Danau Ranau dari Sisi Lumbok Seminung Lampung

Advertisement
Menikmati suasana di tepi danau begitu menyenangkan karena serasa dipinggir pantai, hanya saja ombaknya tidak menggulung-gulung seperti ombak di pantai tanjung setia, hehe.. suasana sejuk di daerah pegunungan dan sambil menyaksikan para nelayan menagkap ikan adalah yang paling sering di jumpai di tepi Danau Ranau di sebalah sisi Kecamatan lumbok Seminung Kabupaten Lampung Barat. dari hasil tangkapan nelayan berupa ikan Nila, Mujair, harongan, sebarau, sema, dan lainnya saya juga kurang hapal nama-namanya saat disampaikan oleh para nelayan disana. ketika menikmati indahnya alam danau ini teringat cerita dulu masih sekolah kisah asal usul danau ranau, yang mana ranau adalah nama seorang anak ynag menajdi ilan di danau ini... hehehe banyak versi cerita legenda asal usul danau ranau. silahkan cari sendiri yoooo.. berikut ini wane akan cerita dengan foto-roto saat berkunjung ke danau ranau di sebalah sisi Lombok Seminung.

Danau Ranau termasuk danau tektonik / vulkanik (teknovulkanik) terletak diantara perbatasan provinsi Lampung dan Sumatra Selatan dengan luas kurang lebih 8x16 km2  atau 44 km2, wilayahnya  sebagian besar wilayah danau ini termasuk ke kabupaten Ogan Komering Ulu provinsi Sumatra Selatan. Di danau ini terdapat pulau kecil yaitu pulau marisa dan sumber air panas sehingga pengunjung selain dapat menikmati mandi air tawar yang luas juga dapat mandi air panas.  Pemandangan danau yang dikelilingi oleh pegunungan, terlihat di samping  gunung seminung yang tinggi menjulang dengan ketinggian ± 1.880 m dpl.  Jika ingin berkunjung ke danau ini bisa via lampung dengan arah Kota Liwa. Untuk berlibur di danau yang hawa sejuk ini bisa dengan tingga di wisma / vila lombok seminung milik penda Lampung Barat. 

Berikut ini foto foto danau ranau yang disebut danau terbesar kedua di Pulau Sumatra dari sisi daerah Lombok smeinung Lampung.













alga yang terdapat di dalam danau ranau

ARTIKEL YANG BERKAITAN