReplyDelete
  32. salam kenal dok, saya ika umur 27th sudah menikah 3th, saya dan suami pengen bgt cepet dapet baby, mau tanya cara menghitung masa subur gmn ya karena siklus mens ng lancar kamrin 3 bln ng mens trs tgl 28 jan-5 feb 2014 baru mens lagi, kira2 tanggal brp masa subur saya?trs gmn biar cepet hamil?terima kasih....

    ReplyDelete
  33. sore dok, sy gadis berusia 23 tahun. siklus haid sy kadang 22,kadang 25.kecuali pas lagi stress berat. 1 bulan bisa 2x haid.tapi hanya 1 bulan itu saja.bulan berikutnya normal lagi.saat ini saya sedang berobat dengan keluhan sakit perut bawah pusar disertai keputihan banyak seperti (maaf umbal) warna putih.kata dokter itu kuman yg bkin sakit.setelah minum obat dr dokter dalam, sakitnya hilang. setelah gak sakit obatnya sy hentikan. selang 1 hari sakitnya timbul lg tapi sedikit.lalu sy minumi lagi dan sembuh. kandungan saya nggak kenapa2 kan dok kalo seperti itu.?apakah ada kelainan menurut dokter? trmksh dok.jwbn dokter sgat membntu sy

    ReplyDelete
  34. Dok saya gadis umur 23 thn blm prnh melakukan ML,prtma haid tgl 12jan saya lpa berakhir sampai tgl brp
    sampai saat ini tgl 21 feb blm haid jga.
    Apakah ad yg tdk sehag dok?

    ReplyDelete
  35. Dok saya berusia 17 tahun bulan lalubsaya hais tgl 28 februari dan bulan maret ini saya belum haid lagi,, bagaimna apakah itu wajar atau bagaimna dok.

    ReplyDelete
  36. Dok saya berusia 17 tahun bulan lalubsaya hais tgl 28 februari dan bulan maret ini saya belum haid lagi,, bagaimna apakah itu wajar atau bagaimna dok.

    ReplyDelete
  37. Malam dok... mau bertanya
    Saya mahasiswi 19 tahun saya sering mengalami kejadian apabila saya menstruasi di tanggsl 27 februari dan selesai tanggal 3 atau 4 maret di bulan maret tuh ngak datang menstruasi dok apakah hitungan menstruasi saya jd hitungan untuk 2 bulan dok

    ReplyDelete
  38. Selamat pagi dok...
    saya berumur 19 tahun seorang mahasiswi, saya mendapatkan menstruasi tanggal 27 februari dan bwrakhir di tanggal 3 atau 4 maret
    nah dok untuk bulan maret saya belum datang, apakah bisa dikatakan halanfan saya yang aaya sebutkan tadi jadi menstruasi saya untuk 2 bulan y dok???
    Apakah beda penghitungan bulan februari dengan bulan2 lainnya?
    Saya butuh pencerahan dok

    ReplyDelete
  39. Malem dok , umur saya 22 tahun..sayaa punya 2 pertanyaan..
    1. Untuk bulan ini menstruasi saya kluarnya sedikit sekali dan berwarna hitam.. sama skali tidak sperti darah menstruasi yg berwarna merah.. Kira2 itu knp yaa dok ? Apa itu penyakit ? Sebelumnya saya tidak perna mengalami hal seperti itu..
    2. Saat menstruasi saya selalu mengalami nyeri haid yg brrlebihan, kadang smpek muntah dan brasa mau pingsan.. Saya terpaksa harus minum obat penghilang nyeri+kiranti.. Pertanyaan saya, apa itu bisa jadi tanda kemandulan ? Obat dan jamu yg saya minum apa itu ada efek sampingnya dok ?
    Trima kasihh.. tolong beri penjelasan.

    ReplyDelete
  40. Umur saya 22th, blm menikah .. saya punya 2 pertanyaan dok
    1. Darah menstruasi saya yg kluar bulan ini warnya hitam dan kluarnya sedikit skali.. padahal biasanya gak sperti itu.. Knpa yaa dok.. apa itu penyakit ??
    2. Setiap menstruasi saya saya selalu merasa nyeri yg berlebihan di perut bawah dan punggung, kdang smpek muntah2 dan brasa mau pingsan.. nyeri sperti itu apakah masi normal ? Ato gejala endometriosis ?
    Trima kasih sebelumnya, mohon penjelasannya..

