loading...

Wednesday, December 12, 2012

Mengenal Lebih dalam Penyakit Kutil (Veruka) / Papilloma dan Kutil Kelamin

Penyakit Kutil (Veruka) yang dalam istilah kedokteran disebut Papilloma adalah sejenis tumor jinak yang menyerang kulit. Pertumbuhan pada kulit yang berukuran kecil, pada tahap awal,   bisa dilihat dengan timbulnya bintik-bintik kecil. Kutil bisa tumbuh pada usia berapapun, tetapi paling sering ditemukan pada anak-anak akan tetapi ditemukan juga pada orang dewasa. Kutil di kulit mudah menyebar dari suatu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya, pada kulit terutama yang sering terjadi adalah pada tangan, kaki, wajah bahkan ada juga penyakit kutil yang menyerang alat genital (kelamin). Sebagian besar kutil tidak berbahaya dan jenis kutil yang paling banyak ditemukan tidak berubah menjadi keganasan (kanker). tetapi kebanyakan tidak terlalu menular kepada orang lain. Sedangkan kutil genitalis (kutil pada alat kelamin) bisa ditularkan kepada orang lain. Hanya jenis kutil tertentu yang jarang ditemukan dan beberapa kutil yang menginfeksi rahim, leher rahim (serviks) dan penis, yang kadang menjadi ganas.

Penyebab Penyakit Kutil
Seseorang bisa terjangkit virus ini dan bisa juga menularkan pada pasangannya lewat hubungan seksual. Kutil bisa berupa mikroskopis dan hanya bisa dideteksi melalui proses pemeriksaan dengan alat yang disebut colposcope.

Penyebab kutil adalah virus Human Papilloma Virus (HPV). Ada lebih dari 1.000 jenis Papilloma virus, dan sebenarnya Papilloma Human Virus ini bisa menyerang seluruh bagian tubuh manusia : Kulit, rongga mulut, anus dan alat genital.  Penyakit kutil bisa menular kepada orang lain melalui kontak fisik sebabkan oleh virus,. Meskipun penyebab kutil adalah virus yang boleh dikatakan cukup ganas, namun ada beberapa orang yang secara alamiah kebal terhadap penyakit kutil sehingga meskipun melakukan kontak fisik, dia tidak tertular kutil dari penderita. Beberapa kutil tidak menimbulkan nyeri, sedangkan kutil yang lainnya menyebabkan nyeri karena mengiritasi saraf.  Ukuran dan bentuk kutil tergantung kepada virus penyebabnya dan lokasinya di tubuh. Beberapa kutil tumbuh sendiri dan terpisah, kutil lainnya tumbuh bersama-sama dan membentuk kelompok kutil (kutil mosaik).

Macam – Macam kutil  
1. Veruka vulgaris
Kutil yang biasa  disebut veruka vulgaris, memiliki ciri-ciri memiliki permukaan yang kasar, bentuknya bundar atau tidak beraturan,  berwarna keabuan, kuning atau coklat dan biasanya memiliki garis tengah kurang dari 1 cm. veruka vulgaris tumbuh di bagian tubuh yang sering mengalami cedera, seperti jari tangan, lutut, wajah,  di sekitar kuku( disebut kutil periungual), dan kulit kepala.  Kutil ini bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya tetapi tidak pernah berubah menjadi keganasan. Berbeda dengan kapalan,

2. Veruka plantaris cenderung mengalami perdarahan berupa bintik-bintik kecil jika disayat dengan pisau bedah.Veruka plantaris tumbuh di telapak kaki dan bentuknya biasanya mendatar karena mengalami penekanan akibat berjalan dan dikelilingi oleh kulit yang tebal.


3. Veruka filiformis merupakan kutil yang bentuknya memanjang, yang biasanya ditemukan di kelopak mata, wajah, leher atau bibir. Kutil datar sering ditemukan pada anak-anak dan dewasa muda, biasanya tumbuh dalam suatu kelompok bintik-bintik halus berwarna kuning-coklat di wajah.


4. Kutil genitalis (kondiloma akuminata) adalah kutil lembab yang ditemukan di daerah kemaluan. Virusnya ditularkan melalui hubungan seksual.


Diagnosa Penyakit Kutil

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

Pengobatan  Penyakit Kutil dan Cara menghilangkan kutil

Kutil seringkali menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Beberapa kutil bersifat menetap selama bertahun-tahun dan ada juga kutil yang hilang-timbul. Pengobatan tergantung kepada lokasi, jenis, berat dan sudah berapa lama kutil berada.Veruka vulgaris biasanya akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu 2 tahun.

