Makanan Terbaik Pada saat Masa Mentruasi atau Masa Haid

Advertisement
Pada saat masa haid atau datang bulan, aktifitas para wanita sering sekali terganggu,  akibat sakit dan nyeri yang ditimbulkan membuat para wanita tak bisa bekerja dengan maksimal dan baik, terkadang membuat aktivitasnya terhenti sama sekali. Tetapi asupan nutrisi yang seimbang dapat mengatasi masalah tersebut. Beberapa menu harian khusus wanita yang bisa membuatnya merasa lebih bugar dan terbebas dari nyeri serta gangguan haid, berikut diuraikan.

Masa haid (Hari 1-5). Pada periode ini, tingkat sensitivitas wanita sangat tinggi. disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung magnesium dan omega tiga untuk menstabilkan emosi.

Masa penghujung haid (Hari 6-13). Masa penghujung haid dan 7 hari setelahnya adalah saat hormon wanita paling stabil. Tingkat stres yang dialami menjadi berkurang. Untuk menjaganya, makanlah bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral utuh seperti buah dan sayuran.

Hari 14-17. Dua minggu setelah haid, biasanya nafsu makan wanita akan bertambah. Saat ini paling tepat untuk menyantap aneka makanan lezat seperti seafood atau daging wagyu yang juga sehat.

Hari 18-23. Masa-masa ini seringkali dikenal dengan PMS atau sindrom pra menstruasi. Di masa ini hormon progesterone mencapai puncaknya. Akibatnya, para wanita sering mengalami masalah pencernaan seperti susah buang air besar dan kram perut. Makanan kaya serat paling tepat dikonsumsi di masa-masa ini.

Hari 24-28. PMS terus berlanjut. Butuh makanan berprotein untuk menyeimbangkan gula darah yang mulai tidak stabil. Ice cream atau coklat akan membuat para wanita lebih tenang dan terhindar dari nyeri PMS. 


ARTIKEL YANG BERKAITAN