TIP MEMBUAT SURAT LAMARAN PEKERJAAN / MENGISI LOWONGAN PEKERJAAN

Advertisement
  1. Ketiklah surat lamaran kerja dengan rapi dan jelas di komputer (sekarang udah tidak zaman pakai tangan kecuali instansi terntentu menginginkan tulis tangan tapi sekarang sudah jarang).
  2. Apabila sudah tahu, tulislah lowongan apa yang akan diisi dalam surat lamaran pekerjaan tersebut seperti supervisor, tenaga laboran, operator, administrasi, dan lain lainnya.
  3. Tulislah kemampuan/kelebihan yang dimiliki yang bisa meyakinkan seperti: "saya dapat mengoperasikan komputer dengan baik, saya menguasai bahasa inggris baik lisan atau tulisan, kemampuan menyelam, paralayang dan sebagainya” 
  4. Apabila sudah pengalaman kerja, tulis pengalaman dan pekerjaannya, seperti "saya sudah berpengalaman 2 tahun bekerja di PT..... sebagai supervisor produksi yang bertanggung jawab melakukan......"  
  5. jika belum perna bekerja bisa mencantumkan pengalaman dalam misalnya  pengalaman menjadi aisisten dosen, pengalaman berorganisasi, dan sebagainya.
  6. jika belum berpengalaman kerja, tulis jika anda yakin akan mampu "walaupun belum berpengalaman, tapi dengan ilmu yang saya dapatkan di pendidikan saya, pengalaman praktek, saya yakin akan sanggup bekerja di perusahaaan Bapak"
  7. Tulis kata-kata penutup yang meyakinkan: "besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang bapak/ibu pimpin, saya akan bersedia jika untuk dipanggil untuk diwawancarai. saya akan berusaha sebaik-baiknya berkarya dan mengabdikan ilmu dan pengalaman saya selama ini.


Saat ini lowongan pekerjaan sanagat sulit sekali, persaingan semakin banyak dan lahan pekerjaan semakin sempit tetapi tidak salahnya mencoba. Jangan kalah sebelum berperang. Saran wane sih, enakan bekerja untuk diri sendiri dengan cara menciptakan lapangan pekerjaan, tapi itu butuh perjuangan dan usaha. Oke, surat lamaran kerja sangat penting untuk dapat dipanggil wawancara, 90% personalia memanggil calon dengan melihat surat lamaran. salam semoga ada manfaatnya.

ARTIKEL YANG BERKAITAN