Solusi Untuk Tetap Mempertahankan Blog Anda Agar Tidak Termasuk Blog yang Gagal

Advertisement
Mendefinisi sebuah blog dikatakan gagal, tentu semua orang bisa berargumen / berpendapat tentang apa yang menjadi parameter sebuah blog disebut gagal.  Menurut pembaca secara garis besar pengertian blog yang gagal adalah jika sebuah blog telah menjadi blog tetapi tidak bisa berfungsi sebagaimana blog pada umumnya, banyak penyebab yang membuat blog tersebut menjadi gagal terutama dari sang pemilik blog / blogger, dimana ia tidak konsisten/berusaha untuk mempertahankan atau memperbaiki blognya tersebut. Bahkan ada suatu blog yang sudah bagus dan ramai pengunjung namun tidak dilanjutkan lagi atau terbengkalai dalam kurun waktu yang amat lama, sehingga pengunjungnya menghilang.  Selain itu faktor pengunjung dan faktor tehnis lainnya dapat membuat blog menjadi gagal. Berikut ini beberapa pendapat tentang pengertian blog yang gagal dan trik agar blog tidak gagal, yang pembaca kutip dari blog annunaki.me :
1.    Sebuah blog disebut gagal jika ia tidak dilanjutkan lagi alias terbengkalai dalam kurun waktu yang amat lama atau pun hanya menjadi AGC (Automatic Generated Content) atau hanya berisi spam belaka. Pada blog bisnis online, gagal adalah ketika anda mempunyai banyak pengunjung tapi tak satupun yang berhasil dikonversi menjadi penjualan (mungkin ini gagal jaulan ya?? Blognya tidak bisa menarik pembeli online).
2.  Blog yang gagal adalah blog yang tidak valid HTML, tidak usable (tidak bisa dicopy paste, tidak bisa digunakan) Tidak accesible (tidak bisa di akses, lola / loading lama),  Tidak readability (keterbacaan), Tidak responsive (tidak menyesuaikan layar) (Amdhas).
3.  Ada juga berpendapat Blog yang gagal yaitu contentnya cuma tulisan 501 error server,   blog yang isinya copy paste, Tidak mendapat kunjungan,  Tidak terindex mesin pencari dan  Kebanyakan iklan yg bikin blognya berat dan baru buka langsung ditutup pengunjungnya.
So bagaimana dengan anda? Apakah setuju pengertian demikian, yupp semua kembali ke anda yang pasti berikut ini pembaca kembali ulas bagaimana tetap menpertahankan blog anda dan tidak samapi menjadi blog yang gagal. Dalam ulasan ini mengacu pada konsep bahwa sebuah blog seharusnya ramai oleh pengunjung dan bisa mengkonversi kunjungan itu menjadi duit.
  
