loading...

Wednesday, May 16, 2012

Pengertian dan Cara mengatasi Komedo dengan Alami

Komedo adalah tumpukkan lemak yang mengeras di kulit karena kelebihan minyak yang kemudian terperangkap di pori-pori. Proses terjadinya memang hampir sama dengan jerawat. Beda komedo dengan jerawat adalah jerawat mengalami peradangan, sedangkan komedo tidak. Jika komedo mengalami luka dan terinfeksi, komedo bisa berkembang menjadi jerawat. Infeksi dan peradangan pada jerawat yaitu disebabkan oleh bakteri dan adanya respon sistem imunitas tubuh.

Ada 2 jenis komedo yaitu 
1. komedo yang terbuka (blackhead) yaitu terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam (yang berwarna hitam itu adalah penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi dengan udara). 
2. komedo yang tertutup (whitehead) yaitu komedo memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil di bawah kulit. 

Penyebab Utama Jerawat dan Komedo 
1. Faktor keturunan. Keluarga yang mempunyai kadar minyak pada kulit yang berlebih di wajah bisa menurunkan gen dengan kulit wajah berminyak pula. Di mana, wajah yang berminyak dapat dengan cepat menimbulkan komedo atau jerawat.
2. Gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya, kurang tidur, stres, dan banyak mengonsumsi makanan yang berminyak.
3. Faktor cuaca. Kondisi atau ruangan yang berdebu dapat membuat wajah mudah kotor. Jika malas membersihkan muka, komedo dan jerawat pun tumbuh dengan cepat.

Berikut cara alami mengatasi komedo, yang perlu diingat, reaksi sensitifitas kulit setiap orang mungkin berbeda, sehingga perlu hati-hati. 

1. Dengan air garam : 1 sendok makan garam dan 2 gelas air hangat suam-suam kuku. Tuang air ke dalam wadah/mangkok, campurkan garam, aduk hingga merata. Celupkan wash lap, ato handuk kecil, ato sapu tangan ke dalam air garam tadi, diamkan sebentar ( 2 detik cukup ) kemudian peras dan usapkan merata pada wajah. Ulangi hingga kita rasa wajah cukup bersih. Tunggu hingga kering, lalu basuh wajah dengan air bersih. Jangan menggosok wajah terlalu keras, dilakukan malam sebelum tidur atau pagi hari.

2. Dengan putih telur dengan satu sendok makan madu dalam mangkuk hingga rata. Usapkan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 20 hingga 30 menit, lalu bilas dengan air hangat-hangat kuku. Campuran ini efektif untuk menghilangkan dan mencegah komedo.

3. Dengan pasta gigi yang usapkan pada bagian yang berkomedo. Ini akan membantu mengurangi peradangan akibat komedo dan mengurangi kadar minyak berlebih, pastikan yang digunakan adalah pasta gigi bukan gel. 

4. Dengan Peras jeruk atau lemon dan usapkan perasan tersebut ke daerah komedo, lalu biarkan semalaman. Asam dari lemon tersebut membantu mengurangi minyak di kulit.

5. Dengan kulit dasar jeruk dengan air hingga menjadi pasta, tapi jangan terlalu banyak menambahkan airnya karena akan menjadi encer. Aplikasikan pada daerah yang terinfeksi dan biarkan semalaman.

6. Dengan lidah buaya pada komedo, bisa dengan cara dibuat jus atau langsung mengaplikasikannya dari tanaman. Selain itu lidah buaya juga bisa membantu proses penyembuhan lebih cepat.

7. Dengan menggosok daerah berkomedo dengan batu es selama 10 menit, ini akan membantu mengencangkan atau menutup pori-pori dan mencegah debu atau mengurangi tempat untuk minyak tetap tinggal dikulit.

8. Dengan lobak tanah dengan air hingga membentuk pasta. Usapkan campuran tersebut ke wajah dan biarkan selama 30 menit lalu bilas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukanlah secara rutin seminggu sekali. 

Yang perlu diperhatikan saat mengatasi dan mencegah komedo
· Kenali Jenis Kulit Anda
· Perhatikan Jenis Makanan 
· Tidur Cukup
· Pilih Pelembab 
· Hindari Alas Bedak dan Bedak Padat Berlebihan. 
· Rajin Bersihkan Wajah 
· Komedo Jangan Dipencet


Anda Ingin Mendapatkan uang tambahan dari internet tapi tidak membuat susah..khusus para pemula dan yang suka menulis mungkin disini solusinya. KLIK SINI lengkap cara daftarnya.
thumbnail
Judul: Pengertian dan Cara mengatasi Komedo dengan Alami
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Biologi Manusia, Kesehatan :

2 komentar:

  1. setelah di coba pertama menggunakan air garam ternyata hasilnya sangat memukau, komedoku hilang dan bersih wajahku terasa halus serta tidak muncul jerawat lagi... ayoo silahkan teman-teman coba, tinggal tantangan saya agar tetap menjaga serta mengatasi bopeng sisa akibat jerawat..

    ReplyDelete
  2. AKU MAU COBA AIR GARAM ITU ,,,,,,
    SIAPA TAU BERGUNA;;;''

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar atau Pertanyaan Anda : JANGAN komentar yang tidak berhubungan dengan materi dan JANGAN tinggalkan link web karena dianggap spam. Blog ini dofollow sehingga anda akan mendapatkan Backlink gratis.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz