Jalan Jalan ke Pantai Tanjung Setia Krui Lampung Barat

Advertisement
Bersama keluarga dalam rangka liburan hari raya idul fitri 2012, kami sebagian kecil dari keluarga besar berjalan-jalan ke pantaiTanjung Setia, kurang lebih 2 jam sudah sampai di pantai tersebut dari kampungku tercinta. Pantai Tanjung Setia merupakan pantai yang paling populer nomor dua di kampungku setelah pantai Labuhan Jukung. Pantai Tanjung Setia juga merupakan juga tempat kunjungan wisata paling rame selain ke Danau Ranau, dipantai ini paling banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara terutama wisatawa pecinta selancar (surfing). Selama berrefrsing di pantai tersebut ada beberpa penilainya yang bisa saya kutif ke artikel ini salah satunya adalah pesona dan potensinya.  Menurutku pesona yang patut diberi jempol buat pantai Tanjung Setia adalah :

1. Ombaknya yang sangat bagus dan sangat indah untuk surfing. Saat dipantai ini dari jauh sudah terlihat gulungan ombak yang sangat teratur dan sangat mendukung untuk berselancar / surfing. ada beberapa bule yang berselancar. karena hanya memiliki kamera pocket biasa jadi tidak bisa mengabadikan para wisatawan asing yang sedang berselancar.

2. Kealamian dan kebersihan laut yang masih terjaga. di tepi pantai ini banyak seklai hewan laut yang bisa saya temui, dimana selama saya jalan-jalan ke pantai jarang sekali bisa menikmati binatang laut yang begitu banyak dan bervariasi diantaranya : bintang laut, bintang ular laut, sotong, tripang, gurita, kepiting, lobster, umang-umang, keong dan berbagai macam ikan yang berbagai bentuk dan warna. selain binatang-bintang tersebut saya juga menikmati indahnya terumbu karang yang bisa dilihat tanpa menggunakan peralatan selam / snorkling. berbagai macam bentuk rumput laut dan padang lamun.. sungguh menyenangkan. adik dan keponakanku asik bermain mencari dan bermain dengan bintang2 anugrah tersebut.

Terjaganya kealamian pantai ini tidak tau sampai kapan ? ini adalah tantangan buat kita semua, apakah suatu hari nanti sayang berkunjung ke pantai ini masih seperti asri begini?? ya lihat nanti..

Pengelolaan pantai ini menurut saat sangat minim sekali, karena selain sudah banyaknya daerah di bangun kapling-kapling cotage pribadi juga kondisinya belum dibuat selayaknya tempat wisata yang terkelola.. perlu ditangani dengan serius dan menguntungkan masyarakat banyak..
ombak yang besar yang disukai oleh para surfing 

pantai pasir putih yang eksotik 

ombak yang bergulung indah 

para wisatawan 

Terumbuh karang yang bisa diamati tanpa harus menggunakan alat snorkling

ARTIKEL YANG BERKAITAN