Pesona Wisata Lumba Lumba di Teluk Kiluan Lampung

Advertisement
Perjalanan wane kali ini yaitu ke Teluk Kiluan (kiluan bay), daerah pantai yang ada di kabupaten Tanggamus propinsi Lampung. Keistimewaan daerah ini adalah adanya tempat habitat asli lumba-lumba (Dolphin) di perairan laut ujung Lampung. Berkunjung ke daerah ini selain kita bisa dimanjakan dengan pemandangan pantai pasir putih dan bentuk batu karang yang indah, yang utama adalah melihat atraksi ikan lumba-lumba yang berloncatan di depan mata langsung. Dengan menggunakan kapal sewaan khusus kita bisa melihat rombongan ikan lumba-lumba berloncatan dengan khasnya.

Dari beberapa artikel yang saya baca bahwa ikan lumba –lumba yang ada di perairan teluk kiluan tersebut adalah jenis Lumba-lumba hidung botol dengan nama ilmiah Tursiops truncatus. Ikan lumba-lumba ini adalah spesies lumba-lumba yang paling umum dan paling dikenal orang. Habitatnya berada di perairan hangat di seluruh dunia dan dapat ditemui di hampir seluruh perairan kecuali Samudra Arktik dan Samudra Selatan.
Ciri Lumba-lumba hidung botol berwarna abu-abu yang bervariasi dari abu-abu gelap di bagian atas dekat sirip punggung ke abu-abu muda keputih-putihan di bagian bawah. Corak warna ini membuat mereka sulit dilihat dari atas dan bawah. Lumba-lumba hidung botol dewasa memiliki panjang antara 2 sampai 4 meter dan berat dari 150 sampai 650 kilogram.
Klasifikasi ilmiah ikan lumba lumba adalah sebagai berikut :    
kindom :  Animalia 
Filum :  Chordata  
Kelas :Mamalia 
Ordo : Cetacea  
Famili : Delphinidae  
 Genus : Tursiops    
Spesies :  Tursiops truncatus Montagu, 1821.


Perjalanan ke teluk kiluan untuk melihat lumba lumba tentu bukan tempat yang  dekat dan cepat aksesnya, akan tetapi harus ditempuh dengan perjalanan cukup jauh dengan menggunakan kendaraan dan setelah di pantainya pun harus menggunakan kapal. Jarak teluk kiluan dengan kota Bandar lampung (ibukota propinsi Lampung) harus ditempuh kurang lebih 4 jam, akses jalan ke sana dapat dengan menggunakan kendaraan roda empat akan tetapi hampir setengah perjalanan kondisi fisik jalan dalam keadaan berbatu dan berlobang, jika membawa mobil pribadi harus yang siap medan jalan berlobang, sebaiknya menggunakaan mobil offroad.  Selain kondisi jalan berbatu ada beberapa tanjakkan dan tikungan yang tajam, kehati-hatian sangat diperlukan dalam perjalanan menuju lokasi ini. Bagi pecinta rekreasi dari kota Bandar Lampung menuju teluk kiluan ada beberapa pusat pantai rekreasi yang terkenal di lampung yang dilewati yaitu pantai puri Gading, pantai Duta Wisata, Pantai Mutun, pantai Ringgung, pantai Klara, pantai claura, dan pantai tanjung putus dan pantai-pantai lainnya. Jika pembaca sekalian ingin mampir bisa saja dilakukan.
 Di Teluk Kiluan sendiri selain utama mengunjungi atraksi ikan lumba-lumba, mata kita bisa dimanjakan dengan keindahan pantai dan bentuk batuan karang yang eksotik, daerah daerah tersebut adalah pulau kiluan/kelapa, pantai Laguna (pantai dengan batuan terjal), pantai pasir putih, pantai gadungan (bebatuan yang indah), Karang bolong, batu candi, Batu suluh, pulau hiu, pulau paku dan lainnya. Jika anda seorang adventure pasti akan penasaran untuk melihat keindahan teluk kiluan dan sekitarnya.
Berwisata ke teluk kiluan bisa dilakukan dengan paket wisata yang banyak ditawarkan di internet dan dinas pariwisata atau dengan ala backpacker. Yang saya lakukan tahun baru ini dengan ala backpacker, dengan menggunakan kendaraan bermotor, Kami sampai di desa kiluan menghubungi salah satu warga yang sudah biasa melayani tamu, kami bermalam dan menyewa perahu punya warga tersebut. Biaya sewa perahu untuk melihat atraksi lumba-lumba sekitar 250 ribu per perahu yang diisi 3 orang jika dibagi tiga perorang sekitar 85 ribu. sedangkan biaya makan 20 ribu perorang 1 kali makan, sewa penginapan sekitar 100 ribu. jika menggunakan paket khusus harganya beda lagi.


Waktu kunjungan yang baik untuk teluk kiluan sebaiknya pada saat musim angin timur sehingga ombak tidak terlalu besar, musim angin timur yaitu pada bulan april hinggal oktober. 


Berikut ini gambar- gambar sempat saya abadikan.. semoga bermanfaat : 
gapura teluk kiluan dari kejauhan terlihat teluk kiluan

jalan menuju teluk kiluan 
kapal yang biasa di sewa untuk melihat lumba -lumba di laut 

siap siap berangkat ke laut melihat lumba lumba / dolphin 

berangkat 

banyak pengunjung berburu atraksi dolphin

dari kejauhan nampak lumba lumba

mengabadikan gambar pelangi




Atraksi dolphin di laut lepas

pantai laguna di teluk kiluan 

pantai laguna di teluk kiluan 

pantai di pulau kelapa kiluan 

pantai di depan pulau kelapa kiluan

di pulau kelapa kiluan 

batu suluh (batu merah) teluk kiluan

batu karang bolong teluk kiluan 

batu karang di teluk kiluan  

batu candi di teluk kiluan 

pulau 

gunung tanggang dari kejauhan

pantai gadungan

di pantai laguna teluk kiluan 

pantai pasir putih teluk kiluan

pantai pasir putih teluk kiluan 



ARTIKEL YANG BERKAITAN