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  42. malam dok
    mau tanya . umur saya 20 th . saya menstruasi tgl 6 april selesai tgl 13 april . nah tgl 23 april saya berhubungan dengan suami apa saya akan hamil . dan apa tgl 23 itu masa subur

    ReplyDelete
  43. pagi,
    saya haid tgl 1 april selesai tgl 6.
    berhubungan itim dengan suami saya mlm tgl 17.
    slma itu saya pusing dan sering mual. saya kira hamil? tgl 30 saya haid lagi.
    pertanyaan saya: kenapa belum bisa hamil, apa penyebabnya?? terimakasih

    ReplyDelete
  44. Pagii .
    Mau nnya nii ..
    Kalo dlm 1 bln sx menstruasi . Tapi sllu beda hari , pengaruh gak yah .
    Trus , saya kalo styap awal menstruasi sllu sakit bgt ..

    ReplyDelete
  45. Tepat pada hari terakhir menstruasi, tubuh kita mulai melepaskan hormon yang memerintahkan rahim untuk menerima sel telur baru dari ovarium.
    ======
    Maaf, sepertinya tulisan ini ngaco.
    Setelah menstruasi, bukankah harusnya masuk masa infertile alias tidak subur selama 14 hari, kenapa koq sudah langsung masuk masa subur?

    ReplyDelete
  46. Dok saya umur 11 tahun lebih 3 bulan,saya baru mendapatkan haid pertama kali tgl 31 mei 2014 kira- kira haid yang berikutnya tgl berapa ya dok?

    ReplyDelete
  47. Dok, umur saya 24 tahun, sejak masih belasan tahun saya tidak jarang terlambat datang bulan kadang hampir 1 bulan telatnya, saya jadi takut dok. Bulan juni ini saya haid tgl 5-10, juli 10-15, tapi bulan agustus sampek tanggal 22 kok belum haid. Saya juga gampang capek, jerawatan, badan sakit semua kalau sedang datang bulan. Yang saya tanyakan apakah siklus saya normal? Bagaimana cara siklus haid normal?

    ReplyDelete
  48. Dok, umur saya 24 tahun, sejak masih belasan tahun saya tidak jarang terlambat datang bulan kadang hampir 1 bulan telatnya, saya jadi takut dok. Bulan juni ini saya haid tgl 5-10, juli 10-15, tapi bulan agustus sampek tanggal 22 kok belum haid. Saya juga gampang capek, jerawatan, badan sakit semua kalau sedang datang bulan. Yang saya tanyakan apakah siklus saya normal? Bagaimana cara siklus haid normal?

    ReplyDelete
  49. Dok saya umur 28. Tgl 24 juli sy haid trs tgl 28-30 juli berhenti. Trs sy hubungn suami istri pd tgl trsbt tp tgl 1-5 agustus haid lg. Brti kira2 sy haid lg tgl brp y dok? Sy blm siap hamil lg. Mohon jwbnnya. Mksh...

    ReplyDelete
  50. hallo.,,nama saya lia,saya mau tanya klo mens satu bulan 2 kali apakah normal??

    ReplyDelete
  51. halo,nama saya lia,saya mau tnya,apakah mens satu bulan 2 kali apakah masih subur??

    ReplyDelete
  52. Cari uang online bersama Penivagi uangkan link anda bersama situs blog penivagi gratis.

    ReplyDelete
  53. Bulan desember saya datang bulan pd tgl 11-18, tapi sampai hari ini tgl 9 januari saya belum juga datang bulan.. Jadi sebenernya saya akan datang bulan tanggal berapa ya dok? Saya minta tolong penjelasannya..

    ReplyDelete
  54. Bulan desember saya datang bulan pd tgl 11-18. Sampai hari ini tgl 9 januari saya belum juga datang bulan lagi.. Sebenarnya saya akan datang bulan tgl berapa ya dok? Minta tolong penjelasannya dari dokter yaa..

    ReplyDelete
  55. Dok sy mau tanya.saya biasa halangan sekitar tanggal 11-15. Dan tanggal 1 bulan berikutnya saya berhubungan badan.apakah sy dapat hamil

    ReplyDelete
  56. Dok bulan kemarin saya haid tgl 24-31 tapi bulan ini saya belum haid, kira2 saya akan haid tanggal berapa ya ?

    ReplyDelete
  57. permisi dok saya wanita berumur 19 th, sya mau tanya dok kemarin saya menstruasi dibulan januari tanggal 4 januari sampai tanggal 10 januari, tapi pada tanggal 10 itu belum bersih dok dan saya melakukan hubungan badan apakah kemungkinan hamil dok dn kalo tidak tolong dok tanggal berapa lagi saya menstruasi dibulan ini dok. saya cemas dok mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
  58. permisi dok saya wanita berumur 19 th, saya mau tanya dok menstruasi saya bulan kemarin taggal 4-10 januari dok, tapi pas tanggal 10 itu masih belum bersih dok namun saya buat hubungan badan dok, apakah kemungkinan hamil dok karena bulan ini saya belom mendapat menstruasi dok, jika kemungkinan tidak dok tanggal berapa kira-kira saya menstruasi dok saya cemas dok. mohon bantuannya dok terimakasi

    ReplyDelete
  59. Saya wanita berumur 15 tahun awal haid saya umur 15 tahun pada bulan september tgl 11 udah lima bulan tida haid kembali kenapa ya ..

