Penyakit Penyakit Yang Disebabkan Oleh Babi

Advertisement
Terdapat lebih dari 25 penyakit yang bisa dijangkiti dari babi. Hal tersebut berdasarkan pernyataan  DR Murad Hoffman, Daniel S Shapiro, MD, seorang Pengarah Clinical Microbiology Laboratories, Boston Medical Center, Massachusetts, dan juga merupakan asisten Profesor di Pathology and Laboratory Medicine, Boston University School of Medicine, Massachusetts, Amerika. 

Penyakit penyakit itu adalah : 
1. Anthrax. 
2. Ascaris suum., 
3. Botulism, 
4. Brucella suis, 
5. Cryptosporidiosis, 
6. Entamoeba polecki
7. Erysipelothrix shusiopathiae, 

8. Flavobacterium group IIb-like bacteria, 

9. Influenza, 
10. Leptospirosis
11. Pasteurella aerogenes, 
12. Pasteurella multocida, 
13. Pigbel, 
14. Rabies, 
15. Salmonella cholerae-suis
16. Salmonellosis, 
17. Sarcosporidiosis, 
18. Scabies, 
19. Streptococcus dysgalactiae (group L), 
20. Streptococcus milleri, 
21. Streptococcus suis type 2 (group R), 
22. Swine vesicular disease, 
23. Taenia solium, 
24. Trichinella spiralis, 
25. Yersinia enterocolitica, 
26. Yersinia pseudotuberculosis 


 Kajian informasi yang terkandung dalam Al-Quran memang tidak sembarangan. Perintah memakan makanan yang halal dan menjauhkan yang haram merupakan ketentuan Allah yang tidak bisa diganggu gugat. Tercantumnya babi sebagai salah satu hewan yang diharamkan untuk umatnya menjadi salah satu pertanda bahwa Allah SWT memiliki alasan yang sangat logis mengapa hewan satu ini dilarang. Munculnya penyakit flu babi ini menjadikan kita untuk bertanya, “mungkin inilah salah satu alasan mengapa babi dilarang”. Diluar alasan logis lain mengenai tidak bolehnya babi dikonsumsi bagi umatnya. Kini kondisinya cukup memprihatinkan, sebab orang yang tidak makan babi pun bisa saja terkena penyakit dari babi seperti flu babi. 

Kuman-kuman atau bakteri  yang ada pada babi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, antara lain:




1. TBC. Penyakit ini mungkin berasal dari babi yang dagingnya dimakan oleh manusia tanpa dimasak dengan baik. Bisa juga terjadi hanya dengan menyentuhnya.


2. Cacar (Small Pox). Virus ini pindah dari babi ke tubuh manusia dengan cara persentuhan
atau memakan daging yang terkena penyakit ini.

3. Gatal-Gatal (Scabies). Penyakit ini bisa mengenai manusia dengan cara menyentuh kulit
babi.

4. Kuman Rusiformas. Yaitu kuman yang bisa melakukan pembusukan pada kedua kaki dan sulit untuk disembuhkan.

5. almonella Choler Suis. Salmonella adalah suatu genus bakteri enterobakteria gram-negative berbentuk tongkat yang menyebabkan tifus, paratifus, dan penyakit foodborne. Spesies-spesies Salmonella dapat bergerak bebas dan menghasilkan hidrogen sulfida. Salmonella dinamai dari Daniel Edward Salmon, ahli patologi Amerika, walaupun sebenarnya, rekannya Theobald Smith (yang terkenal akan hasilnya pada anafilaksis) yang pertama kali menemukan bakterium tahun 1885 pada tubuh babi.

4. Blantidium Coli. Babi dianggap sebagai hewan utama yang menjadi tempat tumbuh suburnya parasit ini, yang menyebabkan disentri parah pada seseorang.

5. Mikroba Brocellosis. Kotoran babi dianggap sebagai sumber utama munculnya mikroba ini. Penyakit yang ditimbulkan oleh mikroba ini sangat menular yang dapat menimbulkan penyakit di daerah sekitarnya, serta bisa menyebabkan demam malta fever pada manusia.

6. Mikroba Toxoplasma Gondi. Mikroba ini banyak sekali terdapat di tempat-tempat pemeliharaan babi. Penyakit ini menyerang manusia melalui makanan yang tercemar oleh kotoran babi atau menghirup udara atau debu yang mengandung gelembung-gelembung mikroba ini. Mikroba ini bisa masuk pada getah bening, limpa dan hati. Hal itu menyebabkan demam yang panjang dan menurunnya imunitas tubuh, radang otot dan jantung. Serta bisa menyebabkan gangguan pernafasan, karena mikroba ini juga menyerang paru. Bisa juga menyerang mata berupa peradangan parah pada daerah mata, yang akhirnya bisa menyebabkan kebutaan. Mikroba ini pun bisa menyerang sel-sel telinga bagian dalam yang b menyebabkan ketulian. Terkadang menyerang wanita hamil, yang karenanya janin yang lahir akan meninggal beberapa hari atau beberapa minggu setelah kelahiran. Atau bisa juga, bayi akan lahir dalam keadaan cacat. sumber:  dewa-krisna (dot) blogspot(dot)com

ARTIKEL YANG BERKAITAN