Fungsi Keratinoid Bagi Tubuh Manusia

Advertisement
Fungsi Keratinoid Bagi Tubuh Manusia

Keratinoid adalah zat warna atau pigmen yang pada organel kloroplas dan kromoplas pada tumbuhan tingkat tinggi, alga, bakteri forosintetik, dan fungi. Pada tumbuhan zat ini berperan sebagai sebagai pigmen penyerab cahaya warna biru dan membantu dalam proses fotosintesis. Ada dua jenis pigmen keratinoid yaitu xantofil dan karotena.

Keratinoid pada tumbuhan banyak terdapat pada buah dan sayuran yang biasa kita konsumsi. Keratinoid bertanggung jawab atas warna merah dalam buah dan sayuran, seperti wortel serta tomat. Zat tersebut juga penting Manfaat mengkonsumsi keratinoid adalah :

1.   Karotenoid sangat efisien menangkal radikal bebas dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan ini membantu tubuh menyerap senyawa merusak yang dihasilkan oleh stres dan tekanan kehidupan sehari-hari, terutama ketika tubuh tengah bertarung melawan penyakit. 

2.     Bila Anda menginginkan warna kulit yang lebih menarik dan sehat, lebih baik Anda menjalani diet sehat dengan banyak makan buah.   Ketika harus memilih antara warna kulit yang disebabkan oleh cahaya matahari dan warna kulit yang dihasilkan oleh karotenoid, kami menemukan bahwa orang lebih menyukai warna kulit karotenoid. Satu lagi alasan untuk lebih banyak makan sayur. Rahasia kulit bersinar sehat adalah mengkonsumsi diet sehat kaya buah dan sayur. Kulit kecokelatan sehat berkat banyak makan sayur dan buah ini bahkan jauh lebih berkilau dibanding berjemur di bawah sinar matahari. Cara terbaik untuk memiliki kulit kecokelatan sehat bukanlah dengan banyak berjemur, melainkan banyak makan wortel dan tomat. Orang yang mengkonsumsi buah dan sayur dalam porsi lebih besar dalam sehari memiliki warna kulit lebih keemasan, berkat substansi yang disebut karotenoid.

3.   Keratinoid sangat bagus untuk kesehatan mata karena keratinoid memiliki aktivitas vitamin A (yang berarti dapat dikonversi menjadi retinol) dan juga dapat bertindak sebagai antioksidan. Pada mata manusia, dua karotenoid lainnya (yaitu lutein dan zeaxantin) berperan langsung sebagai penyerap cahaya biru dan cahaya di sekitar sinar ultraviolet yang bersifat merusak sehingga melindungi makula pada retina.

4. Manusia dapat menyerap dan membawa sekitar 25 jenis karetonoid ke dalam aliran darah.Karetonoid tersebut ditransportasikan oleh partikel kolesterol yang kaya lipid (LDL di dalam tubuh karena senyawa tersebut paling baik larut dalam lipid.

5.     Digunakan untuk bahan parpum.  Produk degradasi karotenoid dalam bentuk turunan isoprena dan keton seperti ionon, damaskon dan damaskenon.

6.  Mikroorganisme dapat digunakan untuk menghasilkan karotenoid yang lebih murni termasuk likopena dan beta-karotena.

ARTIKEL YANG BERKAITAN