    ReplyDelete
  60. Dok saya haid tgl 28 januari sampe tgl 3 febuari , dan sekarang tgl 5 maret belum haid juga? Kira-kira tgl berapa saya haid lagi???

    ReplyDelete
  61. Dok saya haid tgl 28 januari sampe tgl 3 febuari , dan sekarang tgl 5 maret belum haid juga? Kira-kira tgl berapa saya haid lagi???

    ReplyDelete
  62. Dok sya mhasiswa 20 tahun.. 1 mei kmrin sya haid.. lalu skitar tgl 20'n mei sya haid juga.. dan tanggal 2 juni ini sya haid lagi.. sya takut ini tdk normal.. sya blum konsultasi ke dokter lain dan blum cerita ke ibu sya. Sya takut dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya ibu periksakan itu sdah tdk normal

      Delete
    2. Sebaiknya ibu periksakan itu sdah tdk normal

      Delete
  63. Dok saya haid tgl 4 smpai tgl 10, trus tgl 13 sudah ada haid lagi. Apa itu normal dok?

    ReplyDelete
  64. Dek umur saya 19 tahun bulan yang lalu saya haid tgl 26,tapi sampe sekarang blm haid lagi, apa pola makan yang berubah pas puasa menyebabkan terlambatnya siklus haid ya dok? Terimakasij

    ReplyDelete
  65. Dok saya wanita berusia 16 tahun .saya haid tgl 13 juni sampe tgl 18 .seharusnya saya haid nya lagi kapan dok? Sampe sekarang tgl 30 juli saya blm haid lagi dok , mohon bantuannya saya takut kenapa-napa .

    ReplyDelete
  66. Dok saya may tanya,saya terakhir haid tanggal 28 juli, sampe sekarang 28 agustus saya blum haid dok,jadi saya tanggal berapa haid lagi dok ?? Mohon di follow up dok

    ReplyDelete
  67. Kalau haid saya tanggal 31 juli sampai tgl 9 agustus..biasa mulai jarak 17 hari stelah suci.yaitu tgl 24 agsts
    Berarti interval haid saya berapa hari dok?

    ReplyDelete
  68. Artikelnya lengkap banget, mohon izin dijadikan bahan tulisan ya.

    ReplyDelete
  69. Selamat sore dol, saya mau tanya...
    Bulan lalu saya haid tgl 29 september, kemudian bulan ini saya haid tgl 3 oktober..
    Cara penghitungan siklus saya bagaimana ya dok ?
    Lalu, kira" masa subur saya di tgl berapa ya dok ?

    Terima kasih..

    ReplyDelete
  70. Siang. Saya mau tanya kapan masa subur saya.kalo saya haid siklusnya 24hari.haid tgl 22 sept. Haid lagi 16 okt.waktu yang tepat untuk berhubungan suami istri lagi kapan karena saya lagi program buat momongan.terima kasih. Balas ya dok.

    ReplyDelete
  71. Pagi dok, jika sudah ditest dan ternyata saya terkena infeksi vagina. Bagaimana penanganannya? Apa saya harus kedokter kandungan atau dokter kelamin?

    ReplyDelete
  72. Malam pak, saya usia 20 thn. Mau nanya, tahun ini saya sdh 2 kali tdk haid. Yg pertama bulan Mei dan yg kedua bulan November tadi. Apa itu normal ? Apa yg mempengaruhi secara detailnya pak ? Terus penanganannya gimana? Terima kasih

    ReplyDelete
  73. Malam pak, saya usia 20 thn. Mau nanya, tahun ini saya sdh 2 kali tdk haid. Yg pertama bulan Mei dan yg kedua bulan November, apakah itu normal ? Apa yg mempengaruhi terjadinya hal tsb ? Terus, gimana penanganannya pak. Terima kasih

    ReplyDelete
  74. Dok saya mau nanya jwab sgra ya dok soalnya sya prlu jwabannya...dok umr sya kn 14 nh mau jln 15 sy udh men tp men sya bru prtama kli bulan nya sya lupa...tp kt temen sya klo bru men prtama kli itu jrak men nya 3 bulan dlu bru tratur...ap itu bnr dok??

