loading...

Sunday, November 18, 2012

Rantai Makanan dalam Ekosistem dan Tipe – Tipe Rantai Makanan

Dalam suatu ekosistem pengertian rantai makanan adalah suatu proses urutan makan dan dimakan yang membentuk garis lurus tertentu. Di alam, proses makan dan dimakan tidaklah sesederhana yang digambarkan. Akan tetapi proses itu terjadi dan berlangsung sangat kompleks dan tidak membentuk alur yang lurus. Beberapa rantai makanan yang satu dengan lainnnya saling berhubungan sehingga membentuk semacam jaringan ( web ) yang dinamakan jaring-jaring makanan.Pada rantai makanan biasanya dimulai dari produsen akan tetapi keadaan seperti ini tidak lah mutlak, kenyataan di alam menunjukkan adanya beberapa pola umum yang berlaku. Sehingga para ahli ekologi membedakan rantai makanan menjadi 3 macam tipe yaitu sebagai berikut :

1. Tipe Perumput
Rantai makanan tipe perumput melibatkan tumbuhan hijau sebagai produsen pada tingkatan trofik I diikuti oleh herbivora sebagai konsumen pada tingkatan trofik II dan karnivora sebagai konsumen pada tingkatan trofik III dan seterusnya. Contoh : - pada ekosistem sawah : padi --tikus--ular sawah . Padi sebagai produsen ( trofik I ), tikus sebagai konsumen I ( trofik II ) dan ular sawah sebagai konsumen II ( trofik III ).

2. Tipe Detritus.
Pada rantai makanan tipe dstritus melibatkan sisa-sisa bagian tubuh mahkluk hidup yang terlepas dari tubuh berupa fragmen atau hancuran dan disebut sebagai detritus pada tingkatan troofik I, diikuti oleh hewan-hewan yang memakan detritus yang disebut detritivor ( seperti : bakteri, jamur, rayap, cacing tanah dll ) pada tingkatan trofik II dan seterusnya. contoh : pada ekosistem kebun : hancuran daun ( seresah ) à cacing tanah à ayam à musang.

3. Rantai makanan tipe Parasit
Pada rantai makanan tipe parasit melibatkan mahkluk hidup yang hidupnya sebagai parasit (menumpang pada mahkluk hidup lain dengan "merebut" makanan dari mahkluk hidup yang ditumpanginya). contoh : pada ekosistem kebun : tanaman mangga à benalu à ulat à burung pemakan ulat.
Berikut ini gambar-gambar rantai makanan 





.
thumbnail
Judul: Rantai Makanan dalam Ekosistem dan Tipe – Tipe Rantai Makanan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Botani, saint, Zoologi :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz