Cara Mengecek Tulisan di Blog yang Copy Paste atau Tidak

Advertisement
Sekarang marak sekali tentang penjiplakan hasil karya orang lain, salah satunya yang paling banyak adalah pengcopy paste-an hasil tulisan seseorang. Internet merupakan dunia maya yang tanpa batas, setiap hari ratusan bahkan ribuan tulisan diterbitkan. baik itu sekala jurnal ilmiah, ataupun sekedar artikel biasa. tulisan tulisan diunggah dalam bentuk pdf, word, ppt, ataupun artikel dalam blog. Di dalam forum forum tertentu bahkan sering sekali diributkan tentang pengcopy-paste-an hasil tulisan tulisan sehingga menjadi perdebatan yang panjang, yang tak urung ada kesan emosi dan lucu dari perdebatan tersebut. 

Namun dibalik penjiblakan hasil tulisan tersebut ada beberapa penulis / blogger mengamankan artikelnya dengan menu hiden tanpa bisa di-copy paste.. hanya bisa dibaca saja oleh para netter. mnurut saya tidak masalah jika ornag tersebut ingin mencopy-paste hasil tulisanku di blog ini tetap disertakan link aslinya serta jangan dialih nama penulis aslinya, karena hal tersebut sama saja kasus pencurian tulisan orang.

Menyangkut tulisan yang di copy paste di internet ternyata bisa dicek melalu website ini :  copyscape  kita tingga memasukkan Link website atau blog sumber yang akan kita cek. dari sana akan kelihat artikel dalam blog tersebut hasil copy paste atau memang rosinl milik sang penulis.. 


ARTIKEL YANG BERKAITAN