    ReplyDelete
  75. Siang dok...sya mau nnya jwb sgra ya soalnya sya prlu jwabn nya
    Sy bru brumur 14 jlan 15 dan sya juga bru prtama mens bln september atau oktober kl nggk slh dan itu mens prtama kli sya...dan syng blm mens2 smpe skrmg tmn sya bilng klo mens nya bru prtama kali jrak men nya 3 bulan bru tratur...ap itu bner dok??kl bner jlsin kl nggk jlasin ya

    ReplyDelete
  76. Dok saya mau tanya .. Saya berumur 15 tahun jalan 16 tahun .. Sayang bulan november halangan tanggal 7 sampai tanggal 14 .. Kira kira bulan desember saya halangan tanggal berapa ya dok ?

    ReplyDelete
  77. maaf mau nanya saya ananda. aku terakhir datang bulan itu pas tanggal 23 november. lalu kapan saya mengalami menstruasi nya lagi mohon dijawab

    ReplyDelete
  78. maaf mau nanya saya ananda. aku terakhir datang bulan itu pas tanggal 23 november sampai tanggal 28. lalu kapan saya mengalami menstruasi nya lagi mohon dijawab

    ReplyDelete
  79. sy mau tnya, misal sy haid pd hr ini tgl 25 januari, brarti msa sbur jtuh pd tgl brp ya? Trmksh sblm'y..

