Istilah Istilah Yang Digunakan dalam Ilmu Bedah

Advertisement
Pembedahan atau bedah adalah cabang dari ilmu medis yang ikut berperan terhadap kesembuhan dari luka atau penyakit melalui prosedur manual atau melalui operasi dengan tangan. Bedah dalam bahasa Inggris : surgery, Bahasa Yunani: cheirourgia (pekerjaan tangan) Hal ini memiliki sinonim yang sama dengan kata Chirurgia (dibaca; KI-RUR-JIA). Dalam bahasa Yunani “Cheir” artinya tangan; dan “ergon” artinya kerja.

Ahli bedah (surgeon) yaitu dapat merupakan dokter, dokter gigi, atau dokter hewan yang memiliki spesialisasi dalam bidang ilmu bedah.

Bedah Veteriner adalah pembedahan yang dilakukan terhadap hewan.

Bedah Ortopedik merupakan cabang dari pembedahan dimana “secara khusus memperhatikan terhadap pencegahan dan restorasi dari fungsi sistem skeletal, artikulasinya dan strukturnya yang saling berhubungan”.

Bedah Antiseptik adalah pembedahan yang berhubungan terhadap penggunaan agen antiseptic untuk mengontrol kontaminasi bacterial.

Bedah konservatif adalah pembedahan dimana dilakukan berbagai cara untuk melakukan perbaikan terhadap bagian tubuh yang diasumsikan tidak dapat mengalami perbaikan, daripada melakukan amputasi. Seperti contoh dilakukan koreksi dan imobilisasi dari fraktur pada kaki daripada melakukan amputasi terhadap kaki.

Bedah Radikal merupakan pembedahan dimana akar penyebab atau sumber dari penyakit tersebut dibuang, seperti contoh pembedahan radikal untuk neoplasma, pembedahan radikal untuk hernia.

Bedah Minor merupakan pembedahan dimana secara relatif dilakukan secara simple, tidak memiliki resiko terhadap nyawa pasien dan tidak memerlukan bantuan asisten untuk melakukannya seperti contoh membuka abses superficial, pembersihan luka, inokuasi, superfisial neuroktomi dan tenotomi.

Bedah Mayor merupakan pembedahan dimana secara relatif lebih sulit untuk dilakukan daripada pembedahan minor, membutuhkan waktu, melibatkan resiko terhadap nyawa pasien, dan memerlukan bantuan asisten seperti contoh bedah caesar, mammektomi, bedah torak, bedah otak.

Bedah Emergency merupakan pembedahan yang dilakukan dalam keadaan sangat mendadak untuk menghindari komplikasi lanjut dari proses penyakit atau untuk menyelamatkan jiwa pasien.

Bedah Elektif merupakan pembedahan dimana dapat dilakukan penundaan tanpa membahayakan nyawa pasien.

Pembedahan Rekonstruktif merupakan pembedahan yang dilakukan untuk melakukan koreksi terhadap pembedahan yang telah dilakukan pada deformitas atau malformasi seperti contoh pembedahan terhadap langit-langit mulut yang terbelah, tendon yang mengalami kontraksi, dan sebagainya.

Bedah Plastik merupakan pembedahan dimana dilakukan untuk memperbaiki defek atau deformitas, baik dengan jaringan setempat atau dengan transfer jaringan dari bagian tubuh lainnya.

Bedah Eksplorasi dilakukan untuk mendapatkan diagnosis pasti atau untuk konfirmasi diagnosis.

Bedah Ekperimental merupakan investgasi sistemik terhadap masalah pembedahan.

Bedah Klinis adalah pengetahuan pembedahan dengan adanya kehadiran pasien dengan begitu gejala yang didapat dan pengobatan yang akan diberikan dapat diamati oleh siswa.

Klinik (Rumah Sakit) adalah institusi yang memberikan perhatian medis terhadap pasien.

Pembedahan Anatomi merupakan daerah terbatas dari anatomi atau bagian tertentu untuk mendapatkan deskripsi yang jelas pada daerah operasi.

Anatomi Sistemik merupakan studi dari organ individu terhadap sistem tubuh secara khusus. Seperti contoh Anatomi hati, anatomi sistem respirasi, anatomi sistem lokomotor.

Anatomi Lapisan merupakan studi terhadap konfigurasi pada lapisan tubuh, khususnya yang berhubungan terhadap lapisa yang berada dibawahnya.

Anatomi Topografi merupakan anatomi pada bagian yang masih memiliki hubungan atau bagian dari tubuh.

Bakteriologi Bedah merupakan studi terhadap masalah mikroorganisme seperti contoh bakteriologi bedah pada luka.

Patologi Bedah merupakan cabang patologi dimana berhubungan terhadap efek yang ditimbulkan tubuh hewan terhadap kondisi pembedahan.

Trauma adalah luka(benturan dari luar) pada bagian dari tubuh atau organ oleh agen luar.

Trauma Fisik adalah luka yang diakibatkan oleh agen fisik seperti contoh mengalami benturan keras terhadap objek yang keras.

Trauma Kemis adalah luka yang diakibatkan oleh beberapa agen kimiawi seperti contoh asam kuat, alkalis dan sebagainya.

Demam adalah kondisi adanya peningkatan dari temperatur tubuh yang mengarah adanya penyakit.

Pyrexia pengertian sederhana yaitu terjadinya peningkatan dari temperatur tubuh (dimana kemungkinan atau tidak disebabkan oleh penyakit).

Sejarah(Anamnesa) yaitu : Dalam bahasa Yunani anamnesis diartikan”pemanggilan kemballi” sedangkan didalam terminologi veteriner “anamnesis: atau “sejarah dari kasus” dapat diartikan sebuah informasi yang didapatkan dari pasien mengenai kondisinya untuk digunakan dasar sebelum dilakukan tindakan oleh praktisi veteriner, dengan tapa meninggalkan gejala yang muncul, lingkungan dan tempat tinggal, pakan, defekasi, urinasi dan sebagainya meliputi penanganan sebelumnya yang pernah didapat jika ada.

Kejadian dicatat sebagai kejadian dari penyakit dengan referensi terhadap kerentanan, waktu atau frekuensi penyakit atau referensi terhadap spesies, pengelompokan umur, atau lokalisasi dari penyakit seperti kelainan pada lutut kaki biasa terjadi pada kuda, kalkuli uretrhal basa terjadi di Andhra Pradesh.

sumber : Essentials of Veterinary Surgery seventh edition, Author A. Venugopalan.

ARTIKEL YANG BERKAITAN