Masakan Khas Lampung

Advertisement
Sering sekali teman teman dari luar Lampung bertanya ke saya, "masakan khas Lampung apa sih?" langsung aku sempat berpikir hmhm apa ya? yang sudah terkenal dan banyak diburu orang, yang seperti contoh kalau palembang terkenaL dengan pempek. nah kalau lampung apa ya, sejak lahir sampai sekarang setau aku yang benar benar asli masakan dari suku lampung adalah SERUIT, karena di suku suku lain yang menempati sumatra bagian selatan tidak ada nama makanan seruit, seadainya pindang, pindang baung, pindang tulang sepertinya sudah ada semua di suku suku yang ada di daerah sumbagsel ini, bekasam juga, tempoyak juga ada. ya karena berada di tempat yang bertetanggaan jadi makanan ini menjadi ciri khas sumbagsel saja lahhh. yang pasti kalau makanan SERUIT memang Lampung punya. 

Apa sih seruit itu? sepengetahuan saya seruit adalah makanan yang terbuat dari ikan yang dibakar lalu dicampung dengan sambal yang isinya  terasi, bawang putih bawang merah dan  tomat serta ditambah terong bakar.. wahh rasanya mantap banget. rasanya nagihh, akan tambah seru jika makannya dibarengi lalapan, baik lalapan yang sudah di masak atau masih mentah. terus makannya di pingggir sawah atau kebun di saat matahari terik.. asiknya sesuatu cetar membahana badai jambul kaltulistiwa mundur maju cantik tak tak tak tok cantik kali. hahahahaha.. sahrini bangett

Soal lalapan menurutku Lampung mah jagonya , knapa? karena paling banyak lalapan yang perna aku makan, suku lampung komplit jenis jenis lalapannya, sampai perna ku merasakan di daerahku yang biasa dianggap rumput liar, eh ternyata lalapan yanh rasanya enak.. seperti cintrong, ketepeng kecil, daun ubi jalar dan lainya.
 lengkapnya tentang macam-macam lalapan di lampung bisa simak artikel macam-macam lalapan di lampung 

Tambahan : Dari informasi teman yang hoby menjelajah Lampung bahwa Lampung memiliki makanan khas yang belum tereksflore secara umum yaitu makanan-makanan berikut ini : yaitu : makanan dengan Istilah CUBIK dikenal di daerah Kota Agung dan sekitaranya, sedangkan daerah lain dengan istilah Pekhos Pati khususnya daerah Kelumbayan dan sekitarnya. keduanya nama tersebut pada dasarnya sama. makanan ini adalah semacam kuah santan mentah yang dicampur dengan cabai giling dan bumbu bumbu lain termasuk jeruk nipis. biasanya pekhos pati / cubik di siramkan ke ikan bakar polos tanpa bumbu atau rotan muda rebus. waw rasanya menggoda bangettt.. Beberapa lagi makanan khas lampung yang belum banyak dikenal lainnya adalah : gulai taboh, sambol pajak, sambol halipu, gulai taboh iwa tenapa, gulai taboh jabung, gulai taboh rebung pekhos. waw.. ayoo berburu kuliner di Lampung.

ARTIKEL YANG BERKAITAN