    ReplyDelete
  80. Asalammualaukum wr.wb
    Dokter saya mau bertanya:
    Nama saya nisa umur saya 14 tahun saya mengalami pertama kali haid tgl 25 desember 2015 berakhir tgl 31 desember 2015,, bulan januari saya haid pda tgl 25 januari 2016 berakhir tgl 30 januari 2016,, bulan febuari tgl 5 saya haid sedikit lalu besok tgl 6 saya cma haid sedikit besok tgl 7 tidak keluar menstruasinnya itu knp ya dok ??
    semikian dari saya mohon maaf jika saya salah kata trimakasih.
    Wasalammualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  81. Asalammualaukum wr.wb
    Dokter saya mau bertanya:
    Nama saya nisa umur saya 14 tahun saya mengalami pertama kali haid tgl 25 desember 2015 berakhir tgl 31 desember 2015,, bulan januari saya haid pda tgl 25 januari 2016 berakhir tgl 30 januari 2016,, bulan febuari tgl 5 saya haid sedikit lalu besok tgl 6 saya cma haid sedikit besok tgl 7 tidak keluar menstruasinnya itu knp ya dok ??
    semikian dari saya mohon maaf jika saya salah kata trimakasih.
    Wasalammualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  82. Asalammualaukum wr.wb
    Dokter saya mau bertanya:
    Nama saya nisa umur saya 14 tahun saya mengalami pertama kali haid tgl 25 desember 2015 berakhir tgl 31 desember 2015,, bulan januari saya haid pda tgl 25 januari 2016 berakhir tgl 30 januari 2016,, bulan febuari tgl 5 saya haid sedikit lalu besok tgl 6 saya cma haid sedikit besok tgl 7 tidak keluar menstruasinnya itu knp ya dok ??
    semikian dari saya mohon maaf jika saya salah kata trimakasih.
    Wasalammualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  83. Asalammualaukum wr.wb
    Dokter saya mau bertanya:
    Nama saya nisa umur saya 14 tahun saya mengalami pertama kali haid tgl 25 desember 2015 berakhir tgl 31 desember 2015,, bulan januari saya haid pda tgl 25 januari 2016 berakhir tgl 30 januari 2016,, bulan febuari tgl 5 saya haid sedikit lalu besok tgl 6 saya cma haid sedikit besok tgl 7 tidak keluar menstruasinnya itu knp ya dok ??
    semikian dari saya mohon maaf jika saya salah kata trimakasih.
    Wasalammualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  84. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  85. Asalammualaukum wr.wb
    Dokter saya mau bertanya:
    Nama saya nisa umur saya 14 tahun saya mengalami pertama kali haid tgl 25 desember 2015 berakhir tgl 31 desember 2015,, bulan januari saya haid pda tgl 25 januari 2016 berakhir tgl 30 januari 2016,, bulan febuari tgl 5 saya haid sedikit lalu besok tgl 6 saya cma haid sedikit besok tgl 7 tidak keluar menstruasinnya itu knp ya dok ??
    semikian dari saya mohon maaf jika saya salah kata trimakasih.
    Wasalammualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  86. Asalammualaukum wr.wb
    Dokter saya mau bertanya:
    Nama saya nisa umur saya 14 tahun saya mengalami pertama kali haid tgl 25 desember 2015 berakhir tgl 31 desember 2015,, bulan januari saya haid pda tgl 25 januari 2016 berakhir tgl 30 januari 2016,, bulan febuari tgl 5 saya haid sedikit lalu besok tgl 6 saya cma haid sedikit besok tgl 7 tidak keluar menstruasinnya itu knp ya dok ??
    semikian dari saya mohon maaf jika saya salah kata trimakasih.
    Wasalammualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  87. Asalammualaukum wr.wb Dokter saya mau bertanya
    Nama saya nisa umur saya 14 tahun saya mengalami pertama kali haid tgl 25 desember 2015 berakhir tgl 31 desember 2015,, bulan januari saya haid pda tgl 25 januari 2016 berakhir tgl 30 januari 2016,, bulan febuari tgl 5 saya haid sedikit lalu besok tgl 6 saya cma haid sedikit besok tgl 7 tidak keluar menstruasinnya itu knp ya dok ?? trimakasih Wasalammualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  88. Asalammualaukum wr.wb
    Dokter saya mau bertanya:
    Nama saya nisa umur saya 14 tahun saya mengalami pertama kali haid tgl 25 desember 2015 berakhir tgl 31 desember 2015,, bulan januari saya haid pda tgl 25 januari 2016 berakhir tgl 30 januari 2016,, bulan febuari tgl 5 saya haid sedikit lalu besok tgl 6 saya cma haid sedikit besok tgl 7 tidak keluar menstruasinnya itu knp ya dok ??
    semikian dari saya mohon maaf jika saya salah kata trimakasih.
    Wasalammualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  89. Asalammualaukum wr.wb
    Dokter saya mau bertanya:
    Nama saya nisa umur saya 14 tahun saya mengalami pertama kali haid tgl 25 desember 2015 berakhir tgl 31 desember 2015,, bulan januari saya haid pda tgl 25 januari 2016 berakhir tgl 30 januari 2016,, bulan febuari tgl 5 saya haid sedikit lalu besok tgl 6 saya cma haid sedikit besok tgl 7 tidak keluar menstruasinnya itu knp ya dok ??
    semikian dari saya mohon maaf jika saya salah kata trimakasih.
    Wasalammualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  90. Asalammualaukum wr.wb
    Dokter saya mau bertanya:
    Nama saya nisa umur saya 14 tahun saya mengalami pertama kali haid tgl 25 desember 2015 berakhir tgl 31 desember 2015,, bulan januari saya haid pda tgl 25 januari 2016 berakhir tgl 30 januari 2016,, bulan febuari tgl 5 saya haid sedikit lalu besok tgl 6 saya cma haid sedikit besok tgl 7 tidak keluar menstruasinnya itu knp ya dok ??
    semikian dari saya mohon maaf jika saya salah kata trimakasih.
    Wasalammualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  91. Asalammualaukum wr.wb
    Dokter saya mau bertanya:
    Nama saya nisa umur saya 14 tahun saya mengalami pertama kali haid tgl 25 desember 2015 berakhir tgl 31 desember 2015,, bulan januari saya haid pda tgl 25 januari 2016 berakhir tgl 30 januari 2016,, bulan febuari tgl 5 saya haid sedikit lalu besok tgl 6 saya cma haid sedikit besok tgl 7 tidak keluar menstruasinnya itu knp ya dok ??
    semikian dari saya mohon maaf jika saya salah kata trimakasih.
    Wasalammualaikum wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam wr wb.
      Maaf nisa, admin baru bisa tanggapi koment atau keluhanmu di artikel ini, tapi sebenarnya saya bukan seorang dokter, jadi jangan panggil saya dokter, hanya saja saya perna kuliah di kedokteran. serta di blog ini sebenarnya bukan blog konseling apalagi berhubungan dengan kesehatan reproduksi. Sebaiknya nisa ataupun teman2 pembaca sekian jika ada keluhan dalam kesehatan ada baiknya konsul langsung di website yg membuka layanan konsultasi online. Misalnya ada blog dokter, atau detik health dll.

      Untuk pertanyamu diatas. Menurut saya karena nisa baru mulai haid,pada awal2 haid / manstruasi akan mengalami tidak lancar seperti itu, hal tersebut banyak bilang adalah wajar. Tapi agar nisa lebih puas sebaiknya konsul langsung lw dokter ahli.

      Delete
    2. Walaikumsalam wr wb.
      Maaf nisa, admin baru bisa tanggapi koment atau keluhanmu di artikel ini, tapi sebenarnya saya bukan seorang dokter, jadi jangan panggil saya dokter, hanya saja saya perna kuliah di kedokteran. serta di blog ini sebenarnya bukan blog konseling apalagi berhubungan dengan kesehatan reproduksi. Sebaiknya nisa ataupun teman2 pembaca sekian jika ada keluhan dalam kesehatan ada baiknya konsul langsung di website yg membuka layanan konsultasi online. Misalnya ada blog dokter, atau detik health dll.

