Menanam di Hidrogel yang Eksotik

Advertisement
Hydrogel mungkin sebagian besar masyarakat masih belum begitu familiar dengan media tanam ini, yaa berikut ini adalah cerita wane pada hari ini belajar menanam tanaman bunga dengan menggunakan media tanam yang disebut hidrogel. hidrogel adalah kristal kristal polimer yang dapat menyerap air, bahkan menyerap air hingga 600 kali bobotnya. setelah air terserap maka akan berbentuk kristal-kristal seperti makanan agar-agar yang terpecah.bentuknya unik sekilas mirip sekali agar. hidrogel ini juga yang bentuknya bulat-bulat seperti kelereng yang kenyal, tergantung bahan awal butiran hyrogelnya. Bahan-bahan pembentuk hidrogel biasanya terdiri dari bahan polyvinyl alcohol, natrium polyacrylate, polimer-polimer acrylate lainnya dan ko-polimer dengan kelompok hydrophilic. hidrogel ini sudah banyak sekali dipasaran terutama di toko-toko media tanam. 


Praktek langsung menggunakan hidrogel ternyata memberikan pengalaman yang unik karena saya berusaha mengkreasikan bagaimana tanaman dengan media hidrogel dapat terlihat lebih indah dan eksotik, setelah dicoba alhamdullilah memberikan pemandangan yang mempesona, cantik cantik dan cantikk... hahaha sahrini lagi...(intermezo). tanaman yang menggunakan hidrogel ini sangat cocok untuk perias ruangan, baik di ruang tamu ataupun di ruang kerja. dengan diletakan di atas meja atau di meja loby nampak akan menambah cantik ruangan.

Tidak sulit untuk membuat hidrogel ini menjadi mengembang, yang penting ada bahannya. 
Berikut saya coba jabarkan secara singkat bagaimana membuat hidrogel mekar hingga siap digunakan. pertama-tama kita siapakan kristal hidrogel, pewarna dan tanaman yang akan ditanam serta pot transparan. 
Selanjutnya siapkan air sekitar 1 liter kemudian masukan pewarna dan masukan juga kristal hidrogel sekitar 1 sendok makan. lalu biarkan selama 1-2 jam. setelah itu hidrogel akan mengembang dan membentuk seperti pecahan agar-agar.  

lalu tinggal masukan biogel ke dalam pot dan masukkan tamanan yang akan ditanam, kreasi akan muncul sendiri setelah kalian mencoba, semoga berhasil dan menarik. 
catatan: tidak semua tanaman bisa hidup segar di media ini biasanya tumbuhan -tumbuhan yang suka atau dengan banyak air. serta dalam menanam ini harus ada tambahan pupuk untuk memacu pertumbuhan tanaman dalam media biogel tersebut. 

Berikut ini foto-foto tanaman yang menggunakan media tanam hydrogel saya abadikan dengan kamera hp 










sumber foto : Rasuane Noor 
dengan kamera hp asus zonefone 4

ARTIKEL YANG BERKAITAN