1. Untuk mempercepat hilangnya kutil bisa dioleskan larutan atau plester yang mengandung asam salisilat dan asam laktat. Cara menghilangkan kutil berikutnya adalah dengan  asam salisil (salicylic acid), Caranya adalah dengan pemberian asam salisil pada kulit yang terkena kutil. Untuk mendapat hasil yang maksimal, keringkan dahulu kulit dengan handuk kering dan bersih, baru dioles dengan asam salisil. Lakukan beberapa minggu hingga kutil mati. Amplas bagian kutil yang mati dengan batu apung sebelum member pengobatan di hari berikutnya.Cara mengobati kutil selanjutnya adalah dengan penyemprotan cairan nitrogen pada kutil. 


2. Kutil juga bisa dibekukan dengan cairan nitrogen dan pembekuan ini biasanya dilakukan berulang-ulang agar seluruh kutil hilang.Cara mengobati kutil dengan cairan nitrogen ini untuk membekukan kutil sehingga sel-selnya mati.


3. Elektrodesikasi (pengobatan dengan Arus listrik) atau bedah sinar laser bisa menghancurkan kutil, tetapi bisa menyebabkan terbentuknya jaringan parut.


4. Kutil juga bisa diatasi dengan bahan kimia seperti asam trichloroacetat atau kantaridin, tetapi kutil yang baru bisa tumbuh di pinggiran bekas kutil yang terdahulu. Cara menghilangkan kutil dengan Cantharidin, yaitu pemberian cairan kimia khusus pada kulit yang terkena kutil. Efek dari pemberian cairan kimia ini adalah membunuh sel-sel kutil. Pada beberapa orang mungkin akan menimbulkan rasa perih dan melepuh pada kulit. Setelah 24 jam, dokter akan membuka perban dan melihat apakah pemberian Cantharidin ini efektif atau tidak, jika tidak akan ditempuh cara lain.


5.   mengobati kutil dengan daun dewa, caranya sebagai berikut :

5 lembar daun dewa dihaluskan. Lumurkan pada tempat berkutil, kemudian dibalut. Kemudian lepas pada keesokan harinya.Veruka plantaris biasanya bisa dihaluskan dengan larutan atau plester yang mengandung asam salisilat yang kuat. Lalu kutil diangkat dengan menggunakan pisau bedah, pembekuan atau pemberian asam lainnya. Atau suatu zat kimia juga bisa disuntikkan langsung ke dalam kutil. Veruka plantaris sulit disembuhkan.
Berikut gambar gambar kutil pada kelamin..  


Cara Pengobatan Kutil dan Menghilangkan Tahi Lalat yang Paling Manjur dan Aman

Kutil adalah tumbuhnya sejenis tumor jinak pada kulit yang berukuran kecil dengan diameter biasa kurang dari 1 cm, bisa tumbuh banyak ataupun Cuma satu. Berbagai cara untuk mengobati kuti salag satunya kutilnya diolesi  kapur sirih dicampur sabun.  Yang kemudian kutilnya mengering /mengkerut dan beberapa hari kemudian kutil hilang sampai ke akar-akarnya. Setelah saya coba mengolesi kutil saya dengan kapur sirih yang dicampur sabun, Sungguh menakjubkan hasilnya, besoknya bekas kutil mengering dan beberapa hari kemudian bekas-bekas kutil hilang sampai keakar-akarnya.  bahkan ampuh juga untuk menghilangkan tahi lalat.  
Cara melakukan Pengobatan dengan ramuan :
1. Siapkan kapur sirih sedikit aja mungkin sebanyak 2 kali pentol korek api
2. Siapkan sabun (boleh sabun apa aja, enaknya sabun colek seperti OMO, B29, Wings, dan lainnya agar mudah mencampurnya sebanyak 2 pentol korek api.
3.  Campurkan kapur sirih dan sabun dengan perbandingan 1 : 1. sampai rata
4.  Jika kapur sirih mengering, tambahkan air bersih secukupnya, jangan terlalu encer
5. Olesi kutil dengan menggunakan cotton bud atau tusuk gigi (jangan sekali-kali mengoles pakai jari tangan, karena campuran  sabun dan kapur sirih bisa “mengelupaskan”  kulit jari tangan anda).
6.  Siapkan obat anti infeksi (obat luka) “Bethadin, Garamicyn”.atau yang lainnya
7. Siapkan obat untuk membantu mempercepat tumbuhnya jaringan kulit baru seperti Bioplacenton atau sejenis 
8.  Olesi kutil atau tahi lalat dengan obat campuran diatas. Tunggu beberapa menit sampai obat bereaksi  dan  mengering. Kalau tidak kuat menahan sakit, bisa dicuci untuk sementara nanti besoknya bisa diolesi lagi namun sebaiknya bisa ditahan sampai obat mengering (+/- 5 sampai 10 menit).Pemberian kapur sirih plus sabun hanya pada bagian yang sakit jangan melebar keluar karena bisa menyebabkan luka.
9.  Jika kutil / tahi lalat belum menyusut tuntas, ulangi lagi dengan olesan obat kutil.
10. Pengolesan beberapa kali dilakukan pada waktu yang sama berurutan sampai tuntas. Ada yang cukup dengan 1 kali pemberian obat tersebut tetapi ada juga yang lebih. Biasanya maksimal pemberian tidak lebih dari 3 kali sudah cukup.
11. Hasil pengolesan bisa mengakibatkan kutil langsung mengering atau terkadang agak membengkak memerah terutama pada bagian pinggir kutil atau tahi lalat tetapi tidak mengapa. Jika sudah nampak perubahan warna seperti terbakar dan mulai mengkerut pemakaian dihentikan dan sudah cukup atau ketika diberikan untuk yang ke dua atau ke tiga kalinya Anda sudah tidak kuat menahan sakit maka hentikan pemberian, dan kalau terjadi luka olesi dengan bethadine atau obat luka lain seperti garamicyn.
12.Tunggu proses lepas dalam waktu beberapa hari (tergantung kondisi juga terkadang ada juga  yang baru 1 minggu lepasnya asal jangan dipaksa dikopek sendiri) kutil / tahi lalat akan mengering dan akan rontok sampai keakar-akarnya.
13.  Terkadang pada saat kutil / tahi lalat copot akan menimbulkan lubang, jangan panik dan tetap diberi obat luka saja sampai rata kembali dan selanjutnya bisa diberi obat perangsang tumbuhnya jaringan kulit seperti Bioplacenton (bisa beli di apotik harganya murah).
14. Campuran kapur sirih dan sabun hanya untuk sekali pakai, tidak bisa disimpan lama karena kurang berkhasiat lagi. Jadi setiap pemberian buat adonan kapur sirih plus sabun baru.Tips nya buat sebesar pentol korek api aja setiap kali membuat adonan kapur sirih plus sabun.