      Untuk pertanyamu diatas. Menurut saya karena nisa baru mulai haid,pada awal2 haid / manstruasi akan mengalami tidak lancar seperti itu, hal tersebut banyak bilang adalah wajar. Tapi agar nisa lebih puas sebaiknya konsul langsung lw dokter ahli.

      Delete
  92. Buat para pembaca budiman, maaf sebesarnya, blog saya hanya berisi artikel artikel. Tapi bukan forum untuk berkonsultasi. Mengapa saya menolak untuk konsultasi karena saya bukan ahli di bidang kesehatan reproduksi. Saya hanya berbagi ilmu kepada pembaca budiman atas ilmu yang perna saya pelajari dulu selama kuliah di kedokteran.. jika teman pembaca ingin konsultasi, sebaiknya mengunjungi website yang membuka konsultasi online, misalnya ada detik health, blog dokter, dll.

    Satu lagi banyak teman2 komentar seolah olah saya seorang dokter, sebenarnya saya buka dokter tapi saya tenaga pendidik di bidang rumpun kesehatan. Terima kasih semua, harap maklum.

    ReplyDelete
  93. Buat para pembaca budiman, maaf sebesarnya, blog saya hanya berisi artikel artikel. Tapi bukan forum untuk berkonsultasi. Mengapa saya menolak untuk konsultasi karena saya bukan ahli di bidang kesehatan reproduksi. Saya hanya berbagi ilmu kepada pembaca budiman atas ilmu yang perna saya pelajari dulu selama kuliah di kedokteran.. jika teman pembaca ingin konsultasi, sebaiknya mengunjungi website yang membuka konsultasi online, misalnya ada detik health, blog dokter, dll.

    Satu lagi banyak teman2 komentar seolah olah saya seorang dokter, sebenarnya saya buka dokter tapi saya tenaga pendidik di bidang rumpun kesehatan. Terima kasih semua, harap maklum.

    ReplyDelete
  94. Banyak sekali teman2 ledies bertanya, misalnya pertanyaan setelah haid, saya subur tidak? , dll

    Kembali saya perjelas berikut ini cara menghitung masa subur, sebaiknya dibaca dengan pelan-pelan dan seksama jika perlu sambil menulis di kertas oret oretan, agar benar-benar hapal kapan waktu masa subur para ledies sekalian..

    Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir,misalkan pola menstruasi seseorang dari Januari hingga April adalah 31 hari, 28 hari, 33 hari. Kemudian dibuat rata-ratanya. Karena rata-ratanya menghasilkan 31 hari, maka masa suburnya (ovulasi) akan terjadi pada 15-16 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.

    Perhitungan masa subur akan efektif bila siklus menstruasinya normal yaitu 21-35 hari. Jika istrii Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak normal, perhitungan menjadi tidak akurat dan kemungkinan besar gagal. Namun tidak ada salahnya jika mau mencoba.

    Untuk yang siklus menstruasinya tidak teratur dapat menggunakan data siklus menstruasi selama 6 bulan (6 siklus). Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus menstruasi dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus menstruasi dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Jika siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari. Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama menstruasi.

    ReplyDelete
  95. Banyak sekali teman2 ledies bertanya, misalnya pertanyaan setelah haid, saya subur tidak? , dll

    Kembali saya perjelas berikut ini cara menghitung masa subur, sebaiknya dibaca dengan pelan-pelan dan seksama jika perlu sambil menulis di kertas oret oretan, agar benar-benar hapal kapan waktu masa subur para ledies sekalian..

    Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir,misalkan pola menstruasi seseorang dari Januari hingga April adalah 31 hari, 28 hari, 33 hari. Kemudian dibuat rata-ratanya. Karena rata-ratanya menghasilkan 31 hari, maka masa suburnya (ovulasi) akan terjadi pada 15-16 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.

    Perhitungan masa subur akan efektif bila siklus menstruasinya normal yaitu 21-35 hari. Jika istrii Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak normal, perhitungan menjadi tidak akurat dan kemungkinan besar gagal. Namun tidak ada salahnya jika mau mencoba.

    Untuk yang siklus menstruasinya tidak teratur dapat menggunakan data siklus menstruasi selama 6 bulan (6 siklus). Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus menstruasi dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus menstruasi dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Jika siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari. Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama menstruasi.

    ReplyDelete
  96. Dok sya haid di tgl 24..brarti msa subur sya di tgl brpa ya?? Dan siklus haid sya tidak normal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya mb, baca artikelnya dengn pelan2 dan pahami dgn baik. Tks.

