loading...

Thursday, March 7, 2013

Mengapa Daun Tidak Berwarna Hijau dan Fotosintesisnya

Terkadang ada pertanyaan : Tumbuhan bisa berfotosintesis karena mengandung klorofil yang berwarna hijau, sehingga daun berwarna hijau. Lalu bagaimana jika daun tumbuhan tertentu berwarna merah atau kuning, apakah tumbuhan tersebut bisa berfotosintesis. 
Jawabannya adalah : 

Di daun terdapat sel sel mesofil yang banyak mengandung kloroplas. Di dalam kloroplas terdapat klorofil (zat hijau daun). Di dalam kloroplas tidak hanya terdapat klorofil yang menjadi zat penyebab warna hijau daun. Tetapi di dalam kloroplas terdapat juga figmen figmen warna yang lain yaitu carotenoids, phycocyanin, phycoerythrin, dan fucoxanthin. Masing –masing figmen tersebut memiliki warna yang berbeda-beda dan di setiap daun mempunyai satu jenis kloroplas yang dominan.

Kebayakan daun mengandung klorofil, karena itulah daun berwarna hijau. Sebagian besar klorofil terdapat di daun, namun pada bagian-bagian tanaman lain seperti akar, batang, buah, biji, dan bunga juga terdapat klorofil dengan jumlah terbatas. Distribusi klorofil pada daun berbeda-beda. Klorofil di pangkal daun akan berbeda dengan klorofil di bagian ujung, tengah, dan tepi daun. Perbedaan jumlah klorofil ini akan menunjukkan perbedaan warna daun. Semakin hijau warna daun maka semakin tinggi kandungan klorofilnya.

Pada jenis daun yang memiliki jumlah klorofil sedikit, sehingga warnanya tidak hijau. Misalnya, tumbuhan yang mengandung banyak carotenoids akan memiliki daun yang berwarna kuning ke orangenan. Meskipun strukturnya berbeda dengan klorofil, namun carotenoids dan lainnya juga memiliki fungsi yang sama dalam melangsungkan proses fotosintesis.

Pada daun terdapat beberapa komponen yang memberikan penampilan pada warna daun. Komponen tersebut adalah: 

1. Klorofil yang menghasilkan warna hijau untuk proses fotosintesis, 
2. karotenoid (karoten dan atau xanthofil) yang memberi warna oranye atau kuning, 
3. Tannin yang memberikan warna kuning keemasan, 
4. Anthocyanin yang memberi warna merah atau ungu.

Klorofil dan karotenoid berada di dalam daun selama musim panas dengan jumlah yang lebih banyak dan menutupi warna karotenoid, sehingga sebagian besar daun berwarna hijau. Anthocyanin diproduksi sebagai hasil dari glukosa yang terjebak dalam daun ketika pembuluh darah daun tersebut tertutup. Gula ini kemudian akan pecah karena terkena cahaya matahari dan menghasilkan pigmen berwarna merah dan ungu.

Pada kondisi eksisting tidak semua daun tanaman selalu berwarna hijau, daun dapat berwarna kuning, merah, bahkan cenderung biru. Hal tersebut disebabkan adanya zat terlarut yang dapat menghasilkan warna tertentu. Beberapa diantaranya adalah Anthocyanin dan Anthoxanthin. Anthocyanin berada di sitoplasma dan menimbulkan warna merah muda, merah tua, dan biru. 

Warna ini akan berubah mengikuti derajat keasaman (pH) lingkungan. Semakin asam (pH rendah) lingkungan akan muncul warna merah, sebaliknya semakin basa (pH tinggi) akan muncul warna biru pada daun. Anthoxantin juga berada di sitoplasma tetapi warna yang dihasilkan adalah kuning muda hingga kuning tua. Kondisi dimana kedua zat ini bercampur di sitoplasma dan menghasilkan warna yang tidak sesuai dapat disebut ko-pigmentasi.

.
thumbnail
Judul: Mengapa Daun Tidak Berwarna Hijau dan Fotosintesisnya
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Botani :

4 komentar:

  1. kakak saya mau bertnya, penyebab layunya, atau tua nya daun itu apa kak?

    ReplyDelete
  2. Nice informasi.... terimakasih informasinya sangat membantu saya mengerjakan tugas

    ReplyDelete

  3. ..layu disebabkan oleh keadaan turgiditas, yang harus dilakukan adalh mempertahankan air pada kondisi dapat disediakan oleh tanaman. Untuk penuaan biasanya terjadi karena zpt dan lingkungan, sangat kompleks sekali tergantung oleh jenis tanaman dan siklus fotosintesisnya.

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz