Mengapa Perut Buncit? Berikut Cara Mengatasinya

Advertisement
Penyebab perut buncit
Perut buncit disebabkan adanya penumpukan lemak pada tubuh terutama di bagian perut. Adapun peyebab perut buncit selain karena lemak menumpuk adalah karena menderita penyakit tertentu seperti cacingan, busung lapar, malnutrisi dan lainnya. Penyakit ini paling banyak pada anak anak. Perut buncit pada artikel kali ini adalah perut buncit yang sering dialami oleh orang – orang dewasa terutama yang sudah mendekati umur paruh baya. Perut buncit meningkat karena banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan gula, tepung, kue dan roti.
Body idaman 

Cara membuat perut sixpack cepat dan praktis 

ini yang namanya Buncit... 

Solusi Mencegah dan Mengatasi Perut Buncit
Penumpukan lemak pada perut disebabkan karena kurangnya aktivitas fisik dan diet makan tidak teratur sehingga asupan gula ke dalam tubuh berlebih sehingga tersimpat di diperut. Oleh karena itu selalu dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur agar membantu lebih banyak membakar kalori. Seperti  mengurangi makan dan olahraga secara teratur melakukan gym / fitness, pillates, melakukan aerobik seperti berjalan, sepeda atau berenang dan  trainer untuk latihan mana yang pas untuk mencegah perut buncit, bahkan melakukan operasi lemak lambung atau dikenal dengan nama gastric.

Bahaya Perut Buncit
Perut buncit secara fsikis membuat kurang percaya diri dalam hal penampilan, namun lemak yang menumpuk di perut dapat berisiko dan berbahaya bagi kesehatan karena dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti mengalami sindrom metabolik, diabetes,  kolesterol tinggi, penyakit kardiovaskuler dan penyakit degeneratif seperti penyakit jantung

Lemak intra abdomen atau sering sebut  lemak visceral  adalah lemak yang berhubungan dengan kolesterol tinggi, insulin tinggi, trigliserida tinggi, tekanan darah tinggi dan masalah lainnya. Oleh sebab itu lemak visceral paling berbahaya dan bisa meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes, jantung, stroke, demensia atau beberapa jenis kanker.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah lemak yang menumpuk di perut bisa membahayakan tubuh atau tidak adalah dengan mengukur lingkar perutnya. Lingkar perut yang sehat untuk laki-laki adalah tidak lebih dari 90 cm dan wanita tidak lebih dari 80 cm. Pada laki-laki yang memiliki perut buncit atau lingkar pinggangnya lebih dari 100 Cm, maka ia 3-4 kali lebih mungkin mengalami impotensi dibandingkan dengan laki-laki yang berperut rata.

Cara Yang Tepat dan Cepat Mengatasi perut Buncit

Diet seimbang atau mengatur pola makan. Banyak mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang banyak mengandung serat dan sesuai ukuran kebutuhan kalori tubuh. Seperti contoh mengurangi porsi makan nasi putih, roti putih dan makanan karbohidrat sederhana. Tapi menggantinya dengan karbohidrat kompleks seperti gandum. Selain itu mengurangi konsumsi garam, makanan asin dan makanan olahan dengan natrium tinggi yang membuat perut buncit, karena garam menarik air dalam jumlah besar dan memicu retensi air. Serta hindari atau kurangi gorengan karena memperlambat proses pencernaan sehingga membuat lemak menumpuk di dalam tubuh.

Melakukan aktivitas fisik, Banyak jalan adalah aktivitas fisik yang murah meriah yang mudah dilakukan dan diketahui baik untuk mengurangi penumpukan lemak di perut. Serta sering melakukan kegiatan sehari-hari yang bisa dengan fisik tanpa menggunakan alat-alat tehnolgi sperti mesin. Speti menyapu, mengepel, memasak dll.

Olahraga teratur. Dengan olahraga akan membakar banyak lemak dan kalori. Seprti olahraga Hula hoop diketahui bisa membakar 100 kalori dalam waktu 10 menit dengan melakukan gerakan memutar yang setara dengan berjalan pada kecepatan sedang atau sama dengan jalan kaki 7 km/jam seperti ketika sedang terburu-buru.Selain itu gerakan ini memberikan penekanan pada otot-otot perut karenanya bisa membuat perut tetap rata dan membantu pembentukan perut six pack. Serta bisa mengurangi timbulnya nyeri punggung dan cedera.  Rajin melakukan push up bisa meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh serta meningkatkan kekuatan otot. Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Obesitas diketahui tingkat testosteron rendah bisa mengakumulasi lemak visceral yang menyebabkan perut buncit. Untuk itu jadikan latihan push up dalam membantu menjaga jumlah lemak di perut.

Circuit training. Metode ini adalah gabungan antara latihan kardiovaskular dan angkat beban yang berarti melibatkan komponen aerobik dan anaerobik secara berurutan. Cara ini merupakan yang paling efektif mengurangi lemak di perut. Lakukan masing-masing latihan selama 45-60 detik, jeda istirahat 30 detik dan dilanjutkan lagi dengan rentang waktu yang sama. 

Konsumsi Buah. Jadikan buah sebagai makanan utama dan sebaiknya dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari. Buah banyak mengandung nutrisi yang tak kalah dengan karbohidrat.Namun jangan mengganti buah asli dengan mengkonsumsi jus buah dalam kemasan karena kandungan nutrisinya sudah sangat berbeda. Jus dalam kemasan juga banyak ditambahi gula.

Tidur yang Cukup. Sebenarnya kurang tidur tidak berakibat langsung pada pertambahan berat badan. Pertambahan berat badan di sini diakibatkan karena orang cenderung banyak makan sebagai kompensasi dari kekurangan tidur.Artinya, orang yang kurang tidur membutuhkan energi ekstra sehingga banyak memakan makanan berlebih yang berujung pada kegemukan.
 .

ARTIKEL YANG BERKAITAN