      Delete
  97. Dok...sya kl haid di tgl 24...brarti msa subur sya di tgl brpa ya? Soalny sya ga ngrti ngitungnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mb ada baiknya baca jawaban pesan diatas koment mb tsb.,semoga bisa menentukan masa suburnya kapan. Tks

      Delete
  98. Dok 3hari yg lewat aku berhub sama pcar sya,pcar sya jd susah bab dan cepat lapar,knapa y dok,apa itu tanda ny hamil dok

    ReplyDelete
  99. Dok, saya Lesy.. bulan maret saya haid tanggal 29 dan bulan ini sudah tanggal 30 saya belum haid. Kenapa ya dok, saya takut hamil karena bulan lalu sesudah haid saya ml dgn pacar saya, tapi saya ingat kalau pacar saya tidak mengeluarkan sperma dlm miss v saya. Akhir2 ini saya sering keputihan tanda mens, tapi ditunggu2 blm mens juga. Minta penjelasannya dok

    ReplyDelete
  100. Assalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
  101. Dokter, sy riri 18thn. Sy trkhr haid tgl 28juni-6juli tp stlh itu smpai hari ini sy blm juga haid. Di akhir bulan sy memang sdang stress ada msalah dirumah. Tp stlh itu baik2 saja, tp blm juga haid dok. Kira2 knpa ya?
    Tolong dijawab dok. Terimakasih

    ReplyDelete
  102. Lusi agustina
    Dok sya mau nanya pda tgl 9 agustus sya mens dan berakhir pda tgl 20 pda tgl 27 agustus sya mengeluarkan darah lagi.. Itu darah mens atau apa ya dok..

    ReplyDelete
  103. sya hana, 22 thn saya mau tanya dok saya haid tanggal 18 july berakhor sekitar tanggal 25/26 juli saya berhub tanggal 28 july dan sampai saat ini saya belum kembali haid saya coba tes tapi negatif ,apa ada kemungkinan saya hamil tapi tidak ter ditek oleh tespacknya dok ?? apa normal dok ? tolong ddi jawab ya dok terimakasih

    ReplyDelete
  104. Saya eveline,15 thn saya mau nanya for saya haid tgl 5 oktober mungkin habis tgl 11 atau 12 oktober kemungkinan Bln November saya haid kpn ya dok?

    ReplyDelete
  105. Saya eveline,15 thn saya mau nanya dok kalo saya haid Pd tgl 5 oktober kemungkinan Bln selanjutnya tgl brp ya dok?

    ReplyDelete
  106. Selamat malam,,saya sudah nikah 3thn dan blm dpt momongan.selama menikah haid saya jdi siklus panjang 35hri.saya pernah coba sistem hitung 6siklus blm berhasil,lalu saya berobat dikasih profertil tuk 5hri saat haid ke 5.selama 3bln haidnya jdi siklus 30hr,tp skrg balik lagi siklus 35hri.bulan 8 kmrin saya haid tgl 6,bln kmrin 13,bln ni saya blm haid.tolong kasih solusinya dok,thanks

    ReplyDelete
  107. Dok saya haid tgl 29 agustus smpai 7 september tp sekarang udah tgl 11 oktober belum haid padahal sudah tp 3 kali hasilnya negatif...makasih

    ReplyDelete
  108. Dok..saya haid tgl 29 agustus smpai 7 september sekarang sudah tgl 11 oktober belum dpat padah sudah tp hasilnya negatif

    ReplyDelete
  109. Malam dok,saya maya.mau tanya dok saya trakhir mens tgl 23 okt 2016 brrti masa subur saya kpn yah dok?makasih dok

    ReplyDelete
  110. Malam dok,saya maya.mau tanya dok saya trakhir mens tgl 23 okt 2016 brrti masa subur saya kpn yah dok?makasih dok

    ReplyDelete
  111. Selamat pagi,
    Saya ani umur 20thn.
    Saya mahasiswa, saya ingin berkonsultasi tentang siklus haid, saya tidak begitu paham dengan siklus tsb, apakah bisa di jelaskan secara lebih detail pak/buk? Dan saya juga mau bertanya, pada bulan juli saya haid tanggal 31 selesai tanggal 9agustus, lalu saya haid kembali pada tanggal 10 september dan selesai tanggal 17september, lalu di bulan berikutnya saya haid di tanggal 11oktober selesai haidnya tanggal 17 oktober, nah di bulan ini kenapa sampai sekarang saya belum datang bulan ya pak/buk? Apakah saya sudah termasuk telat haid? Atau belum? Saya pernah melakukan hubungan badan dengan kekasih saya,akan tetapi kami memakai kondom dan ejakulasinya di luar vagina saya,tolongg jawabannya ya pak/buk:(
    Terimakasihh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 31 juli - 10 september - 11 oktober - 18 nov
      40 hari, 31 hari, 40 hari ... Menurut memang siklus haidmu tidak teratur.. Perlu di dalami lagi apa saja penyebab ketidak teraturan dalam mentruasi.

