Proses Pencernaan Makanan

Advertisement


Organ-organ pencernaan secera berurut tersusun atas mulut, faring, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum dan anus.
Proses suplai makanan ke sel tubuh manusia melalui proses ingesti – digesti – absorbsi – transportasi.

1.  INGESTI
Ingesti yaitu pemasukan makanan dari lingkungan ke dalam tubuh. Proses dimulai pemasukkan makanan ke dalam mulut (dengan adanya koordinasi antara otot rangka & sistem saraf), selanjutnya pengunyahan dan menelan (koordinasi antara lidah, refleks pharing & esophagus serta saraf cranial). Waktunya : 5 – 15 detik .

2.  DIGESTI
Digesti dalah perubahan fisik dan kimia makanan untuk dapat diabsorbsi dengan bantuan enzim dan coenzim (diatur oleh hormon dan  saraf) sehingga menjadi chime. proses yang terjadi merubah makanan:  
Nasi (karbohidrat )  menjadi monosacharida
Tahu (protein) menjadi asam amino
Keju (lemak)  menjadi asam lemak
Waktu : 1 – 4 jam

3. ABSORBSI
Absorbsi proses masuknya partikel zat makanan dari saluran pencernaan ke dalam pembuluh darah dan limpe. Penyerapan dimulai dari lambung hingga rektum.  Di lambung yang diserap adalah jenis alkohol dan aspirin. Sedangkan sari makanan yang lain diserap di usus.

4. TRANSPORTASI
Yaitu proses masuknya zat makanan yang larut  dalam lemak maupun air ke dalam sel.
Proses:
    1. Zat yang larut dalam air masuk vaskuler selanjutnya vena porta hepatica terus menuju hepar/hati lalu ke sel tubuh sel
    2. Zat yang larut dalam lemak  melalui pembuluh Kapiler limpatik  lalu ke pembulun limpe besar selanjutnya ductus thoracsicus dan lalu vena subclavia sinistra / vena jugularis interna sinistra ke vena cava lalu ke jantung terus ke arteri hepatica menuju hepar hingga sel.

Di dalam sel, makanan akan diproses atau dimetabolisme melalui  rangkaian Glikolisis, Glycogenolisis, Lipolisis,  Lipogenesis, Glicogenesis,  Glucolisis,  Glucogenesis, daur kreb dan transfor elektron.

Alat bantu untuk mencapai sel.
     a. Insulin    : transfor glukosa dan asam amino melewati membran sel
     b. Growth hormon
     b. Growth hormon :  memfasilitasi asam amino ke intrasel

ARTIKEL YANG BERKAITAN