Bahaya Menahan Buang Air Kecil / Kencing

Advertisement
Sudah lama peringatan tentang mengapa sangat dilarang jika menahan atau menunda-nunda kencing, alasannya pun bermacam-macam. Jujur saya pribadipun sering juga menunda kuncing apalagi sedang nerada diperjalanan, belum sempat hingga belum menemukan tempat buang air kecil, dalam acara resmi yang susah untuk izin keluar dan lain-lainnya,  mungkin diantara pembaca sekalian perna mengalami hala tersebut. Banyaknya pertanyaan secara detail mengapa kencing ditahan tidak boleh. Sehingga sekarang saya jelaskan secara garis besar mengapa kitatidak boleh menahan kencing.
Kebiasaan menahan Buang Air Kecil / kencing ternyata memiliki efek negatifnya terutama bagi kesehatan kita.  Kebiasaan seperti ini tanpa kita sadari tidak baik untuk kesehatan kita. Banyak bahaya yang mengintai akibat kebiasaan menahan kencing tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1.  Merusak Kandung Kemih dan Batu
Apabila kita tidak melakukan buang air kecil atau kencing ini, maka ada kemungkinan zat-zat yang terkandung dalam air seni/ urine tersebut akan merusak saluran kemih kita.  Zat zat yang terkandung dalam urine terkadang cepat sekali mengalami pengendapan dari hasil pengendapan tersebut mimicu munculnya batu. Salah satunya batu ginjal atau batu kandung kemih, batu ini bisa melukai dinding kantung kemih atau saluran kencing yang lainnya. Jika lama kelamaan batunya besar harus perlu tindakan operasi untuk mengeluarkannya.

2.  Menyebabkan penyumbatan ureter ginjal
Urin yang berisi limbah tubuh tak langsung dikeluarkan. Zat-zat yang terkandung dalam urin adalah zat yang beracun dan tidak baik untuk tubuh, ibarat saluran air yang tidak rutin dibersihkan, kotorannya akan membuat saluran tersumbat.  

3.  Infeksi Ginjal
Jika kencing ditahan berjam-jam dan jumlah kuman sangat banyak, maka kuman itu akan naik ke atas, ke arah ginjal. Hal ini tidak biasa, tetapi bisa terjadi. Akibatnya, bisa terjadi gangguan infeksi pada ginjal.

Melihat akibat yang ditimbulkan karena menahan kencing, ketika merasa kencing maka segeralah untuk melaksanakannya. Sehingga zat yang berbahaya tidak berkembang dalam tubuh kita.
Semoga Bermanfaat 

ARTIKEL YANG BERKAITAN