      Kembali saya perjelas berikut ini cara menghitung masa subur, sebaiknya dibaca dengan pelan-pelan dan seksama jika perlu sambil menulis di kertas oret oretan, agar benar-benar hapal kapan waktu masa subur para ledies sekalian..

      Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir,misalkan pola menstruasi seseorang dari Januari hingga April adalah 31 hari, 28 hari, 33 hari. Kemudian dibuat rata-ratanya. Karena rata-ratanya menghasilkan 31 hari, maka masa suburnya (ovulasi) akan terjadi pada 15-16 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.

      Perhitungan masa subur akan efektif bila siklus menstruasinya normal yaitu 21-35 hari. Jika istrii Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak normal, perhitungan menjadi tidak akurat dan kemungkinan besar gagal. Namun tidak ada salahnya jika mau mencoba.

      Untuk yang siklus menstruasinya tidak teratur dapat menggunakan data siklus menstruasi selama 6 bulan (6 siklus). Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus menstruasi dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus menstruasi dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Jika siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari. Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama menstruasi.

      Delete
  112. Dok sya haid tgl 18 november 2016 selsai tgl 22 november 2016..kpan masa subur sya dok..karena sya ga bisa menghitung masa subur dok

    ReplyDelete
  113. Dok sya haid tgl 18 november 2016 selsai tgl 22 november 2016..kpan masa subur sya dok..karena sya ga bisa menghitung masa subur dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali saya perjelas berikut ini cara menghitung masa subur, sebaiknya dibaca dengan pelan-pelan dan seksama jika perlu sambil menulis di kertas oret oretan, agar benar-benar hapal kapan waktu masa subur para ledies sekalian..

      Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir,misalkan pola menstruasi seseorang dari Januari hingga April adalah 31 hari, 28 hari, 33 hari. Kemudian dibuat rata-ratanya. Karena rata-ratanya menghasilkan 31 hari, maka masa suburnya (ovulasi) akan terjadi pada 15-16 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.

      Perhitungan masa subur akan efektif bila siklus menstruasinya normal yaitu 21-35 hari. Jika mb atau para bapak, istrii Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak normal, perhitungan menjadi tidak akurat dan kemungkinan besar gagal. Namun tidak ada salahnya jika mau mencoba.

      Untuk yang siklus menstruasinya tidak teratur dapat menggunakan data siklus menstruasi selama 6 bulan (6 siklus). Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus menstruasi dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus menstruasi dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Jika siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari. Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama menstruasi.

      Delete
  114. Malam dok, saya raehan umur 26 tahun dan saya belum nikah. Bulan agustus 2016 saya tdk haid dan Bulan september saya haid tanggal 3 dan tgl 20 tapi bulan oktober sampai bulan november ini saya belum haid, saya sudah minum pil tuntas juga tapi belum juga haid, apakah itu normal? Mohon penjelasannya dok, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya tidak bisa jawab langsung, mungkin mb sebaiknya konsul dengan dokter ahli, atau pelajari lebih detail sebab sebab gangguan mentruasi. Terima kasih

      Delete
  115. malam saya mau nanya saya berhub tgl 24 desember tapi tgl 27 saya mens sampe tgl 31 tpi bulan januari sampe sekarang belum.. itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  116. malam saya mau nanya saya berhub tgl 24 desember tapi tgl 27 saya mens sampe tgl 31 tpi bulan januari sampe sekarang belum.. itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  117. malam saya mau nanya saya berhub tgl 24 desember tapi tgl 27 saya mens sampe tgl 31 tpi bulan januari sampe sekarang belum.. itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmhm jadi mb sejak men tgl 27 desember sampai skg tanggal 6 februari, berarti sudah 40 hari blm men lagi, perlu dikaji lebih dalan lagi, apakah siklus men mb teratur atau tdk? Banyak Faktor yang mempengaruhi siklus menstriasi. Jika mb berhubungan sebelum men bulan lalu kemungkinan tdk ada pembuahan. Mungkin perlu di cek lebih lanjut, test pet dll. Tks

      Delete
  118. mlm sya mau tanya sya menstruasi bulan februari itu tgl 20 dan sya berhubungan dengan suami sya tgl 27 februari tpi sampai saat ini sya blum mens lagi apakah sya hamil?

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz