Mengenal Lebih dalam Penyebab Penyakit Flu / Pilek / Influenza

Advertisement
Banyak sekali sekarang macam macam flu  meliputi Flu Burung,  flu babi, flu singapura, flu pilek, flu dan batuk serta flu flu yang lain.  flu pada umumnya  juga harus kita waspadai. Penyakit flu,  penyakit yang paling sering dan paling dianggap ringan diantara sakit yang lain karena banyak beranggapan  akan sendiri. Jika terkena flu kitapun akan merasa terganggu sehingga sebaiknya kita jaga-jaga jangan sampai terkena. Satu satu solusinya mengenali penyebabnya.

Flu merupakan penyakit menular  dan pada dasarnya penyebab flu adalah virus RNA dari famili orthomyxoviridae. 3 jenis virus influenza adalah

1.  Virus influenza A (Virus yang menyerang manusiakudamonyetbabi dan juga burung. Virus jenis A adalah virus yang biasanya mematikan dan penyebab epidemis dan pandemis)
2. Virus influenza B(menyerang manusia)
3.  Virus influenza C (menyerang manusia dan mamlia)
Gejala yang sering (mungkin) timbul yaitu : DemamPusing, Kelelahan (bahkan bisa sangat parah), Batuk kering, Kerongkongan gatal, Hidung mampet, meler dan bersin-bersin, Badan sakit

Banyak hal yang tanpa kita sadari memungkinkan kita terserang flu. Berikut 10 hal yang bisa memicu atau penyebab flu: 

1. Terlalu cemas dan Kawatir
Kekhawatiran kita akan datangnya penyakit justru hanya akan membuat kita sakit.

2. Berpelukan, berciuman, dan berjabat tangan dengan Penderita. 
Sebaiknya hindari berkontak langsung dengan penderita flu karena kita tdak tau kondisi tubuh kita lagi fit atau tidak, karena virus flu mudah sekali bermutasi, jika virus tersebut belum perna masuk tubuh kita, hal tersebut akan memicu tubuh kita bisa terkena flu juga.

3. Merokok
Merokok dapat melemahkan fungsi bulu-bulu halus dalam hidung unk menyaring udara ke paru-paru, sehingga kuman akan terperangkap dan masuk ke paru-paru. 

4.  Olahraga Berlebihan : 
Kebiasaan berolahraga dalam jumlah yang berlebihan justru akan melemahkan sistem kebalan tubuh kita. 

5. Tidak Mengenali Kondisi Tubuh Sendiri : 
Apabila kondisi tubuh sudah lelah dan cape sebaiknya istirahat yang cukup dan menkonsumsi makanan yang cukup. Jika kondisi tubuh lelah dan drop, makan dibutuhkan asupan tambahan dan perbaikan agar kondisi kembali pulih, jika tidak maka virus akan dengan mudah masuk menyerap tubuh kita.

6. Alkohol ; Sebuah studi baru-baru ini di BMC Immunology menemukan bahwa tikus yang mengkonsumsi alkohol dalam jumlah besar dalam waktu singkat sistem kekebalan tubuhnya melemah. Kemungkinan begitu juga pada manusia yang suka mengkonsumsi alkohol. Fungsi tubuh secara umum tidak seimbang.

7. Terlalu mengandalkan antibakteri pada gel pencuci tangan : 
Anda yang terbiasa menggunakan gel pencuci tangan, periksa dahulu bahan yang terkandung di dalamnya. Gel antibacterial yang baik mengandung 60 hingga 95 persen alkohol, etanol, atau isopropanol. Mencuci tangan dengan sabun dan air tetaplah cara terbaik untuk membasuh kuan.

8. Tidak mencuci tangan dengan benar ; 
Cuci tangan sebanyak sepuluh kali sehari adalah salah satu cara yang dianjurkan untuk mencegah datangnya virus penyebab flu. 

9.  Penggunaan masker wajah yang salah; 
Masker adalah sarang virus. Pastikan Anda memakai dan membuangnya dengan benar. Jangan sampai menyentuh bagian depan yang paling mungkin terkontaminasi virus. Setelah itu, pastikan Anda selalu cuci tangan dengan benar hingga bersih.

10.  Minum Obat Flu sebelum waktunya; 
Di tengah kepanikan akan virus flu babi, flu burung, dan lainnya. Banyak orang lalu mencari dan membeli persediaan obat antivirus untuk antisipasi. Namun, kebanyakan dari mereka tidak akan, bahkan mungkin tidak akan pernah membutuhkannya. Obat antivirus seperti Tamiflu, harus diberikan sesuai anjuran dan resep dokter. Hal ini karena dosis yang tak tepat dapat membuat virus menjadi resisten terhadap obat-obat tersebut.

11.  Menganggap Enteng Setiap Hal ; 
Biasanya, pasien flu berisiko tinggi berusia setidaknya 65 tahun, di bawah dua tahun, wanita hamil, atau sudah pernah ada kondisi medis sebelumnya. Pada akhirnya, semua ini intinya adalah kelompok umur atau status kesehatan tidak membuat Anda terkalahkan, dan kita semua harus mengambil tindakan pencegahan flu secara serius.
.

ARTIKEL YANG BERKAITAN