Sebenarnya secara formula kurang tahu juga reaksi kimia dari campuran 2 bahan ini (kapur sirih dan sabun). Kapur sirih dalam keadaan kering itu rumus kimianya CaO, setelah dia dicampur air atau dilarutkan dalam air akan berubah menjadi Ca(OH)2.
CaO + H2O ===; Ca(OH)2
Nah.. kalau sabunnya sendiri, secara umum seperti sabun colek rumus kimianya adalah CH3(CH2)14CO2Na
Ca(OH)2 + CH3(CH2)14CO2Na ===; ????  
Sedangkan formula sabun kemasan bermacam-macam karena sudah dicampur bahan lain misalnya :
- LABS/ABS
- Soda ash dense
- Coustic soda Kaolin
- Calcium Carbonate
- Garam industri
Yang kemungkinan jika dicampur dengan kapur sirih maka secara kimia akan berubah dan menjadi kurang efektif untuk membunuh virus kutil atau tahi lalat.

Penyakit Kutil Kelamin / genitalis (condiloma acuminata  /Genital Warts) sering disebut Jengger Ayam

Kutil kelamin adalah kutil yang tumbuh pada alat kelamin.  Kutil kelamin termasuk penyakit menular seksual (PMS) yang bisa terjadi pada pria maupun wanita.  Kutil genital tidak seperti kanker yang tumbuh secara ganas, tetapi kutil kelamin tumbuh jinak. Jika kutil kelamin dibiarkan maka akan tumbuh seperti bonkol yang besar sekali, dapat tumbuh seperti kembang kol dan tapi tidak menyebar, sehingga ada kemiripan bentuknya, kutil kelamin sering disebut dengan jengger ayam. Kutil kelamin lebih mengganggu dibandingkan kutil di bagian tubuh lainnya karena menimbulkan beban psikologis bagi penderitanya.

Penyebab Kutil Kelamin adalah Human Papilloma Virus (HPV)
Dari 120 tipe HPV yang telah diketahui hingga saat ini, terdapat sekitar 30-40 tipe HPV yang menyerang area kelamin termasuk kulit penis, mulut vagina dan anus. HPV juga dapat mengakibatkan masalah pada mulut atau pada lidah dan bibir. HPV tipe 6 and 11 yang menyebabkan 90% dari kasus kutil genital   Jenis HPV penyebab kutil kelamin berbeda dengan penyebab utama kanker serviks yaitu tipe 16 dan 18. HPV menular lewat genital, oral dan anal seks. Penelitian menunjukkan lebih dari 75% wanita yang berhubungan intim pernah terinfeksi HPV pada puncak diantara umur 18-22 tahun.



