Kelenjar Adrenal (Anak Ginjal)

Advertisement
Kelenjar adrenal disebut kelenjar suprarenalis, kelenjar ini terletak menempel bagaian atas organ ginjal /buah pinggang.  Kelenjar adrenal terdiri bagian korteks (tepi) dan medulla (tengah). Pada bagian korteks berfungsi jaringan kelenjar sedangkan bagian medula berfungsi sistem saraf.

Bagian korteks mempunyai 3 (tiga) kelompok besar:
1. Menghasilkan hormon kortison & hidro-kortison, dengan pemicunya adalah hormon glukokortikoid untuk pembentukan gula bila tubuh kekurangan gula. Hormon ini sebagai hormon hiperglikemia karena dapat meningkatkan keberadaan glukosa dalam darah. Selain itu fungsinya dapat mengontrol efek inflamasi disini dapat menghilangkan nyeri dan memperbaiki udema.

2. Hormon aldosteron  yang dipicu oleh hormon mineralokortiod àberperan untuk  keseimbangan cairan tubuh antara ion Na (natrium = sodium) & ion K (kalium=potasium). Hormon ini bekerja pada tubulus ginjal yang akan mereabsorpsi mineral dan cairan, ketika natrium diserap airpun akan ikut terserap.

3. Hormon gonad dipicu gonadokortikoid pembentukan hormon wanita   penghasilan estrone (estrogen) & progesterone (progesteron) sedangkan pada pria  penghasilan testrone  (testosteron).


Bagian Medula (Tengah) distimulasi oleh sistem saraf simpatis menghasilkan hormon Adrenalin & epinephrin serta derivatnya yaitu: noradrenalin dan norepinephrin. Berperan dalam Dilatasi (pelebaran) pembuluh darah coronaria jantung, Dilatasi pembuluh darah dan otot-otot bronkiolus agar respirasi berjalan normal, Konstriksi (penyempitan) pembuluh darah pada daerah muka (terutama bila kita dipermalukan) akibat lain terjadinya hipertensi (tekanan darah tinggi), menghasilkan gula dari glikogen otot 

ARTIKEL YANG BERKAITAN