·      Jangan cepat menyerah dan Bersabar
Kegiatan ngeblog bukan kegiatan yang instan dan mendapatkan hasil yang instan juga akan tetapi butuh proses dan keuletan dalam membangun suatu blog. Kegiatan ini perlu kesabaran seperti layaknya anda di dunia nyata. Banyak  blogger yang menyerah ketika sampai pada postingan ke sepuluh dan tidak ada yang berkomentar atau pun 3 bulan memajang produk dan tidak ada yang membeli. Anda harus punya kesabaran tinggi, keuletan serta usaha yang maksimal, jangan setengah-setangah, terutama dalam usaha  untuk membangun jaringan, kepercayaan  dan semangat diri sendiri. Lawan dari point diatas adalah ketergesa-gesaan. Anda mempelajari SEO siang-malam dan ingin melihat hasilnya saat itu juga. Anda melakukan hal-hal yang tidak disukai search engine misalnya keyword stuffing and guess what. anda ditendang keluar dari index search engine. Kemauan untuk belajar itu bagus, tapi ngeblog membutuhkan kesabaran untuk melihat hasil yang wajar. Cara-cara tidak wajar seperti teknik blackhat SEO hanya akan menyusahkan anda sendiri nantinya.
·     Jangan berpikir singkat bahwa blog pasti dikunjungi oleh banyak orang
Kesalahan yang biasa dilakukan oleh pemula dan sering membuat mereka malas ngeblog lagi setelah mengetahui kenyataannya tidak seindah yang mereka impikan. Kecuali jika anda adalah selebriti terkenal yang setiap kegiatannya diendus media massa (termasuk kegiatan ngeblog), jangan harap ada yang berkunjung. Anda yang harus merebut kunjungan.  
·  Jangan Merasa atau Menganggap diri sudah jago dalam SEO, blogging, internet marketing, dan lainnya sehingga tidak mau belajar lagi.
Hal ini adalah kesalahan fatal yang sebaiknya dihindari dalam ngeblog.  Anda sudah ngeblog selama 3-4 tahun dan telah merasa cukup ‘veteran’. Blogger lain menganggap anda master / mastah dan semua pujian tersebut membuat anda merasa tidak perlu lagi mempelajari hal-hal tersebut. Padahal dunia maya terutama search engine dan SEO dinamikanya amat tinggi. Dulu keyword stuffing dianggap bukan spamdexing, tapi google dan search engine lainnya telah mengembangkan algoritma cerdas untuk menilai kelayakan sebuah blog. Anda harus terus belajar dan menyiapkan diri.
·     Sering menganalisa traffic dan keyword yang berseliweran di blog
Anda bertanya-tanya mengapa kata kunci / keyword yang diinjeksikan di artikel tidak membawa hasil dan berpikir untuk berhenti saja ngeblog. so, sudahkah anda analisa keefektifan dari kata kunci tersebut? Apakah persaingannya sedikit atau ramai? Jika sedikit, maka kemungkinan orang yang mencarinya sedikit. jika terlalu ramai maka pesaing anda sangat banyak.
·     Tetap kuat menghadapi traffic yang ramai
Justru ini kebalikan dari traffic blog yang sepi. Ketika traffic anda tiba-tiba ramai sekali karena 2-3 postingan yang anda tulis dan menuai banyak komentar , entah itu yang memuji, netral atau menyerang…anda menyerah! Ada blogger yang seperti ini lho. Ketika anda ngeblog, siapkan mental anda untuk menampung banyak traffic. Banyak traffic berarti siap menampung komentar yang kadang-kadang mengecilkan hati.
·     Menghilangkan broken link
Anda bingung dan putus asa mengapa sudah menerapkan ilmu SEO dan SMO tapi peringkat index di search engine tidak jua membaik. Sudahkah dicek link-link yang nongkrong di sidebar, footer maupun di dalam content blog anda? Terlalu banyak broken link yang dilaporkan oleh robot-robot search engine membuat kredibilitas blog anda menurun di mata search engine.  
·     Link ke bad neighbourhoods
Jika blog anda tidak ingin dianggap attack site oleh google, lebih baik hindari memajang link-link yang mengarah ke arah situs perjudian dan sejenisnya. Link-link yang mengarah ke sana akan dianggap tidak bermutu oleh si mbah google. Beberapa diantaranya adalah attack site, dan jika link mereka anda pajang maka link anda akan dianggap pendukung situs tersebut. Attack site akan dijebloskan ke sandbox dan di-deindex oleh google.
·     Mempercepat Loading blog  
Salah satu penyebab mengapa traffic anda sedikit mungkin disebabkan oleh loading blog yang terlalu lama. banyaknya gambar yang tidak dioptimasi atau banyak sekali ornamen-ornamen hiasan berupa javascript dan flash dapat membuat loading blog melambat dan akhirnya menjadikan pengunjung malas datang kembali.  
·    Black champaign
Jangan meremehkan kecerdasan pengguna internet di Indonesia. Mereka itu dapat menilai mana isi blog yang tidak bermutu yang hanya menjelek-jelekkan bloger  lain, menjelekkan pesaing atau menjelekkan mutu orang lain sembari meninggikan diri sendiri. Tipe yang seperti ini akan mereka hindari di kunjungan berikutnya. Karena itu jauhi sikap menyerang orang lain dalam tulisan anda, meski kita juga tidak bisa menyenangkan semua orang dalam tulisan kita.
·     Iklan pop up
Ini salah satu alasan lain mengapa orang jadi malas berkunjung ke blog anda. Iklan pop-up yang muncul tiba-tiba dan sulit dihilangkan adalah penyebabnya. Beriklan sih boleh-boleh saja, tapi gunakan dengan cara yang elegan.
·     Jangan menulis hanya untuk search engine
Tulisan blog yang bagus adalah yang bisa meraih atensi pembaca dan sekaligus search engine friendly. Celakanya banyak blogger hanya mementingkan yang kedua saja. Tulisan seperti ini sering disebut ‘abal-abal’ dan membuat pembaca malas untuk membaca. Jika tulisan anda tidak ingin pembaca baca, bagaimana anda bisa berharap pembaca akan membeli produk anda?
·     Hindari template blog yang terlalu aneh
Pembaca sering menemukan template blog yang dimata pembaca aneh atau kurang pas untuk postingan apalagi untuk jualan online. Entah itu warnanya yang terlalu menyolok, kolom yang terlalu kecil tapi diberikan gambar animasi bergerak yang terlalu besar, dll. Gunakan template yang kira-kira user friendly untuk anda dan reader friendly untuk pembaca anda.

ARTIKEL YANG BERKAITAN