Kutil Kelamin Sering Kambuh
Pada wanita, biasanya keluhan selalu keputihan. Untuk menentukan serviksnya normal apa tidak dilakukan pemeriksaan dalam untuk melihat apakah jamur atau warts.
Pengobatan lain yang kurang lazim untuk kutil termasuk obat 5-FU (5-fluorourasil) dan interferon alfa. 5-FU berbentuk krim.Interferon harus disuntik pada kutil. Suatu obat baru, yaitu imikuimod, disetujui di AS untuk mengobati kutil kelamin. 
Kutil kelamin merupakan penyakit yang sering kambuh, hanya dapat dikurangi keberadaannya dan tetap berpotensi untuk muncul lagi. karena kutil kelamin disebabkan oleh virus sehingga yang tidak dapat benar-benar disembuhkan.  



Mencegah Kutil Kelamin

1.   Mereka yang berusia muda (puncak infeksi 20-29),
2.   Berganti pasangan,
3. Melakukan hubungan seksual di usia muda dan merokok memiliki risiko tinggi terinfeksi HPV.
4.  Untungnya kutil kelamin dapat dicegah.
5.   Penggunaan kondom dan vaksinasi termasuk cara pencegahan kutil kelamin. 



Kondom berguna sebagai pengaman hubungan seksual. Meskipun tidak bisa mencegah 100%, kondom merupakan pencegahan utama terhadap infeksi virus.Dengan menggunakan kondom misalnya dapat menurunkan resiko terkena penularan penyakit seksual (herpes ataupun kutil).
Vaksinasi telah tersedia di Indonesia dengan harga yang tidak murah. Tapi vaksinasi dapat sangat bermanfaat bagi mereka yang berisiko tinggi. Setelah vaksinasi masih perlu pemeriksaan secara berkala dengan pap smear, vaginal inspection with asetic acid (VIA) dan HPV-hybrid capture.
Deteksi dini dengan pap smear juga bisa dilakukan. Pap smear dapat menemukan pertumbuhan sel tidak normal pada leher rahim. Tes ini juga dapat dipakai untuk memeriksa dubur pria dan wanita.  

Ada beberapa cara untuk menghilangkan kutil kelamin, antara  lain: 
  • Membakarnya dengan jarum listrik (kauterisasi listrik) atau laser
  • Membekukannya dengan nitrogen cair.
  • Memotongnya secara bedah.
  • Mengobatinya dengan zat kimia seperti asam trikloroasetik (TCA), podofilin atau podofiloks. PERHATIAN: Podo-filin dan podofiloks tidak boleh dipakai oleh perempuan hamil.


thumbnail
Judul: Mengenal Lebih dalam Penyakit Kutil (Veruka) / Papilloma dan Kutil Kelamin
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Kesehatan, Kesehatan Seks, Mikrobiologi, Penyakit :

4 komentar:

  1. Marvelous, what a weblog it is! This weblog provides useful facts to us, keep it up.


    Feel free to surf to my page jual obat tahi lalat

    ReplyDelete
  2. Saya ingin berterima kasih Dr Oziegbe untuk Obat Herbal HIV dia berikan kepada saya dan anak saya, saya menderita HIV ketika saya melahirkan putri saya dan itu adalah bagaimana anak saya mendapat penyakit tidak langsung dari saya, tapi kepada Allah menjadi kemuliaan bahwa saya sembuh dengan obat herbal yang Dr Oizegbe berikan kepada saya ketika saya email dia. saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang bahwa solusi untuk penyakit kita telah datang, jadi saya akan seperti Anda untuk menghubungi penyembuh besar ini pada alamat email-nya, (droziegbespellhomecure@gmail.com) dengan dia semua rasa sakit Anda akan pergi, saya benar-benar senang hari ini bahwa saya dan putri saya sembuh dari HIV, kita sekarang Negatif setelah penggunaan obat Herb nya, dokter spesialis saya mengkonfirmasikannya. sekali lagi saya mengucapkan banyak terima kepada Anda Dr Oziegbe untuk penyembuhan tangan atas hidup saya dan putri saya, saya mengatakan mungkin Tuhan terus memberkati Anda berlimpah dan memberi Anda lebih banyak kekuatan untuk terus membantu mereka yang membutuhkan bantuan Anda dalam hidup mereka. email dia sekarang dia menunggu untuk menerima Anda. droziegbespellhomecure@hotmail.com

    DR OZIEGBE BISA SERTA CURE BERIKUT PENYAKIT:

    1. HIV / AIDS
    2. HERPES
    3. KANKER
    4. ALS
    email: DROZIEGBESPELLHOMECURE@GMAIL.COM

    ReplyDelete
  3. ditangan sy ada kutil veruka vulgaris,sdh dikoter tapi msh timbul lg,gmana yah cara mengatasinya

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz