Pengertian Limbah dan Jenis Jenis Limbah

Advertisement
Limbah adalah  suatu barang / materi baik  padat, cair maupun gas yang sudah tidak digunakan karena nilai dan fungsinya menurun atau bahkan sudah tidak memiliki fungsi lagi. Limbah identik dengan kata sampah, yang selama ini sering menjadi masalah. Keberadaan limbah dalam suatu lingkungan  baik di daratan, udara maupun  perairan menjadi salah satu komponen yang menyebabkan polusi atau pencemaran lingkungan. 


Jenis jenis limbah secara umum dibedakan menjadi :
  1. Limbah organik. Limbah organik  adalah limbah yang berasal dari sisa-sisa bagian tubuh mahkluk hidup . Limbah jenis ini biasanya sangat mudah atau cepat terurai terurai secara alami oleh mikroorganisme seperti jamur, bacteri maupun protozoa tertentu. Yang termasuk dalam golongan limbah organik antara lain : sisa tumbuhan seperti akar, batang daun, dan buah, bangkai hewan, minyak goreng, kotoran hewan, juga termasuk kertas. 
  2. Limbah anorganik,  limbah anorganik adalah limbah yang berasal benda-benda mati. Limbah jenis ini biasanya sangat sulit, butuh waktu yang sangat lama untuk terurai secara alami. Yang termasuk dalam golongan limbah oanorganik antara lain : kaca, plastik, besi, alumunium, timah dan lain-lainnya. 
  3. Limbah berbahaya, yaitu limbah yang berasal dari berbagai bahan kimia, umumnya yang bersifat sebagai racun bagi kehidupan. Yang termasuk dalam golongan limbah berbahaya antara lain : sisa atau residu pestisida, tumpahan minyak bumi, batu baterei bekas, oli bekas dan sejenisnya. Limbah jenis ini juga dikenal dengan sebutan limbah B3. 
Apapun jenis limbahnya, pada prinsipnya semua berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan manakala jumlah / kadarnya dalam lingkungan melebihi batas toleransi. Satu contoh , limbah organik yang berasal dari kotoran hewan ( bisa terurai ) dengan jumlah yang melebihi kemampuan batas suatu lingkungan maka akan tetap menimbulkan masalah bagi lingkungan dan kehidupan. Sehingga perlu adanya upaya nyata untuk mengelola limbah-limbah tersebut menjadi sesuatu yang minimal tidak mengganggu kehidupan.
Sumber: KLIK SINI


.

ARTIKEL YANG BERKAITAN