Solusi Jika Kita Tidak Minum Air Putih 2 Liter Sehari

Advertisement
Banyak info yang kita dapat dari berbagai sumber : majalah, internet, bahkan buku kedokteran menganjurkan kita menum air putih 8 gelas/ 2 liter sehari, namun para ahli tidak yakin akan kebenaran asal usul aturan ini, mengapa ya? Menurut Mike Sawka, ilmuan dari angkatan darat AS, rumus ini berasal dari penelitian hidrasi hewan pengerat pada 1933 yang merekomendasikan konsumsi air 2,5 liter air per hari untuk menutupi kehilangan air melalui keringat san ekskresi pada manusia aktif.

Anda tidak perlu minum delapan gelas air putih setiap hari karena 20 % air konsumsi didapat dari makanan kaya air, seperti sup, es krim,- menyisahkan kekurangan dua liter (delapan gelas) lagi. Akan tetapi jika anda kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung air, sehingga dianjurkan minumlah yang biasa kita perhitungkan bahkan yang berkafein sekalipun.  Kebutuhan tubuh untuk menahan cairan mengalahkan pengaruh kecil kafein yang ada saat cairan hilang kata Douglas Casa, Fsikolog olahraga dari University of Connecticut.

Tubuh juga akan memberi tahu jika anda butuh cairan. Minumlah jika haus, dan sebaliknya. Satu pengecualian : minumlah sebelum melakukan olahraga berat.

Jika ragu, cek urin anda. Urin akan berwarna kuning gelap jika anda dehidrasi (kekurangan cairan di tubuh) kata Stella Volve ahli nutrisi University  of pennsylvania.  
Di karang Marc Silver, National geographic. 

ARTIKEL YANG BERKAITAN